RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema / topik : My House
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi
sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
4.1 Mengeja ujaran
bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda
baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.4 Mendengarkan,
menyebutkan, dan mengulangi macam ruang dan benda dirumah.
4.1.4 Menyebutkan dan menulis nama ruangan dan benda-benda dirumah
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan pertanyaan dan jawab,
siswa dapat mengetahui macam-macam ruangan dan benda dirumah dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan contoh
dan penjelasan dari guru, siswa dapat menuliskan kalimat sederhana tentang ruangan-ruangan beserta benda-bendanya
di rumah dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
My
House
The
rooms:
Living room :
ruang tamu
Bedroom :
kamar tidur
Bathroom :
kamar mandi
Dining room :
ruang makan
Kitchen :
dapur
Garage :
garasi
Attic :
loteng
Backyard :
halaman belakang
The
things :
Living room: chair, table, sofa, vase,
curtain, television, telephone, picture, magazine, newspaper, clock, fan.
Dining room: plate, spoon, fork, glass,
napkin, knife, refrigerator
Kitchen: stove, pan, frying pan, cup, saucer,
rice cooker, ladle
Bedroom: bed, pillow, bolster, blanket, doll,
cupboard, mirror, comb, hanger, table lamp
Bathroom: towel, dipper, tap, pail, tooth
brush, tooth paste, brush, soap, shampoo, razor
Pertemuan 2
Preposition
-
On : diatas
-
In : didalam
-
Beside : disamping
-
In front of :
didepan
-
Behind : dibelakang
-
Under : dibawah
-
Outside : diluar
- Buku paket hal 13
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Benda-benda dikelas
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel
kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna
belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk
yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan
khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan terkait
dengan “rumah” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki rumah
yang layak.
•
Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyanyikan lagu My House yang pernah
dipakai dahulu, sebagai
awal kegiatan. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja bagian-bagian rumah yang sudah mereka ketahui?
• Apa saja benda-benda yang ada pada masing-masing ruangan?
3. Guru
mengambarkan sebuah rumah beserta pembagian ruangnya dipapan tulis. Guru meminta
siswa untuk secara bergantian mengisi ruangan-ruangan tersebut dengan
macam-macam benda yang mungkin ada didalamnya. Guru memberikan kebebasan
kepada siswa untuk berimajinasi tentang benda-benda yang mereka temui dirumah
(mencoba, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan, elaborasi, percaya
diri)
4. Setelah mengisi
benda-benda tersebut kemudian guru meminta siswa untuk mengartikannya. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin
pada buku catatan mereka masing-masing.
6. Siswa diminta mengerjakan
latihan soal pada halaman 15 secara individu yaitu menyebutkan benda-benda
yang ada dirumahnya.
(mencoba, percaya diri).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar di rumah.
• Mengajak siswa untuk bermain kosakata. Guru akan
menuliskan sebuah kosakata kemudian siswa yang ditunjuk harus menuliskan
kosakata baru dari huruf terakhir yang ada. Begitu seterusnya sampai semua
siswa memberikan jawabannya.
|
10
menit
|
Inti
|
1.Guru
memberitahukan dengan begitu, siswa sudah mengingat-ingat macam-macam benda
di rumah. Guru juga
membahas apabila ada penulisan yang kurang tepat. Sekaligus mengingat artinya
pula. (mengamati, mencoba, percaya diri)
2. Guru memberitahukan
bahwa pertemuan kali ini akan mempelajari “preposition” atau kata tunjuk
seperti diatas, dibawah, didalam, didepan, dibelakang, disamping, dan diluar.
Guru mengenalkan on, in, under, in front of, behind, beside and outside
dengan disertai gerakan untuk mempermudah siswa memahaminya. Guru
mengulanginya beberapa kali supaya siswa lebih paham. Setelah itu guru
memberikan contoh menggunakan benda-benda yang ada dikelas seperti Papan
tulis ada didepan kelas; The white board is in front of the classroom. Pensil
ada diatas buku; The pencil is on the book. Guru mencoba pemahaman siswa
dengan membuat kalimat dalam Bahasa Indonesia, kemudian siswa mengubahnya
kedalam Bahasa Inggris secara lisan dan acak.
(mengkomunikasikan, elaborasi, mencoba,
konfirmasi, percaya diri)
3. Guru
meminta siswa untuk membaca macam-macam prepositon yang terdapat dalam
kalimat pada halaman 13, beserta mengartikannya.
(mengkomunikasikan, mengumpulkan
informasi)
4. Guru memberikan kesempatan
bagi siswa yang ingin bertanya.
5. Guru
memberitahukan bahwa akan mengadakan Evaluasi Menulis / Writing Test. Siswa
diminta mengerjakan soal-soal pada halaman 14-15 (E, F, G) yaitu membuat
kalimat dengan preposisi yang ada, menyebutkan benda-benda yang ada sesuai
ruangannya, dan menyusun kalimat dari kata yang diacak.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru memberitahuakan pertemuan berikutnya akan belajar
macam-macam kata kerja.
• Guru memberitahukan juga bahwa pertemuan berikutnya akan mengambil
nilai membaca dan berbicara.
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H. PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
- Keterampilan Menulis: Tes tulis
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Kriteria
Keterampilan Menulis dan Membaca Bahasa
Inggris
Tema
: My House
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian
tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Soal Writing Test:
Make sentence using these prepositions!
1. Behind
2. Beside
3. Under
4. Outside
5. In front of
Mention things in your own house!
1. Living room
..............................................................................................
2. Bedroom
..............................................................................................
3. Kitchen
..............................................................................................
4. Dining room
..............................................................................................
5. Bathroom
..............................................................................................
Arrange these words into good sentence!
1. mother – kitchen – cooking – is – in – the – My
2. am – I – dining room – the – eating – in
3. the – Tisya – bedroom – in – sleeping – is
4. in – the – Kevin – terrace – playing – is
5. sitting – brother – is – My – living room – in – the
Mengetahui
Waka Kurikulum
Ummul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy Sudarmono, ST
NIP