RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : My Family
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 1
Maret 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa
Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
7. Memahami tulisan bahasa
I\nggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
•
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
8.1 Mengeja
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
7.1 Membaca nyaring dengan
ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana.
C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan kosakata
yang diucapkan guru
8.1.1 Menuliskan kosakata
dengan tepat
7.1.1 Membaca dengan
nyaring dan tepat
TUJUAN
•
Disajikan teks lagu tentang
my family
, siswa dapat:
• Menyimak
pembacaan dan menirukan teks lagu yang dibacakan guru
•
Disajikan teks sederhana tentang my
family, siswa dapat:
• Membcanyanya
secara nyaring dan tepat
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga
yang lengkap. Memotivasi siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi
seluruh anggota keluarganya serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga
yang lengkap oleh Allah SWT.
· Guru mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang
Semua saya
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa mengingat sebutan apa
saja tentang anggota keluarga yang mereka ketahui dalam bahasa Indonesia. (mencoba, melakukan, percaya diri) Guru
menuliskan semua jawaban dipapan tulis.
· Tanya jawab tentang jawaban tersebut apakah
sudah sesuai (elaborasi, menanya)
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang “My Family”
· Guru
mengenalkan macam-macam kosakata tentang My Body, melalui lagu dengan nada
lagu Sayang Semua. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
· Siswa
menirukan dan menyanyikan teks lagu
dengan intonasi dan lafal yang tepat (santun, percaya diri)
·
Siswa menyalin pada buku catatan siswa
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah
terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar
mandiri serta meringankan beban orang tua, sebagai sikap berbakti kepada
orang tua.
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu my family
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru meminta siswa mengambil buku paket dan membuka hal
90. Guru memberi contoh membacanya sesuai pengucapan yang benar. Siswa
menirukannya. (mencoba, melakukan,
percaya diri).
·
Guru mengadakan evaluasi ketrampilan membaca
dengan siswa maju satu persatu (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Siswa yang lain mengerjakan latihan persiapan
UTS
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang my family
secara tertulis
(pertemuan ke 1)
•
Disajikan teks bacaan di buku paket hal 90 (pertemuan ke 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Membaca
Teks lagu my family
My family
keluargaku
Grandfather
artinya kakek
Grandmother
artinya nenek
Father
ayah, mother itu ibu
Uncle paman, aunt itu bibi
Brother itu saudara laki-laki
Sister itu saudara perempuan
Itu keluarga dalam bahasa Inggris
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN MEMBACA SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
1… SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan
: membaca teks bacaan
no
|
nama
|
Things
at school
|
Total
|
Nilai
|
Classroom
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
Ade
|
||||||||||
2
|
Dodo
|
||||||||||
3
|
Putri
|
||||||||||
4
|
Rado
|
||||||||||
5
|
Zahra
|
||||||||||
6
|
Ian
|
||||||||||
7
|
Chalista
|
||||||||||
8
|
Mahen
|
||||||||||
9
|
Dimas
|
||||||||||
10
|
Esti
|
||||||||||
11
|
Azka
|
||||||||||
12
|
Felda
|
||||||||||
13
|
Akbar
|
||||||||||
14
|
Intan
|
||||||||||
15
|
Hanum
|
||||||||||
16
|
Iyyak
|
||||||||||
17
|
Fira
|
||||||||||
18
|
Lani
|
||||||||||
19
|
Farrel
|
||||||||||
20
|
Daffa
|
||||||||||
21
|
Hafizh
|
||||||||||
22
|
Nabila
|
||||||||||
23
|
Nadin
|
||||||||||
24
|
Nauval
|
||||||||||
25
|
Vala
|
||||||||||
26
|
Rafi
|
||||||||||
27
|
Azan
|
||||||||||
28
|
Nana
|
||||||||||
29
|
Talitha
|
||||||||||
30
|
Ata
|
||||||||||
31
|
Zaki
|
||||||||||
32
|
Zephy
|
||||||||||
33
|
Amel
|
||||||||||
34
|
Najwa
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 =
kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1