-->
RPP PRAKTEK HUJAN , MEMBUAT LAPORAN UNTUK SD MI

RPP PRAKTEK HUJAN , MEMBUAT LAPORAN UNTUK SD MI

Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :Life Skill 2
Kelas/Semester         :I / 2(dua)
Alokasi Waktu          :2 X 30 menit
Minggu Ke                :III (tiga) bulan April
Tema                        :Peristiwa Alam (Menulis hasil pengamatan terhadap kegiatan demonstrasi terjadinya 
                                   Angin tornado)
Indikator                              :Siswa mampu menulis hasil pengamatan terhadap kegiatan demonstrasi ( contoh:
                                                “terjadinya angin tornado” )
   Materi                      : Peristiwa Alam (Angin tornado)
   Pendekatan & Metode
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Example for Example
Metode                :  Tanya Jawab, Diskusi, dan Demonstrasi    
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Salam pembuka, bertanya kabar
2.      Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi tematik tentang Cuaca yang ada di Indonesia (Apa arti dari kalimat cuaca?, musim di Indonesia ada berapa macam musim anak-anak?, Bagaimana jika terjadi angin berhembus kencang………?) (menanya)
3.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(20 Menit)
1.      Guru menyuruh siswa mengamati contoh lembar kerja siswa tentang hasil  percobaan  benda padat dan benda cair. (mengamati)
2.      Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
3.      Guru menyiapkan alat bahan untuk praktek “ Terjadinya Angin Tornado”
4.      Guru memulai percobaan demonstrasi  “ Terjadinya Angin Tornado” di depan kelas. Siswa diharapkan mengamati demonstrasi guru.
5.      Guru memberi kesempatan  beberapa siswa melakukan demonstrasi “ Terjadinya Angin Tornado”(mencoba)
6.      Guru membagikan Lembar kerja pada setiap kelompok.
7.      Guru menyuruh pada tiap kelompok untuk mengisi lembar kerja tentang hasil percobaan  terjadinya angin tornado. (mengkomunikasikan)
 Evaluasi
(20 Menit)
  1. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi.
       2. Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil    diskusi ( percobaan terjadinya angin tornado ) di depan kelas.
       3. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.      Salam penutup
Media                     :      Buku tulis, Peralatan tulis, Benda penunjang percobaan “Terjadinya angin
                                    tornado”
Sidoarjo,             April   2014
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1

     ( Siti AnisatunNadhiroh, SE)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah

(Dra. Nurul Choirul Niswatin)
Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :Life Skill 2
Kelas/Semester         :I / 2(dua)
Alokasi Waktu          :2 X 30 menit
Minggu Ke                :IV(empat) bulan April          
Tema                        : Peristiwa Alam (Menulis hasil pengamatan terhadap kegiatan demonstrasi terjadinya 
                                   hujan)
Indikator                  :Siswa mampu menulis hasil pengamatan terhadap kegiatan demonstrasi terjadinya hujan (penulisan melalui pengamatan langsung, guru demostrasi di depan kelas)
   Materi                      : Kemana perginya air hujan: demonstrasi terjadinya hujan.
   Pendekatan & Metode
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Example for Example
Metode                : Penugasan, Praktek, Tanya Jawab, Diskusi
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.    Salam pembuka, bertanya kabar
2.  Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi tematik tentang sub tema “Musim hujan”, Jika cuaca akan turun hujan perlengkapan apa saja yang kita perlukan untuk melindungi tubuh?, Mengapa turunnya air hujan berasal dari  atas awan?...
3.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(20 Menit)
1.      Guru menyuruh siswa mengamati contoh lembar kerja siswa tentang hasil  percobaan  benda padat dan benda cair. (mengamati)
2.      Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
3.      Guru menyiapkan alat bahan untuk praktek “ Terjadinya Hujan”
4.      Guru memulai percobaan demonstrasi  “ Terjadinya Hujan” di depan kelas. Siswa diharapkan mengamati demonstrasi guru.
5.      Guru memberi kesempatan  beberapa siswa melakukan demonstrasi “ Terjadinya Hujan”(mencoba)
6.      Guru membagikan Lembar kerja pada setiap kelompok.
1.      Guru menyuruh pada tiap kelompok untuk mengisi lembar kerja tentang hasil percobaan  terjadinya hujan. (mengkomunikasikan)
Evaluasi
(20 Menit)
  1. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi.
       2. 2. Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil    pengamatan percobaan terjadinya hujan di depan kelas.
        3. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Penutup
(10 Menit)
1.Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.Salam penutup
Media              :           Buku tulis, perlatan tulis, alat dan bahan penunjang percobaan terjadinya hujan
Sidoarjo,             April  2014

Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1


     ( Siti AnisatunNadhiroh, SE)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah



(Dra. Nurul Choirul Niswatin)
Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :Life Skill 2
Kelas/Semester         :I / 2(dua)
Alokasi Waktu          :2 X 30 menit
Minggu Ke                :III(tiga) Februari
Tema                           :Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (terampil membuat dan melipat jaring  ruang balok)
Indikator                  :Siswa mampu membuat dan melipat bangun ruang balok pada kertas
   Materi                      : Membuat dan melipat jaring Balok.
   Pendekatan & Metode
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : STAD
Metode                : Penugasan, Praktek, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah   
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.Salam pembuka, bertanya kabar
2.Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi tematik tentang Bangun ruang: “Balok” (Apa bentuk dari kotak susu?, mengapa kotak susu dan almari di dalam kelas disebut bangun balok?
3.Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(20 Menit)
1.Guru menyuruh siswa mengamati kardus susu yang sudah disertakan warna hijau,merah, dan hitam pada bagian bawah, samping, dan ujung sisi kotak susu untuk dibuka bagian-bagiannya, menggambar jarring balok.
2.Guru bertanya pada siswa “perhatikan kotak susu yang sudah terbuka, coba kamu gambar pada buku gambar dengan menggunakan ukuran yang sudah ditentukan”.
3.Guru bertanya: “anak-anak, coba kamu gambar contoh jaring balok dengan melihat kotak susu”.
4.Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
5.Guru meminta siswa dalam masing-masing kelompok menggambar dan melipat jarring balok.
Evaluasi
(20 Menit)
  1. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi.
       2. Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil    pengamatan percobaan terjadinya air hujan di depan kelas.
       3. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Penutup
(10 Menit)
1.Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.Salam penutup
Media              :           Alat tulis,kotak susu, gunting
Sidoarjo,             Februari   2014
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1


     ( Siti AnisatunNadhiroh, SE)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah


(Dra. Nurul Choirul Niswatin)

Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :Life Skill 2
Kelas/Semester         :I / 2(dua)
Alokasi Waktu          :2 X 30 menit
Minggu Ke                :IV( empat) Februari
Tema                     :Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (terampil membuat bangun ruang balok dari kertas bufallo )
Indikator                  :Siswa terampil menggambar dan membuat bangun ruang balok dari kertas bufallo
   Materi                      : Membuat balok dari kertas bufallo
   Pendekatan & Metode
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Demonstration
Metode                : Penugasan, Produk, Tanya Jawab.
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.Salam pembuka, bertanya kabar
2.Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi tematik tentang Bangun ruang: “Balok” (Apa bentuk dari kotak susu?, mengapa kotak susu dan almari di dalam kelas disebut bangun balok?
3.Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(20 Menit)
1.Guru menyuruh siswa menyiapkan kertas buffalo untuk membuat jaring balok.
2.Guru menyuruh siswa menggambar jaring balok dan membuat balok dari kertas buffalo yang sudah diberi contoh pembelajaran.
3. Guru mengevaluasi hasil produk siswa sesuai dengan criteria yang ditentukan.
Evaluasi
(20 Menit)
  1. Guru bersama siswa membahas review balok.
       2. Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok menunjukkan hasil produk balok di depan kelas untuk di tentukan bagian panjang, lebar, dan luas.
       3. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.      Salam penutup
Media              :           Kertas buffalo,lem, gunting, alat tulis.
Sidoarjo,             Februari   2014
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1


     ( Siti AnisatunNadhiroh, SE)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah



(Dra. Nurul Choirul Niswatin)



Lembar Kerja Kelompok
Mata Pelajaran : Life Skill 2
Terampil menyusun dan mengenal bagian-bagian Lambang Negara
Kelompok                  :
Nama Anggota          : 1. . . . . . . . . . . . . . . . . .                     4. . . . . . . . . . . . . . . . . .
                                       2. . . . . . . . . . . . . . . . . .                    5. . . . . . . . . . . . . . . . . .
                                       3. . . . . . . . . . . . . . . . . .                    6. . . . . . . . . . . . . . . . . .
TEMPAT
CONTOH
BENDA PADAT
CONTOH
BENDA CAIR
Kelas


Halaman


Kantin






















Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Materi Pelajaran : Life Skill 2
Tema 8: Peristiwa Alam, Sub Tema 3: Musim Penghujan
Laporan hasil pengamatan “ terjadinya angin tornado”

Kelompok:__________
Nama anggota:
1._______________________           4. ______________________
2. ______________________            5. ______________________
3. ______________________            6. ______________________           
Alat dan Bahan :
  1.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                    6 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     
  2.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                    7. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  5.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Langkah – langkah Percobaan :
  1. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  5. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  6. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Hasil Pengamatan, percobaan “ terjadinya angin tornado”, yaitu :
  1. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kesimpulan :
  1. Salwa siswa kelas 1.C melakukan percobaan tentang cuaca, dengan bantuan guru dilakukan dengan sungguh-sungguh dan hati senang. Mengapa saat sendok makan dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air, terjadi perubahan bentuk permukaan air yang diberi warna merah? Berilah alas an kamu!
  2. Angin tornado bisa terjadi karena ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  1. Setelah Salwa dan guru Salwa mencoba praktek “terjadinya angin tornado” di depan kelas tersebut, dengan  menggunakan peralatan yang sederhana. Menurut pendapat kamu, apa yang menyebabkan air di dalam gelas plastik bisa berputar-putar membentuk pusaran air ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Perluasan :
  1. Angin adalah udara yang bisa bergerak. Apa yang terjadi jika angin berhembus terlalu kencang bagi kehidupan manusia di bumi ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .







Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Materi Pelajaran : Life Skill 2
Tema 8: Peristiwa Alam, Sub Tema 3: Musim Penghujan
Laporan hasil pengamatan “ terjadinya hujan”

Kelompok:__________
Nama anggota:
1._______________________           4. ______________________
2. ______________________            5. ______________________
3. ______________________            6. ______________________           
Alat dan Bahan :
  1.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                    6 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     
  2.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                                    7. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  5.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Langkah – langkah Percobaan :
  1. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  5. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  6. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Hasil Pengamatan, percobaan “ terjadinya hujan”, yaitu :
  1. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Kesimpulan :
  1. Najwa siswa kelas 1.F belajar tematik tentang cuaca, ustazdah menjelaskan dengan membawa gambar perlengkapan yang dibutuhkan saat cuaca hujan. Mengapa saat gelas plastik yang berisi air panas ditutup dengan piring plastik yang berisi es batu mengeluarkan uap air di bagian dasar piring plastik? Berilah alas an kamu!
  2. Turunnya air hujan ke bumi akibat,terjadi ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  1. Setelah Najwa dan ustazdah mencoba praktek “terjadinya air hujan” di depan kelas tersebut, dengan  menggunakan peralatan yang sederhana. Menurut pendapat kamu, apa yang menyebabkan air panas di dalam gelas plastik bisa mengeluarkan uap air berupa tetesan-tetesan air di dasar piring plastic menuju ke air ?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Perluasan :
  1. Di rumah Krisna hari Minggu udaranya terasa dingin, turun rintik – rintik air, menurut pendapat kamu mengapa bisa terjadi peristiwa hujan ? Jelaskan !
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .








INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS INDIVIDU)
Materi : LIFE SKILL 2
Tema 8: Peristiwa Alam, Sub Tema 3: Musim Penghujan
Terampil membuat laporan hasil pengamatan “ terjadinya air hujan “

Kelas :  1 . . . . . .

NO
Nama
Siswa
AspekKriteria yang Dinilai
Total Nilai

NA
Waktu
Kerapianmenggunting
Percaya Diri
Ketepatan
Kemandirian
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34













Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar