LEMBAR EVALUASI KETERAMPILAN SISWA
TEMA 4 (KELUARGAKU) SUB TEMA KASIH SAYANG
KELUARGA
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 -2014
|
MATERI : Ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat
KEGIATAN : 1. Mengamati rumah di sekitar sekolah.
2. Mencatat ciri-ciri rumah yang diamati.
3. Berdiskusi dengan kelompok.
4. Presentasi hasil diskusi.
I.
Amatilah rumah yang ada di sekitar
sekolah !
II.
Catatlah hasil pengamatanmu !
No.
|
Kriteria
|
Rumah 1
|
Rumah 2
|
Rumah 3
|
Rumah 4
|
Rumah 5
|
1
|
Tanaman
|
|
|
|
|
|
2
|
Tempat sampah
|
|
|
|
|
|
3
|
Selokan
|
|
|
|
|
|
4
|
Ventilasi udara
|
|
|
|
|
|
5
|
Cahaya
|
|
|
|
|
|
6
|
Sampah
|
|
|
|
|
|
III. Diskusikan dengan kelompok, rumah yang kalian amati termasuk
rumah sehat atau rumah tidak sehat !
Rumah 1 : . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
Alasan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Rumah 2 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alasan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Rumah 3 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alasan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Rumah 4 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alasan : . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
Rumah 5 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Alasan : . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
1. Bagaimana jika rumahmu berada di dekat rel kereta api ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Bagaimana jika rumahmu berada di pinggir sungai ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Bagaimana jika rumahmu berada di dekat Tempat Pembuangan
Akhir (TPA) ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
IV.
Presentasikan hasil diskusi kelompok
kalian di depan kelas !
PENILAIAN
:
No.
|
Pengamatan
|
Proses Diskusi
|
Hasil Diskusi
|
1
|
Antusias :
|
Kerjasama :
|
Benar :
|
2
|
Ketelitian
:
|
Keberanian berpendapat :
|
Lengkap
:
|
N
INSTRUMEN
PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
INDIVIDU)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di
Sekolah
Membuat kalimat Perbandingan jarak letak 2 benda,
Perbandingan Tinggi 2 benda
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek Kriteria
yang Dinilai
|
Total
Skor
|
NA
|
||
Siswa mampu mengidentifikasi jarak
letak 2 benda dengan jauh atau dekat
|
Siswa mampu mengidentifikasi
perbandingan tinggi 2 benda
|
Waktu
mengerjakan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria
Membuat
kalimat perbandingan jarak letak 2 benda
1: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat belum mampu membuat kalimat.
2: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara1 - 2 kalimat.
3: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara 3-4 kalimat.
4: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara 5 – 6 lebih kalimat.
Membuat kalimat perbandingan
tinggi 2 benda
1
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda belum mampu kalimat.
2
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1 kalimat
3
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda kurang 2kalimat
4
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1-3 lebih
kalimat
Waktu
mengerjakan
1:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x
100
12
INSTRUMEN
PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
KELOMPOK)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di
Sekolah
Menyusun kata dalam kalimat
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Kriteria yang Dinilai
|
Total
Nilai
|
NA
|
||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
menyusun kalimat sederhana dengan waktu yang
di tentukan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Kriteria
Tanggung Jawab
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan
benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan
benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan
benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan
benar.
Peduli
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan
benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan
benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan
benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan benar.
Kemampuan menyusun kalimat sederhana
1 : Siswa mampu menyusun 1 kalimat.
2 : Siswa mampu menyusun 2 - 3 kalimat.
3 : Siswa mampu menyusun 4 - 5 kalimat.
4 : Siswa mampu menyusun 6 - 7 kalimat.
Waktu
mengerjakan
1:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x
100
12
NA : 12 x
100
12
• Ke – gereja- hari- Minggu- Beni-
keluarganya-
pergi - dan.
• Masjid- Adi- ayah- dan- salat- di- Jumat.
• Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.
• Buddha – Meli – beribadah – beragama – wihara – di.
• Imlek – Lani – Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.
• Beni – Adi– mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.
• Adalah – tempat – gereja – umat – ibadah –
Kristen.
• Merayakan – Richard – beragama -
natal – Kristen – paskah – dia - dan.