Kelompok:
Nama anggota: 1. 3. 5.
2. 4. 6.
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
Sifat-Sifat Benda Padat dan Benda Cair
A.
Alat
dan bahan
-
Teh - Gelas -
Pensil -Penggaris
-
Air - Botol -
Penghapus -
Piring
B.
Langkah-langkah
kegiatan
1.
Letakkan pensil,
penghapus, penggaris di atas piring! Amati apa yang terjadi! Apakah benda-benda
tersebut berubah bentuk atau tetap?.................................................................................................................................
2.
Masukkan pensil, penghapus, penggaris ke dalam
gelas! Amati apa yang terjadi! Apakah benda-benda tersebut
berubah bentuk atau tetap?................................................................................................................................
3.
Tuang air ke dalam gelas! Amati apa
yang terjadi! Apakah air tersebut berubah bentuk atau tetap?
…………………………………………………………………………………….
4.
Tuang air ke dalam botol! Amati apa
yang terjadi! Apakah air tersebut berubah bentuk atau tetap?
……………………………………………………………………………………
5.
Tuang teh ke dalam gelas! Amati apa
yang terjadi! Apakah teh tersebut berubah bentuk atau tetap?
................................................................................................................................
6.
Tuang teh dalam botol! Amati apa
yang terjadi! Apakah teh tersebut berubah bentuk atau tetap?
...................................................................................................................................
C.
Kesimpulan
1. Yang termasuk benda padat
adalah………………………………………………....
2. Yang termasuk benda cair
adalah………………………………………………....
3. Sifat benda padat adalah………….
4. Sifat benda cair adalah……….
D.
Perluasan
Apakah es batu termasuk benda cair atau benda padat?..............................................................................
LEMBAR KEGIATAN SISWA 2
A. Masalah
Panas
dan cahaya matahari bermanfaat bagi makhluk hidup terutama manusia. Dalam
melakukan kegiatan manusia membutuhkan panas matahari seperti mengeringkan
baju, makanan dan hasil panen. Dapatkah kamu menyebutkan kegiatan manusia yang
membutuhkan panas matahari selain contoh tersebut?
Lakukan
kegiatan ini di tempat terbuka misalnya halaman rumah yang terkena panas matahari
secara langsung.
B.
Alat
dan bahan
-
3 sendok makan garam dapur
-
1 gelas air hangat
-
1 mangkuk kaca
C.
Langkah-langkah
kegiatan
1.Campurkan garam dengan segelas air hangat di dalam
mangkuk!
2.Aduk dengan sendok hingga semua garam larut!
3.Letakkan mangkuk di
tempat yang terkena panas matahari sepanjang hari!
Biarkan hingga airnya habis!
Hati-hati jangan sampai terkena air hujan!
4.Amati yang terjadi!
D.
Hasil pengamatan
Setelah larutan garam dijemur selama…
hari terbentuklah…..........................
………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………
E.
Kesimpulan
Jika garam dicampur dengan air hangat akan membentuk……
Larutan garam jika dikeringkan dengan panas matahari akan terbentuk……...
…………………………………………………………………………………
Manfaat panas matahari berdasarkan kegiatan tersebut adalah………………..
…………………………………………………………………………………
F.
Perluasan
Sebutkan contoh lain manfaat panas
matahari bagi manusia!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………