RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema :
Sub
Tema :
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. SYARAT KECAKAPAN UMUM ( SKU )
·
Dapat
melipat selimut dan merapikan tempat tidurnya
C. TUJUAN
Dengan kegiatan melipat selimut dan merapikan
tempat tidur, siswa dapat :
1.
Menyebutkan
perlengkapan tidurnya
2.
Melipat
selimut dengan rapi
3.
Merapikan
tempat tidur dengan kesadarannya sendiri ( tanpa disuruh )
D. MATERI
1.
Kasur
2.
Bantal
3.
Guling
4.
Selimut
v
Yang harus dilakukan setelah bangun tidur :
1.
Merapikan tempat tidurnya
2.
Melipat selimut dengan rapi
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Picture and Picture
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Praktik
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
2. Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar(untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
3. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
4. Menginformasikan pembelajaran yang akan diajarkan yaitu tentang “melipat selimut dan merapikan tempat tidur”
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan Pertama
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu “
Bangun Tidur”.
2. Guru Tanya jawab dengan siswa tentang isi
lagu “ Bangun Tidur “
3. Guru bertanya kepada siswa
·
Siapa
yang tadi pagi bangun sendiri?
·
Siapa
yang tadi pagi masih dibangunkan?
·
Apa
yang mereka lakukan setelah bangun tidur?
4. Guru mengajak siswa praktik merapikan tempat
tidur dan melipat selimut
5. Guru terlebih dahulu menunjukkan contoh
tempat tidur yag rapi
6. Siswa secara bergantian praktik melipat
selimut dan merapikan tempat tidur
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini
2.
Memberikan reward kepada siswa yang bisa
melipat selimut dan merapikan tempat tidur dengan rapi
3.
Guru berpesan kepada siswa supaya belajar melipat
selimut dan merapikan tempat tidur sendiri
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
10 menit
|
G. SUMBER DAN
MEDIA
1.
Buku siswa
2.
Tempat
tidur
3.
Bantal,
guling
4.
Selimut
H. PENILAIAN
1.
Observasi
kegiatan merapikan tempat tidur
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NI
|
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI SISWA
|
|||||||
KEGIATAN MELIPAT SELIMUT DAN MERAPIKAN
TEMPAT TIDUR
|
|||||||
KELAS :
|
|||||||
No
|
Nama Siswa
|
KRITERIA
|
|||||
Melipat Selimut
|
Merapikan Tempat Tidur
|
||||||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||