RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Days
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4 x 35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 4 bulan
April 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa
Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
8.
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks
kelas
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Merespon dengan
melakukan tindakan sesuai dengan instruksi dalam berbagai permaianan
8.1
Mengeja tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan hari
yang diucapkan orang lain
6.1.1
Menulis kembali nama-nama hari
TUJUAN
•
Disajikan wacana “before
and after”, siswa dapat:
• Menjawab
nama hari sebelum
dan sesudah dari nama hari yang ada
MATERI
Before ( sebelum ) and after ( sesudah )
Contoh
:
Before
Monday is Sunday ( sebelum hari senin adalah hari minggu )
After
Monday is Tuesday ( sesudah hari senin adalah hari selasa )
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas atau ice
breaking, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan hari apa hari ini? dalam bahasa Inggris. Selain
untuk menyapa, hal tersebut untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang
lalu, tentang menanyakan nama hari dan
menjawabnya.
· Guru mengajak siswa secara bersama-sama
menyanyikan lagu Days supaya siswa lebih ingat dan lancar mengucapkannya.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali kosakata
“yesterday / kemarin” dan “tomorrow / besok”. Guru menanyakan, apakah ada
hubungan antara yesterday tomorrow dengan before after.
· Siswa memberikan jawaban (mencoba, melakukan, percaya diri) Guru memberikan bimbingan dan
motivasi untuk jawaban yang masih salah, dan memberikan apresiasi untuk
jawaban yang sudah betul. Guru sedikit menyinggung kalau yesterday bisa disama
artikan dengan before dan tomorrow bisa disama artikan dengan after. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
· Guru meminta siswa memberi
nama kelompoknya dengan nama hari. Guru membagikan Lembar Kerja, kemudian
beberapa kelompok saling beradu cepat untuk menyusun kalimat yang menyatakan before
dan after. (mencoba, melakukan,
percaya diri)
· Memberikan apresiasi untuk kelompok paling
cepat dengan jawaban betul semua dengan memajang LK pada mading kelas.
Jikalau kelompok paling cepat namun jawaban kurang tepat, dilihat hasil kerja
kelompok berikutnya.
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka. (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
· Guru memakai salah satu hasil diskusi terbaik
untuk menjelaskan konsep pemahaman before dan after. Before artinya sebelum.
After artinya sesudah / setelah. Guru
mengenalkan lagu yes yes tombe ( dengan nada lagu cicak-cicak di dinding ).
Yesterday itu kemarin, tomorrow itu besok, before itu sebelum, after itu
setelah. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Siswa menyalin di buku catatannya, kemudian
mengerjakan latihan.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji dengan mengisi hari-hari mereka dengan
perbuatan yang baik
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas atau ice
breaking, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah
terbiasa menyiapkan belajar sendiri tanpa disuruh.
Memotivasi siswa supaya mengisi hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
· Guru mengajak siswa menyanyikan kembali lagu
day dan lagu yes yes tombe ( yesterday, tomorrow, before , after )
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengadakan games whispering / berbisik. Games dilakukan secara berkelompok. Guru
membisikkan satu kata kepada siswa pertama, kemudian siswa
tersebut membisikkan kata tersebut kepada siswa ke dua. Guru membisikkan kata
kedua kepada siswa kedua yang sudah mendapat satu kata dari temannya. Begitu
seterusnya sampai siswa ke lima yang mengucapkan sebuah kalimat yang sudah
lengkap. Setiap kelompok saling beradu cepat.
Guru menulis semua jawaban yang betul di papan tulis. Guru memberikan reward bagi kelompok dengan
skor tertinggi. (mencoba, percaya diri,
tanggung jawab, patuh)
· Guru
memberikan sedikit penjelasan sebagai
pemantapan dan pendalaman konsep materi tentang
before dan after. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
· Guru mengadakan evaluasi menulis
•
Siswa yang lain mengerjakan
soal latihan
di buku catatan siswa.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang days dan yes yes tombe secara
lisan
(pertemuan ke 1 dan 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan menulis ( pertemuan 2)
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
Hello my friends. My name is Rio.
I get flag ceremony on ( senin ) .
. .
I wear red and white uniform on ( rabu ) . . . .
I use sport uniform on ( selasa ) . .
. .
On ( kamis
) .
. . . , I wear green
uniform.
But, I wear moslem clothes on ( jumat ) . . . .
I have two
holidays every week.
They are on (sabtu)
.
. . . and on ( minggu ) . . . .
Hello my friends. My name is Rio.
I get flag ceremony on ( senin ) .
. .
I wear red and white uniform on ( rabu ) .
. . .
I use sport uniform on ( selasa ) . .
. .
On ( kamis
) .
. . . , I wear green
uniform.
But, I wear moslem clothes on ( jumat ) . . . .
I have two
holidays every week.
They are on (sabtu) .
. . . and on ( minggu ) . .
. .
Before Monday
is Sunday
After Monday
is Tuesday
Before Monday
is Sunday
After Monday
is Tuesday
Sebelum senin adalah minggu
Setelah senin adalah selasa
Sebelum senin adalah minggu