-->
LEMBAR KETERAMPILAN TEMA 4,RUMAH SEHAT KELAS 1 SD SEMESTER 1

LEMBAR KETERAMPILAN TEMA 4,RUMAH SEHAT KELAS 1 SD SEMESTER 1

LEMBAR EVALUASI KETERAMPILAN SISWA
TEMA 4 (KELUARGAKU) SUB TEMA KASIH SAYANG KELUARGA
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 -2014
 


      Nama       :
      Kelas       :
      No.Absen:
      Tanggal   :
 
           MATERI          : Ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat
           KEGIATAN    : 1. Mengamati rumah di sekitar sekolah.
                                     2. Mencatat ciri-ciri rumah yang diamati.
                                     3. Berdiskusi dengan kelompok.
                                     4. Presentasi hasil diskusi.

I.     Amatilah rumah yang ada di sekitar sekolah !
II.     Catatlah hasil pengamatanmu !
No.
Kriteria
Rumah 1
Rumah 2
Rumah 3
Rumah 4
Rumah 5
1
Tanaman






2
Tempat sampah






3
Selokan






4
Ventilasi udara






5
Cahaya






6
Sampah







III.     Diskusikan dengan kelompok, rumah yang kalian amati termasuk rumah sehat atau rumah tidak sehat !
Rumah 1 :  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  Alasan  : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Rumah 2 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  Alasan  : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Rumah 3 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  Alasan  : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Rumah 4 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  Alasan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Rumah 5 : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  Alasan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1.    Bagaimana jika rumahmu berada di dekat rel kereta api ?
    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.    Bagaimana jika rumahmu berada di pinggir sungai ?
   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.    Bagaimana jika rumahmu berada di dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ?
   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
IV.     Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas !

PENILAIAN :
No.
Pengamatan
Proses Diskusi
Hasil Diskusi
1
Antusias  :
Kerjasama                         :
Benar     :
2
Ketelitian :
Keberanian  berpendapat :
Lengkap :

N




INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS INDIVIDU)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolah
Membuat kalimat Perbandingan jarak letak 2 benda, Perbandingan Tinggi 2 benda
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Skor

NA
Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat
Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda
Waktu
mengerjakan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34







Keterangan: Kriteria
Membuat kalimat perbandingan  jarak letak 2 benda
1: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat belum mampu membuat kalimat.
2: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara1 - 2 kalimat.
3: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara 3-4 kalimat.
4: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara 5 – 6 lebih kalimat.
                Membuat kalimat perbandingan tinggi 2 benda
1 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda belum mampu kalimat.
2 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1 kalimat
3 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda kurang 2kalimat
4 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1-3 lebih kalimat

Waktu mengerjakan
1: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x 100
         12


INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS KELOMPOK)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolah
Menyusun kata dalam kalimat
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Nilai

NA
Tanggung Jawab
Peduli
 menyusun kalimat sederhana dengan waktu yang di tentukan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34







Keterangan: Kriteria
Tanggung Jawab
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan benar.
Peduli
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan benar.
Kemampuan menyusun kalimat sederhana
1 : Siswa mampu menyusun 1 kalimat.
2 : Siswa mampu menyusun 2 - 3 kalimat.
3 : Siswa mampu menyusun 4 - 5 kalimat.
4 : Siswa mampu menyusun 6 - 7 kalimat.
Waktu mengerjakan
1: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x 100
         12

NA : 12 x 100
         12




       Ke – gereja- hari-  Minggu- Beni- keluarganya-

pergi - dan.

       Masjid- Adi- ayah- dan- salat- di- Jumat.

       Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.

       Buddha – Meli – beribadah – beragama – wihara – di.

       Imlek – Lani – Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.

       Beni – Adi– mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.

       Adalah – tempat – gereja – umat – ibadah – Kristen.

       Merayakan – Richard – beragama -  natal – Kristen – paskah – dia - dan.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar