-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY BODY 4th week KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY BODY 4th week KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 2
Tema / topik                 : My Body
Alokasi waktu              : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal                : Minggu ke 4 Feb 2014

A. STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami  tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

          B. KOMPETENSI DASAR
7.2 Memahami kata tertulis sangat sederhana
8.1 Mengeja tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

C. INDIKATOR
7.2.1 Memahami kosakata anggota tubuh dalam kalimat sederhana
8.1.1 Menulis kosakata anggota tubuh dari gambar yang tersedia

TUJUAN
          Disajikan kalimat pertanyaan Is it a ...? dari gambar yang ada, siswa dapat:
·      Menyebutkan benar atau tidak bagian-bagian dari anggota tubuh manusia tersebut
·         Disajikan gambar tentang tubuh manusia, siswa dapat :
·      Menyebutkan bagian-bagian dari anggota tubuh manusia.

            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture and Picture

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan apakah mereka dalam keadaan sehat. Memotivasi siswa supaya selalu bersyukur karena telah dilindungi oleh Allah SWT.
·      Guru mengajak anak-anak untuk mengingat lagu my body sambil memegang anggota tubuh mereka masing-masing.
10 menit
Inti

·        Guru memasang gambar orang dipapan tulis. Guru menulis “Is is a ...?” sambil memberi panah gambar yang dimaksud.  Guru menampung semua jawaban siswa. (mencoba, melakukan, percaya diri)
·      Guru memberi contoh dan tanya jawab  (elaborasi)
·      Guru mengadakan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa.
40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Soal latihan:
1. Is it a knee?                                                              6. is it an arm?

2. is it a forehead?                                                         7. is it a toe?            
 


3. is it an eye?                                                               8. is it a lip?            



4. is it a head?                                                               9. is it a nose?
5. is it a stomach?                                                         10. is it a shoulder?         


Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan lagu my body, sambil   memegang anggota tubuh mereka masing-masing
10 menit
Inti

·           Guru membagikan soal UH tema 6 tentang my body (melakukan, percaya diri).
·           Guru mengajak siswa membaca basmallah sebelum mengerjakan soal (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·           Guru membacakan soal dan siswa menyimak lalu menjawab di naskah soal UH
40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk selalu mengingat kosakata anggota tubuh serta selalu rajin belajar.
       Menginformasikan minggu depan memasuki materi baru
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

            SUMBER DAN  MEDIA
          Disajikan teks lagu tentang my body secara lisan (pertemuan ke 1&2)
          Touch your ... atau memegang anggota tubuhnya masing-masing (pertemuan ke 1)
          Gambar orang, dengan pertanyaan is it a ...? dengan jawaban yes/no

            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
          Kemampuan kognitif



Koordinator jenjang kelas 1,2                                                                   Guru Bahasa Inggris kelas 1


(Siti Annisatun Nadziroh, S.E)                                                                        (Meinar Arika Prihanani, S.S)
                                                                                        Mengetahui,
                                                                                      Kepala Sekolah

                                                                  (Dra. Nurul Choirul Niswatin )



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar