RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester :
I/1
Tema :
GREETING AND INTRODUCTION
Materi pokok : Kinds Of Greeting and Introduction
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit (1x pertemuan)
Tanggal Pelaksanaan :
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami
instruksi sederhana dengan tindakan dalam kontek kelas
B.
KOMPETENSI DASAR
:
1.1 Merespon dengan
melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
C. INDIKATOR
1.1.1 Menyimak dialog "Ucapan Salam (Greeting)"
1.1.2
Melengkapi dialog "Ucapan Salam
(Greeting)"
Nilai karakter:
a. Percaya Diri
b. Ingin Tahu
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan berdiskusi siswa dapat:
· Menyimak dialog
"Ucapan Salam (Greeting)"
· Melengkapi dialog
"Ucapan Salam (Greeting)"
E. MATERI BELAJAR
Good Morning (selamat pagi) Good afternoon (selamat siang/sore)
Good evening (selamat petang/malam) Good night (selamat tidur)
- Introduction(perkenalan)
Morning - Hani - Krisna
A :“Hello, good morning, I’m Hani”
What is your name?
B :“My name is Krisna”
( Enjoy and Easy English
page 8-9)
Nindi :”Hello, Sarah ....?”
Sarah :”I’m fine”
(Enjoy
and Easy English page 45-47)
F.
METODE
PEMBELAJARAN
a. Explicit Instruction
b. Ceramah,
Tanya jawab, penugasan
c.
Model pembelajaran langsung
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Penilaian
|
|
Waktu
|
Siswa
|
||
·
Pembukaan
o
Mengajak semua
siswa untuk mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
o
Mengajak berdinamika dengan beryel- yel
o
Bertanya jawab
tentang materi yang akan dipelajari hari ini dengan menyampaikan beberapa
pertanyaan
a) Apa yang dimaksud
dengan Greeting and Introduction?
b) Sebutkan macam-macam Greeting and
Introduction yang kalian ketahui?
o Kemuliaan
dunia adalah kekayaan dan kemuliaan akhirat adalah ketakwaan. Kamu, baik
laki-laki maupun perempuan, kemuliaanmu adalah kekayaanmu, keutamaanmu adalah
ketakwaanmu, kedudukanmu adalah akhlakmu dan (kebanggaan) keturunanmu adalah
amal perbuatanmu. (HR. Ad-Dailami).
·
Kegiatan inti
o Guru menyajikan berbagai macam
gambar keadaan alam dimana siswa diharapkan mampu memahami kapan
mereka harus mengucapkan selamat pagi, siang, sore, malam, …Etc
o Bertanya jawab mengenai
gambar yang disajikan oleh guru
”What you say if you find
the picture like this?”
o Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
o Siswa memahami kapan mereka harus mengucapkan selamat
pagi, siang, sore, malam, …Etc berdasarkan
gambar yang diberikan oleh guru
o Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari
·
Penutup
o Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
o Guru memberikan penekanan
pada macam-macam greeting and introduction /memberikan tugas /PR
o Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari selanjutnya (make a dialogue abaout greeting and
introduction then practice it with your friend)
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
o Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya,
cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
o Segera memberikan
nasihat, apabila ada siswa yang kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih
disempurnakan
|
5 mnt
55 mnt
10 mnt
|
Klasikal
Individu
klasikal
|
Skala
sikap
|
H.
PENILAIAN
1.
Tes lisan
2.
Tes tulis
3.
Skala sikap
Format Penilaiaan:
No
|
Nama siswa
|
Jenis penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan 1
|
Tulis
2
|
Skala sikap
|
||||
Percaya Diri
|
Ingin Tahu
|
|||||
Tanggal
:
|
||||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik,
2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter :
16 x 100
= 15:16 x 100
= 91,6 (92) , nilai
skala tersendiri
I.
SUMBER / ALAT BELAJAR
·
Buku paket
·
Buku penunjang dari guru
·
Gambar keadaan alam:”pagi, siang, sore, malam”
·
Lagu tentang “greeting and inroduction” dan “tepuk
greeting”
Sidoarjo,
Mengetahui
Waka Kurikulum Guru Bidang studi
(Andhy
Sudarmono, ST) (Eka Dewi Mayasari, S.Pd)
Kepala SDI Sabilillah
(Siti Anisatun Nadziroh, SE)
LAMPIRAN
Format Penilaian Keterampilan Mendengarkan!
“Menirukan pelafalan kosakata Greeting and Introduction!”
No
|
Nama
|
Pronouncition
(Skala 1 – 4)
|
Intonasi
(Skala 1 – 4)
|
Kelancaran
(Skala 1 – 4)
|
Keseriusan
(Skala 1 – 4)
|
Pronunciation :
4 =
Pelafalan kosakata yang diucapkan dengan baik dan benar
3,5 = 1 – 3 kata yang dilafalkan masih belum benar
3 = 4 - 6 kata yang dilafalkan masih belum benar
2,5 = 7 – 9 kata yang dilafalkan masih belum benar
2 = > 10 kata yang dilafalkan masih belum benar
1 =
Semua kata dalam dialog yang dilafalkan belum benar
Intonasi :
4 = Semua kata terdengar jelas sesuai penekanan suku
kata, mudah dipahami dan memiliki aksen
penutur asli
3,5 = 1 – 3
kata belum terdengar jelas sesuai penekanan suku kata, mudah dipahami
3 = 4 - 6
kata belum terdengar jelas sesuai penekanan suku kata, mudah dipahami
2,5 = 7 – 9 kata belum terdengar jelas sesuai
penekanan suku kata, mudah dipahami
2 = > 10 kata belum terdengar jelas sesuai
penekanan suku kata, mudah dipahami
1 = Semua kata dalam
dialog belum terdengar jelas sesuai penekanan suku
kata, mudah dipahami
Kelancaran :
4 = Percaya diri secara penuh tanpa ada keragu-raguan,
tidak terhenti, dan terputus dalam
membaca text
3,5 = 1 – 3
kata terdengar ada keragu-raguan, terhenti, dan terputus dalam membaca dialog
3 = 4 - 6
kata terdengar ada keragu-raguan, terhenti, dan terputus dalam membaca dialog
2,5 = 7 – 9 kata terdengar ada keragu-raguan,
terhenti, dan terputus dalam membaca dialog
2 = > 10 kata terdengar ada keragu-raguan,
terhenti, dan terputus dalam membaca dialog
1 = Semua kata
dalam dialogterdengar ada
keragu-raguan, terhenti, dan terputus dalam membaca dialog
Keseriusan :
4 = Serius dalam
membaca dan tidak bercanda ketika membaca text
3,5 = 1 – 3
kata belum serius dalam membaca
dan bercanda ketika membaca dialog
3 = 4 - 6
kata belum serius dalam membaca
dan bercanda ketika membaca dialog
2,5 = 7 – 9 kata belum serius dalam membaca dan bercanda ketika membaca dialog
2 = > 10 kata belum serius dalam membaca dan bercanda ketika membaca dialog
1 = Tidak serius dalam membaca dialog
SOAL TES
TULIS
A. Mention Kinds of greeting do you now and translate theminto indonesia!(Minimum
5)
1.
........................
2.
........................
3.
........................
4.
........................
5.
........................
6.
........................
Key Answer:
1.
Good morning :
selamat pagi
2.
Good afternoon :
selamat siang/sore
3.
Good evening :
selamat petang/malam
4.
Good night :
selamat tidur
5.
Hi :
hai
6.
Hello :
hallo
( Masing- masing 1
X 5 = 5 )
Skoring:
5 X 6 = 30
30/30 X 100 = 100