-->

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR FIKIH Kelas 2 SD MI Semester Ganjil dan Genap


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata pelajaran :
F I K I H

KELAS II
SEMESTER GANJIL DAN GENAP



MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KELAS II SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1
Meyakini bahwa azan adalah panggilan untuk melaksanakan ibadah shalat
1.2
Menyadari nilai-nilai yang ada pada syariat azan
1.3
Meyakini bahwa shalat adalah perintah Allah swt.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
2.1
Memiliki sikap tertib dan teratur sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan azan
2.2
Membiasakan perilaku tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan iqamah
2.3
Membiasakan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan
shalat fardu
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1
Memahami azan

3.2
Memahami iqamah

3.3
Memahami shalat fardu
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1
Mempraktikkan azan

4.2
Mempraktikkan iqamah

4.3
Mempraktikkan bacaan dan gerakan shalat fardu













KELAS II SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1
Meyakini bahwa shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan
1.2
Meyakini bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
1.3
Meyakini bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya
2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
2.1
Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap ketentuan shalat berjamaah
2.2
Membiasakan perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah shalat fardu
2.3
Membiasakan sikap husnudzan dan tidak sombong sebagai implementasi dari pemahaman terhadap doa setelah shalat fardu
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1
Memahami ketentuan shalat berjamaah

3.2
Memahami zikir setelah shalat fardu

3.3
Memahami lafal doa setelah shalat fardu

4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1
Mensimulasikan tata cara shalat berjamaah
4.2
Mempraktikkan zikir setelah shalat fardu
4.3
Mempraktikkan doa setelah shalat fardu















PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


PELAJARAN
JUDUL
KI
KD
SEMESTER GANJIL
1
Indahnya Panggilanmu
1
1.1
Menerima lafal adzan dan iqamah.
2
2.1
Membiasakan adzan dan iqamah
3
3.1
Memahami adzan
3.2
Memahami iqamah
4
4.1
Mempraktikkan adzan dan iqamah
2
Tegakkan Shalat
1
1.2
Menjalankan shalat tepat waktu
2
2.2
Menjalankan shalat tepat waktu
3
3.2
Memahami shalat fardu
4
4.2
Mempraktikkan gerakan shalat fardu
SEMESTER GENAP
3
Indahnya Kebersamaan
1
1.4
Meyakini hikmah shalat berjamaah.
2
2.4
Membiasakan shalat berjamaah.
4
4.4
Memahami ketentuan shalat berjamaah
4.5
Mensimulasikan tata cara shalat berjamaah
4
Keagungan-Mu ya Allah
2
2.4
Meyakini hikmah dzikir setelah shalat fardu
2.5
Membiasakan dzikir setelah shalat fardu
4
4.2
Memahami dzikir setelah shalat fardu
4.3
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardu
5
Kepada-Mu Aku Memohon
1
1.3
Meyakini hikmah doa setelah shalat fardu
2
2.3
Membiasakan berdoa setelah shalat fardu
3
3.6
Memahami lafal doa setelah shalat fardu

3.7
Mengidentifikasi manfaat doa setelah shalat fardu
4
4.2
Menghafal lafal doa setelah shalat fardu

4.5
Mempraktikkan doa setelah shalat fardu




Mengetahui,                                                            Sleman, 17 Juli 2015
Kepala Madrasah MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN                Gurun Kelas II,





Inayatul Mardliyah,S.H.I.                                           Pratisna Meitasari,S.Pd.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar