-->
RPP days 4th week Kelas 1 SD MI Semester 2

RPP days 4th week Kelas 1 SD MI Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 2
Tema / topik                 :  Days
Alokasi waktu              :  2 Hari ( 4 x 35 menit )
Hari/Tanggal                : Minggu ke 4 bulan April  2014

A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B. KOMPETENSI DASAR
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi dalam berbagai permaianan
8.1 Mengeja tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan hari yang diucapkan orang lain
6.1.1 Menulis kembali nama-nama hari

TUJUAN
          Disajikan wacana “before and after”, siswa dapat:
       Menjawab nama hari sebelum dan sesudah dari nama hari yang ada

MATERI
Before ( sebelum ) and after ( sesudah )
Contoh :
Before Monday is Sunday ( sebelum hari senin adalah hari minggu )
After Monday is Tuesday ( sesudah hari senin adalah hari selasa )

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture and Picture

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
            Pertemuan ke 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas atau ice breaking, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan hari apa hari ini? dalam bahasa Inggris. Selain untuk menyapa, hal tersebut untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang lalu, tentang menanyakan nama hari dan menjawabnya.
·      Guru mengajak siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu Days supaya siswa lebih ingat dan lancar mengucapkannya.
10 menit
Inti

·        Guru mengajak  siswa mengingat kembali kosakata “yesterday / kemarin” dan “tomorrow / besok”. Guru menanyakan, apakah ada hubungan antara yesterday tomorrow dengan before after.
·      Siswa memberikan jawaban (mencoba, melakukan, percaya diri) Guru memberikan bimbingan dan motivasi untuk jawaban yang masih salah, dan memberikan apresiasi untuk jawaban yang sudah betul. Guru sedikit menyinggung kalau yesterday bisa disama artikan dengan before dan tomorrow bisa disama artikan dengan after. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Guru meminta siswa memberi nama kelompoknya dengan nama hari. Guru membagikan Lembar Kerja, kemudian beberapa kelompok saling beradu cepat untuk menyusun kalimat yang menyatakan before dan after. (mencoba, melakukan, percaya diri)
·      Memberikan apresiasi untuk kelompok paling cepat dengan jawaban betul semua dengan memajang LK pada mading kelas. Jikalau kelompok paling cepat namun jawaban kurang tepat, dilihat hasil kerja kelompok berikutnya.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka. (percaya diri, tanggung jawab, santun)

·      Guru memakai salah satu hasil diskusi terbaik untuk menjelaskan konsep pemahaman before dan after. Before artinya sebelum. After artinya sesudah  / setelah. Guru mengenalkan lagu yes yes tombe ( dengan nada lagu cicak-cicak di dinding ). Yesterday itu kemarin, tomorrow itu besok, before itu sebelum, after itu setelah. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Siswa menyalin di buku catatannya, kemudian mengerjakan latihan.
40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji dengan mengisi hari-hari mereka dengan perbuatan yang baik
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas atau ice breaking, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan belajar sendiri tanpa disuruh. Memotivasi siswa supaya mengisi hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
·      Guru mengajak siswa menyanyikan kembali lagu day dan lagu yes yes tombe ( yesterday, tomorrow, before , after )
10 menit
Inti

·           Guru mengadakan games whispering / berbisik. Games dilakukan secara berkelompok. Guru membisikkan satu kata kepada siswa pertama, kemudian siswa tersebut membisikkan kata tersebut kepada siswa ke dua. Guru membisikkan kata kedua kepada siswa kedua yang sudah mendapat satu kata dari temannya. Begitu seterusnya sampai siswa ke lima yang mengucapkan sebuah kalimat yang sudah lengkap. Setiap kelompok saling beradu cepat.  Guru menulis semua jawaban yang betul di papan tulis. Guru memberikan reward bagi kelompok dengan skor tertinggi. (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, patuh) 
·      Guru memberikan sedikit penjelasan sebagai pemantapan dan pendalaman konsep materi tentang before dan after.  (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Guru mengadakan evaluasi menulis
       Siswa yang lain mengerjakan soal latihan di buku catatan siswa.
40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


            SUMBER DAN  MEDIA
          Disajikan teks lagu tentang days dan yes yes tombe secara lisan (pertemuan ke 1 dan 2)

            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
          Ketrampilan menulis ( pertemuan 2)


Koordinator jenjang kelas 1,2                                                                   Guru Bahasa Inggris kelas 1


(Siti Annisatun Nadziroh, S.E)                                                                        (Meinar Arika Prihanani, S.S)

                                                                                        Mengetahui,
                                                                                      Kepala Sekolah

                                                                  (Dra. Nurul Choirul Niswatin )
 






Hello my friends. My name is Rio.
I get flag ceremony on ( senin )      .  .  .                    
I wear red and white uniform on ( rabu )   .  .  .  .
I use sport uniform on ( selasa )    .  .  .  .
On ( kamis )  .  .  .  .                             , I wear green uniform.
But, I wear moslem clothes on ( jumat ) .  .  .  .
I have two holidays every week.
They are  on (sabtu)   .  .  .  .                     and on ( minggu ) .  .  .  .

 






Hello my friends. My name is Rio.
I get flag ceremony on ( senin )      .  .  .                    
I wear red and white uniform on ( rabu )   .  .  .  .
I use sport uniform on ( selasa )    .  .  .  .
On ( kamis )  .  .  .  .                             , I wear green uniform.
But, I wear moslem clothes on ( jumat ) .  .  .  .
I have two holidays every week.
They are  on (sabtu)   .  .  .  .                     and on ( minggu ) .  .  .  .


Before Monday is Sunday
After Monday is Tuesday
Before Monday is Sunday
After Monday is Tuesday
Sebelum senin adalah minggu
Setelah senin adalah selasa
Sebelum senin adalah minggu
Setelah senin adalah selasa





Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar