RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : My Family
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4.
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks
kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberikan
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur.
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet
dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata frase dan kalimat sangat sederhana
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator:
1.2.3 Mendengarkan
dan menulis kembali kalimat tentang anggota keluarga
2.3.3 Menjelaskan tentang posisi anggota keluarga
3.1.3 Membaca bacaan tentang keluarga
4.1.3 Menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui
kosakata anggota keluarga dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
3.
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membaca teks tentang
keluarga dengan percaya diri
4.
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menulis kosakata
tentang anggota keluarga dengan percaya
diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Who
: siapa
Who is he? He is ...
Who is she? She is ...
Who are they? They are ...
How
many : berapa
# Reading Test
# Writing Test
Pertemuan 2
Who is Mr. .... ‘s wife?
Who is Mrs. ... ‘s husband?
Who is Mr. ... ‘s brother?
Who is Mr. ... ‘s daughter?
Etc.
How many son/daughter does he have?
How many grandson/granddaughter does he
have?
# Listening and Speaking Test
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Gambar
anggota keluarga
Lagu
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi siswa supaya
selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya serta bersyukur
karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah SWT.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca dan Menulis supaya guru bisa
mengukur kemampuan yang dicapai siswa dalam membaca dan menulis.
·
Guru menyampaikan
manfaat mempelajari materi My Family adalah supaya siswa mengetahui macam-macam
istilah anggota keluarga baik keluarga inti dalam Bahasa Inggris. (mengkomunikasikan)
·
Untuk
mengingatnya guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu My Family secara
klasikal. (mencoba, melakukan, percaya
diri,sopan)
·
Guru
mengajak siswa mengingat cara
penulisan kosakata anggota keluarga dengan benar. (mencoba, melakukan, percaya diri) Siswa menuliskan jawabannya dipapan tulis secara bergantian.
·
Tanya jawab
tentang tulisan-tulisan dipapan tulis tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya)
Guru
memperlihatkan beberapa gambar tentang anggota keluarga, dan siswa
menjawabnya secara acak pertanyaan guru.
(mencoba, mengkomunikasikan)
·
Guru menjelaskan pemakaian
kata tanya Who yang artinya siapa, adalah untuk menanyakan posisi seseorang
dalam keluarga. Contoh: Who is Mr. Agus’s daughter? Mr. Agus’s daughter is
Almira. Pemakaian kata tanya How many yang artinya berapa, untuk menanyakan
berapa jumlah anggota keluarga yang dimiliki. Guru memberi kesempatan kepada
siswa menuliskan poin-poin penting dibuku tulis mereka serta memberi
kesempatan bertanya. Kemudian guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi
Membaca dengan mekanisme membaca nyaring dengan kriteria membaca dengan
keras, lancar, pelafalan dan intonasi yang benar. Bagi siswa yang belum atau
sudah mendapat giliran membaca, siswa tersebut mengerjakan Evaluasi Menulis
dengan menjawab pertanyaan dari bacaan yang ada.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa mengerjakan pada Lembar Kerja. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang sudah terbiasa melakukan semua kegiatannya sendiri ketika dirumah.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua,
sebagai sikap berbakti kepada orang tua. Belajar di sekolah dengan baik juga
sebagai cara membahagiakan orang tua.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menyampaikan
bahwa manfaat pembelajaran kali ini adalah siswa akan memahami posisi anggota
keluarga. Siswa juga akan mampu menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga
yang akan tercakup dalam Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Semua kegiatan
adalah kerja individu atau perorangan.
·
Siswa
secara klasikal dengan bimbingan guru menyanyikan lagu My Family. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
menanyakan mengapa ada keluarga dan bagaimana awal adanya keluarga. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat. (menanya, mencoba, patuh, percaya diri)
·
Guru
memperlihatkan beberapa gambar tentang sebuah keluarga serta menjelaskan
posisi anggota keluarga masing-masing. Diawali dengan penjelasan dari gambar
keluarga inti terlebih dahulu, setelah itu menjelaskan tentang keluarga
besar. Dari yang awalny father, mother, son and daughter. Meluas menjadi
father in law, mother in law, brother in law, sister in law dan lain
sebagainya. Memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya. Setelah
itu, guru memberitahukan mekanisme Evaluasi Mendengar. Guru akan mengucapkan
sebuah kalimat, siswa menuliskan kalimat yang didengarnya tersebut. Setelah
itu, guru akan mengadakan Evaluasi Berbicara. Mekanismenya adalah guru akan
memberikan pertanyaan tentang keluarga dan siswa menjawabnya. Guru akan
bertanya secara acak. Siswa sambil mengerjakan latihan soal tentang keluarga.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa
mencoba mengerjakan latihan pada hal.10 secara mandiri. (mencoba, patuh, percaya diri, tanggung jawab)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
·
Penilaian Keterampilan
Pertemuan
1: Reading : Tes Lisan
Writing :
Tes Tulis
Pertemuan
2 : Listening : Tes Tulis
Speaking :
Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Tema
: My Family
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Tema My
Family
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Kriteria
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Tema My Family
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Kriteria Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema My Family
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
I. Soal Untuk
Keterampilan
ü Teks bacaan untuk Reading
Test
Hendra’s Family
Hello friends. I will tell about my
family. There are six persons in my family. They are Mr. Johan, Mrs. Tia,
Selly, me, Hanafi and Silvy. So, there are four children in my family. I have
one brother and two sisters. I am the second child. Mr. Johan is my father and
Mrs. Tia is my mother. They are my parents. I really enjoy the time with my
family.
ü
Pertanyaan
untuk Writing Test
1.
How many persons are there in Hendra’s family?
2.
How many children are there in Hendra’s family?
3.
Who is Mr. Johan?
4.
Who is Mrs. Tia?
5.
Who is Hanafi?
6.
Who is Mr. Johan and Mrs. Tia?
7.
How many brother does Hendra have?
8.
How many sisters does Hendra have?
9.
Who is Mr. Johan’s wife?
10.
Who is Mrs. Tia’s husband?
Key
answer:
1. There are six persons in Hendra’s
family.
2. There are four children in Hendra’s
family.
3. Mr. Johan is Hendra’s father.
4. Mrs. Tia is Hendra’s mother.
5. Hanafi is Hendra’s brother.
6. Mr. Johan and Mrs. Tia is Hendra’s
parents.
7. Hendra has one brother.
8. Hendra has two sisters.
9. Mr. Johan’s wife is Mrs. Tia.
10. Mrs. Tia’s husband is Mr. Johan.
ü
Soal
untuk Listening Test
1.
Agus is Mr. Susilo’s first son.
2.
Mr. Susilo’s wife is Mrs. Ani.
3.
Mr. Susilo has three grandchildren.
4.
Mr. Agus has one daughter.
5.
Mr. Ibas has two sons.
6.
Mrs. Ani is Aliya’s mother in law.
7.
Mr. Ibas has one niece.
8.
Almira has two cousins.
9.
Mrs. Anisa has two nephews.
10.
Mr. Agus is Aliya’s brother in law.
ü Soal untuk Speaking
Test
#
Who is your father/mother?
#
Do you have brother/sister/uncle/aunt/cousin?
#
How many brother/sister/uncle/aunt/cousin do you have?
#
How many persons are there in your family?
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T