-->
RPP days 3rd week Kelas 1 SD MI Semester 2

RPP days 3rd week Kelas 1 SD MI Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 2
Tema / topik                 :  Days
Alokasi waktu              :  2 Hari ( 4 x 35 menit )
Hari/Tanggal                : Minggu ke 3 bulan April  2014

A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana

B. KOMPETENSI DASAR
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi dalam berbagai permaianan
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : melakukan perintah

C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan hari yang diucapkan orang lain
6.1.1 Bertanya dan menjawab tentang nama-nama hari

TUJUAN
          Disajikan wacana What day is it today? Dan What day is it tomorrow?, siswa dapat:
       Menjawab nama hari yang dimaksud
                 Disajikan Is this .... (day) ? dan Is .... (date) on .... (day) ?, siswa dapat:
·      Menjawab Yes/No sesuai hari yang dimaksud

MATERI
1. Asking day ( menanyakan hari ini, besok dan kemarin)
What day is it today? ( Hari apa hari ini? )
Today is …               ( Hari ini adalah hari … )
What day is it tomorrow? ( Hari apa besok? )
Tomorrow is …               ( Besok adalah hari … )
What day was it yesterday? ( Hari apa kemarin ? )
Yesterday was …                 ( Kemarin adalah hari … )
2. Yes/No question
   Contoh:
   Rabu, 16 April 2014           Is this Sunday? No, it is not. It is wednesday.
                                          Is tihs Wednesday? Yes, it is.
                                          Is 16 on Friday? No, it is not. It is on Wednesday.
                                          Is 16 on Wednesday? Yes, it is

PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture and Picture

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
            Pertemuan ke 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan hari apa hari ini? dalam bahasa Inggris. Selain untuk menyapa, hal tersebut untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang akan mereka pelajari hari ini.
·      Guru mengajak siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu Days supaya siswa lebih ingat dan lancar mengucapkannya.
10 menit
Inti

·        Guru mengajak  siswa mengingat kembali bagaimana tadi guru menanyakan nama hari ini.
·        Siswa memberikan jawaban (mencoba, melakukan, percaya diri) Guru memberikan bimbingan dan motivasi untuk jawaban yang masih salah, dan memberikan apresiasi untuk jawaban yang sudah betul.

·      Guru meminta siswa memberi nama kelompoknya dengan nama hari. Guru membagikan Lembar Kerja, kemudian beberapa kelompok saling beradu cepat untuk menyusun kalimat yang menanyakan hari ini dan besok beserta jawabannya. (mencoba, melakukan, percaya diri)
·      Memberikan apresiasi untuk kelompok paling cepat dengan jawaban betul semua dengan memajang LK pada mading kelas. Jikalau kelompok paling cepat namun jawaban kurang tepat, dilihat hasil kerja kelompok berikutnya.
·      Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi berbicara / speaking test untuk menanyakan hari. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Siswa maju secara berpasangan, kemudian keduanya mengambil potongan kertas yang berisikan tulisan hari yang berbeda dalam bahasa Indonesia. Siswa pertama bertanya What day is it today? Siswa kedua menjawab sesuai nama hari di kertas yang dia pegang. Siswa pertama bertanya lagi What day is it tomorrow? Siswa kedua menjawabnya. Begitu sebaliknya adan seterusnya. (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Siswa yang lain mengerjakan latihan di LKS hal 50 dan buku paket hal 103.

40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia supaya hari-hari mereka selalu lebih baik
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan belajar sendiri tanpa disuruh. Memotivasi siswa supaya mengisi hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
·      Guru mengajak siswa menyanyikan kembali lagu day
10 menit
Inti

·           Guru mengadakan games. Games dilakukan secara berkelompok dan bergantian. Guru memberikan pertanyaan, anggota kelompok yang bisa menjawab dengan benar, maka kelompoknyalah yang akan bermain terlebih dahulu. Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut, maka dia harus mengucapkan satu nama hari. Kemudian teman disebelah kanannya harus menyebutkan nama hari sesudah nama hari yang disebutkan siswa pertama tadi. Contoh : siswa pertama mengucapkan Monday, maka siswa berikutnya harus menyebutkan Tuesday secara cepat dan lantang. Kalau siswa berikutnya tidak bisa menjawab maka langsung dialihkan ke siswa disebelah kanan siswa kedua. Begitu seterusnya. Skor tergantung berapa siswa yang bisa menjawab.Setelah semua anggota menjawab, guru memberikan pertanyaan untuk kelompok berikutnya. Guru memberikan reward bagi kelompok dengan skor tertinggi. (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, patuh)  
·      Guru memulai memberikan penjelasan tentang Yes/No question.  (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
Memberikan sedikit tanya jawab untuk pehaman dan pendalaman konsep. Siswa secara acak mencoba menjawab (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
       Siswa menyalin di buku catatan siswa.
       Guru mengadakan evaluasi mendengar / listening test. Guru membagikan lembar jawaban. Guru membacakan soal dan siswa mencari jawaban yang ada di lembar jawaban.

40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


            SUMBER DAN  MEDIA
          Disajikan teks lagu tentang days secara lisan (pertemuan ke 1 dan 2)
          Disajikan calendar daily / kertas kalender perhari, yang berisi hari, tanggal, bulan, tahun (pertemuan ke 2)

            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
          Ketrampilan berbicara ( pertemuan 1)
          Ketrampilan mendengar ( pertemuan 2)


Koordinator jenjang kelas 1,2                                                                   Guru Bahasa Inggris kelas 1


(Siti Annisatun Nadziroh, S.E)                                                                        (Meinar Arika Prihanani, S.S)

                                                                                        Mengetahui,
                                                                                      Kepala Sekolah

                                                                  (Dra. Nurul Choirul Niswatin )






















SOAL LISTENING TEST “DAYS”
1. Today is Friday.
2. Tomorrow is Saturday
3. Yesterday was Thursday
4. Yesterday was Monday
5. Today is Tuesday
6. Tomorrow is Wednesday
7. Today is Saturday
8. Tomorrow is Sunday
9. Yesterday was Friday
10. I will go to Surabaya on Tuesday




 





1. Today is .  .  .  .
2. Tomorrow is .   .   .  .
3. Yesterday was .   .   .   .
4. Yesterday was .   .   .   .
5. Today is .   .   .   .
6. Tomorrow is .   .   .   .
7. Today is .   .   .   .
8. Tomorrow is .   .   .   .
9. Yesterday was .   .   .   .
10. I will go to Surabaya on .   .   .  




APRIL
16
RABU
 


APRIL
18
JUMAT

What day is it today ?
Today is Friday
What day is it tomorrow ?

Tomorrow is Saturday



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar