RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema / topik : My Family
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.3
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara
berterima dalam konteks kelas.
Indikator:
4.3.1 Mendengarkan
dan menjawab pertanyaan tentang keluarga
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui
kosakata anggota keluarga dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Vocabulary
My Family
-
Grandfather : kakek
-
Grandmother : nenek
-
Father : ayah
-
Mother : Ibu
-
Uncle : paman
-
Aunt : bibi
-
Brother : saudara laki-laki
-
Sister : saudara perempuan
-
Cousin : saudara sepupu
-
Nephew : keponakan laki-laki
-
Niece : keponakan perempuan
-
Son : anak laki-laki
-
Daughter : anak perempuan
-
Husband : suami
-
Wife : istri
-
Father
in law : ayah mertua
-
Mother
in law : ibu mertua
-
Brother
in law : saudara ipar laki-laki
-
Sister
in law : saudara ipar perempuan
-
Granddaughter : cucu perempuan
-
Grandson : cucu laki-laki
Lagu My
Family
(Nada Lagu
Sayang Semua)
Urutan lagu sesuai pada kosakata dibuku paket
halaman 9.
My
family keluargaku
Father
ayah
Mother
itu ibu
Sister
itu saudara perempuan
Brother
itu saudara laki-laki
Uncle
paman
Aunt
itu bibi
Grandfather
artinya kakek
Grandmother
artinya nenek
Cousin
itu saudara sepupu
Niece
itu keponakan perempuan
Nephew
itu keponakan laki-laki
Son
itu anak laki-laki
Daughter
itu anak perempuan
Husband
suami dan wife itu istri
Father
in law itu ayah mertua
Mother
in law itu ibu mertua
Brother
in law saudara ipar laki-laki
Sister
in law saudara ipar perempuan
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Lagu
Buku
paket
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi
siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya
serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah
SWT.
· Guru
mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang Semua saya
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa mengingat sebutan apa saja tentang
anggota keluarga yang mereka ketahui dalam bahasa Indonesia. Guru menuliskan
semua jawaban dipapan tulis.
(mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Tanya
jawab tentang jawaban tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya)
· Menginformasikan
materi yang akan dipelajari yaitu tentang “My Family”
· Siswa
diminta membuka buku paket hal 9, membacanya secara klasikal kemudian guru
memberikan contoh menyanyikan lagu Sayang Semua dengan kosakata yang ada pada
hal. 9. (mencoba, melakukan, percaya
diri)
· Guru
mengadakan tanya jawab untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap
beberapa kosakata yang baru tentang my family. (elaborasi, menanya)
· Guru
meminta siswa mencermati family tree pada buku paket hal.10 dengan bimbingan
guru. Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan pemahaman siswa
seperti; Family Tree yang ada tersebut disusun dari garis keturunan siapa?
Dari mana dasarnya?
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
· Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk mencoba membuat family tree dari keluarganya.
(mencoba,
melakukan, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T