RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : My Body
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 4 Feb 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
•
B. KOMPETENSI
DASAR
7.2 Memahami
kata
tertulis sangat sederhana
8.1 Mengeja tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
C. INDIKATOR
7.2.1 Memahami kosakata
anggota tubuh dalam kalimat sederhana
8.1.1 Menulis kosakata
anggota tubuh dari gambar yang tersedia
TUJUAN
•
Disajikan kalimat pertanyaan Is it a ...?
dari gambar yang ada, siswa dapat:
· Menyebutkan
benar atau tidak bagian-bagian dari anggota tubuh manusia tersebut
·
Disajikan gambar
tentang tubuh manusia, siswa dapat :
·
Menyebutkan bagian-bagian dari anggota tubuh
manusia.
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan apakah mereka dalam keadaan
sehat. Memotivasi siswa supaya selalu bersyukur karena telah dilindungi oleh
Allah SWT.
· Guru mengajak anak-anak untuk mengingat lagu my
body sambil memegang anggota tubuh mereka masing-masing.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
memasang gambar orang dipapan tulis. Guru menulis “Is is a ...?” sambil
memberi panah gambar yang dimaksud. Guru
menampung semua jawaban siswa. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Guru memberi contoh dan tanya jawab (elaborasi)
· Guru mengadakan evaluasi untuk mengukur
pemahaman siswa.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
1. Is it a knee? 6. is
it an arm?
2. is it a forehead? 7.
is it a toe?
3. is it an eye? 8. is
it a lip?
4.
is it a head? 9.
is it a nose?
5. is it a stomach? 10. is it a
shoulder?
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu my body, sambil memegang anggota tubuh mereka masing-masing
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru membagikan
soal UH tema 6 tentang my body (melakukan,
percaya diri).
·
Guru mengajak siswa membaca basmallah
sebelum mengerjakan soal (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Guru membacakan soal dan siswa menyimak
lalu menjawab di naskah soal UH
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu mengingat
kosakata anggota tubuh serta selalu rajin belajar.
•
Menginformasikan minggu depan memasuki
materi baru
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang my body
secara lisan
(pertemuan ke 1&2)
•
Touch your ... atau memegang anggota
tubuhnya masing-masing (pertemuan ke 1)
•
Gambar orang, dengan pertanyaan is it a
...? dengan jawaban yes/no
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Kemampuan kognitif
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )