KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata pelajaran :
F I K I H
KELAS II
SEMESTER GANJIL DAN GENAP
MATA PELAJARAN : FIKIH
MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Meyakini
bahwa azan adalah panggilan untuk melaksanakan ibadah shalat
|
1.2
|
Menyadari
nilai-nilai yang ada pada syariat azan
|
||
1.3
|
Meyakini
bahwa shalat adalah perintah Allah swt.
|
||
2.
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
|
2.1
|
Memiliki
sikap tertib dan teratur sebagai implementasi dari pemahaman terhadap
ketentuan azan
|
2.2
|
Membiasakan
perilaku tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan iqamah
|
||
2.3
|
Membiasakan
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan
shalat
fardu
|
||
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1
|
Memahami
azan
|
3.2
|
Memahami
iqamah
|
||
3.3
|
Memahami
shalat fardu
|
||
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
|
Mempraktikkan
azan
|
4.2
|
Mempraktikkan
iqamah
|
||
4.3
|
Mempraktikkan
bacaan dan gerakan shalat fardu
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Meyakini
bahwa shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan
|
1.2
|
Meyakini
bahwa zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
|
||
1.3
|
Meyakini
bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya
|
||
2
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
|
2.1
|
Membiasakan
sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap
ketentuan shalat berjamaah
|
2.2
|
Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
|
||
2.3
|
Membiasakan
sikap husnudzan dan tidak sombong sebagai implementasi dari pemahaman terhadap
doa setelah shalat fardu
|
||
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
|
Memahami
ketentuan shalat berjamaah
|
3.2
|
Memahami
zikir setelah shalat fardu
|
||
3.3
|
Memahami
lafal doa setelah shalat fardu
|
||
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
|
Mensimulasikan
tata cara shalat berjamaah
|
4.2
|
Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
|
||
4.3
|
Mempraktikkan
doa setelah shalat fardu
|
PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
PELAJARAN
|
JUDUL
|
KI
|
KD
|
|
SEMESTER GANJIL
|
||||
1
|
Indahnya Panggilanmu
|
1
|
1.1
|
Menerima
lafal adzan dan iqamah.
|
2
|
2.1
|
Membiasakan
adzan dan iqamah
|
||
3
|
3.1
|
Memahami
adzan
|
||
3.2
|
Memahami
iqamah
|
|||
4
|
4.1
|
Mempraktikkan adzan dan iqamah
|
||
2
|
Tegakkan Shalat
|
1
|
1.2
|
Menjalankan
shalat tepat waktu
|
2
|
2.2
|
Menjalankan shalat tepat waktu
|
||
3
|
3.2
|
Memahami shalat fardu
|
||
4
|
4.2
|
Mempraktikkan gerakan shalat fardu
|
||
SEMESTER GENAP
|
||||
3
|
Indahnya Kebersamaan
|
1
|
1.4
|
Meyakini hikmah shalat berjamaah.
|
2
|
2.4
|
Membiasakan shalat
berjamaah.
|
||
4
|
4.4
|
Memahami ketentuan
shalat berjamaah
|
||
4.5
|
Mensimulasikan tata
cara shalat berjamaah
|
|||
4
|
Keagungan-Mu ya Allah
|
2
|
2.4
|
Meyakini
hikmah dzikir setelah shalat fardu
|
2.5
|
Membiasakan dzikir setelah shalat fardu
|
|||
4
|
4.2
|
Memahami dzikir setelah shalat fardu
|
||
4.3
|
Mempraktikkan dzikir setelah shalat fardu
|
|||
5
|
Kepada-Mu Aku Memohon
|
1
|
1.3
|
Meyakini hikmah doa setelah shalat fardu
|
2
|
2.3
|
Membiasakan berdoa setelah shalat fardu
|
||
3
|
3.6
|
Memahami lafal doa setelah shalat fardu
|
||
|
3.7
|
Mengidentifikasi manfaat doa setelah shalat fardu
|
||
4
|
4.2
|
Menghafal lafal doa setelah shalat fardu
|
||
|
4.5
|
Mempraktikkan doa setelah shalat fardu
|
Mengetahui, Sleman,
17 Juli 2015
Kepala
Madrasah MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN Gurun
Kelas II,
Inayatul
Mardliyah,S.H.I. Pratisna
Meitasari,S.Pd.