RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Days
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4 x 35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 3 bulan
April 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa
Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
6.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Merespon dengan
melakukan tindakan sesuai dengan instruksi dalam berbagai permaianan
6.1
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak
tutur : melakukan perintah
C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan hari
yang diucapkan orang lain
6.1.1
Bertanya dan menjawab tentang nama-nama hari
TUJUAN
•
Disajikan wacana What day is
it today? Dan What day is it tomorrow?, siswa dapat:
• Menjawab
nama hari yang dimaksud
•
Disajikan Is this .... (day) ? dan Is ....
(date) on .... (day) ?, siswa dapat:
·
Menjawab Yes/No sesuai hari yang dimaksud
MATERI
1. Asking day ( menanyakan hari ini, besok dan
kemarin)
What
day is it today? ( Hari apa hari ini? )
Today
is … ( Hari ini adalah hari
… )
What
day is it tomorrow? ( Hari apa besok? )
Tomorrow
is … ( Besok adalah hari … )
What
day was it yesterday? ( Hari apa kemarin ? )
Yesterday
was … ( Kemarin adalah
hari … )
2. Yes/No question
Contoh:
Rabu, 16 April 2014 Is this Sunday? No, it is not. It is wednesday.
Is
tihs Wednesday? Yes, it is.
Is 16
on Friday? No, it is not. It is on Wednesday.
Is 16
on Wednesday? Yes, it is
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan hari apa hari ini? dalam bahasa Inggris. Selain
untuk menyapa, hal tersebut untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang
akan mereka pelajari hari ini.
· Guru mengajak siswa secara bersama-sama
menyanyikan lagu Days supaya siswa lebih ingat dan lancar mengucapkannya.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa mengingat kembali
bagaimana tadi guru menanyakan nama hari ini.
·
Siswa memberikan
jawaban (mencoba, melakukan, percaya
diri) Guru memberikan bimbingan dan motivasi untuk jawaban yang masih salah,
dan memberikan apresiasi untuk jawaban yang sudah betul.
· Guru meminta siswa memberi
nama kelompoknya dengan nama hari. Guru membagikan Lembar Kerja, kemudian
beberapa kelompok saling beradu cepat untuk menyusun kalimat yang menanyakan
hari ini dan besok beserta jawabannya. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Memberikan apresiasi untuk kelompok paling
cepat dengan jawaban betul semua dengan memajang LK pada mading kelas.
Jikalau kelompok paling cepat namun jawaban kurang tepat, dilihat hasil kerja
kelompok berikutnya.
· Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi
berbicara / speaking test untuk menanyakan hari. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
· Siswa maju secara berpasangan, kemudian keduanya
mengambil potongan kertas yang berisikan tulisan hari yang berbeda dalam
bahasa Indonesia. Siswa pertama bertanya What day is it
today? Siswa kedua menjawab sesuai nama hari di kertas yang dia pegang. Siswa
pertama bertanya lagi What day is it tomorrow? Siswa kedua menjawabnya.
Begitu sebaliknya adan seterusnya. (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa yang lain mengerjakan latihan di LKS hal 50 dan
buku paket hal 103.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia supaya hari-hari mereka selalu lebih baik
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah
terbiasa menyiapkan belajar sendiri tanpa disuruh.
Memotivasi siswa supaya mengisi hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
· Guru mengajak siswa menyanyikan kembali lagu
day
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengadakan games. Games dilakukan secara berkelompok dan bergantian. Guru
memberikan pertanyaan, anggota kelompok yang bisa menjawab dengan benar, maka
kelompoknyalah yang akan bermain terlebih dahulu. Siswa yang berhasil
menjawab pertanyaan tersebut, maka dia harus mengucapkan satu nama hari.
Kemudian teman disebelah kanannya harus menyebutkan nama hari sesudah nama
hari yang disebutkan siswa pertama tadi. Contoh : siswa pertama mengucapkan Monday,
maka siswa berikutnya harus menyebutkan Tuesday secara cepat dan lantang.
Kalau siswa berikutnya tidak bisa menjawab maka langsung dialihkan ke siswa
disebelah kanan siswa kedua. Begitu seterusnya. Skor tergantung berapa siswa
yang bisa menjawab.Setelah semua anggota menjawab, guru memberikan pertanyaan
untuk kelompok berikutnya. Guru memberikan reward bagi kelompok dengan skor
tertinggi. (mencoba, percaya diri,
tanggung jawab, patuh)
· Guru
memulai memberikan penjelasan tentang Yes/No question. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
Memberikan sedikit tanya jawab untuk
pehaman dan pendalaman konsep. Siswa secara acak mencoba menjawab (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
•
Siswa menyalin di buku catatan siswa.
•
Guru mengadakan evaluasi mendengar /
listening test. Guru membagikan lembar jawaban. Guru membacakan soal dan
siswa mencari jawaban yang ada di lembar jawaban.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang days
secara lisan
(pertemuan ke 1 dan 2)
•
Disajikan calendar daily / kertas kalender
perhari, yang berisi hari, tanggal, bulan, tahun (pertemuan ke 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan berbicara (
pertemuan 1)
•
Ketrampilan mendengar ( pertemuan 2)
Koordinator
jenjang kelas 1,2 Guru Bahasa Inggris
kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
SOAL LISTENING TEST “DAYS”
1. Today is Friday.
2. Tomorrow is Saturday
3. Yesterday was Thursday
4. Yesterday was Monday
5. Today is Tuesday
6. Tomorrow is Wednesday
7. Today is Saturday
8. Tomorrow is Sunday
9. Yesterday was Friday
10. I will go to
Surabaya on Tuesday
1. Today is .
. . .
2. Tomorrow is .
. . .
3. Yesterday was .
. . .
4. Yesterday was .
. . .
5. Today is .
. . .
6. Tomorrow is .
. . .
7. Today is .
. . .
8. Tomorrow is .
. . .
9. Yesterday was .
. . .
10. I will go to Surabaya on . .
.
APRIL
16
RABU
APRIL
18
JUMAT
What day is it today ?
Today is Friday
What day is it tomorrow ?