Langkah – langkah pembelajaran
Life Skill 2
Tema : Kegemaranku ( Mengenal makanan
sehat dan tidak sehat pengaruhnya
bagi
kesehatan tubuh manusia, contoh: perut/ lambung, tenggorokan,
bagian dalam anggota tubuh,dll)
Indikator : Siswa
mengidentifikasi makanan sehat dan pengaruhnya
bagi kesehatan
tubuh
manusia, berdasarkan hasil pengamatan dan praktek.
LangkahPembelajaran
|
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan
|
|
Pendahuluan
(10 Menit)
|
1.
Salam pembuka, bertanya kabar, menyanyikan lagu bersama – sama
yang berkaitan dengan makanan sehat
2.
Guru memberikan Apersepsi tentang pelajaran pada pertemuan sebelumnya
3.
Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
siswa dalam pembelajaran.
|
|
Inti
(40 Menit)
|
1.
Guru meunjukkan beberapa gambar makanan kepada siswa, siswa
diharapkan memberi umpan balik berdasarkan gambar tersebut.
2.
Guru mejelaskan perbedaan makanan sehat dan tidak sehat.
3.
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok kemudian diberi lembar kerja yang isinya terdapat gambar macam-macam
makanan sehat dan tidak sehat kemudian setiap kelompok diminta untuk
megerjakan LJK tersebut.
4.
Setelah selesai secara bergantian per kelompok mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas dengan dibimbing oleh guru.
|
|
Evaluasi
|
1.
Guru bersama siswa membahas hasil presentasi.
2.
Guru mejelaskan pentingnya makanan sehat bagi tubuh
|
|
Penutup
(10 Menit)
|
1.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan kembali tentang materi yang sudah
disampaikan kepada siswa
3.
Salam penutup
|
Media : Makanan sehat dan
tidak sehat beserta gambarnya
Sidoarjo, September 2013
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2 Guru
kelas 1
( Siti
AnisatunNadhiroh, SE) (
)
Mengetahui,
KepalaSekolah
(Dra.
Nurul Choirul Niswatin)
Lembar Kerja Siswa
Kelas :
Bidang Studi :
|
No
|
Gambar
|
Penjelasan
dan sikapSiswa
|
|
1
|
|
.
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|