RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema :
Sub
Tema :
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A. STANDART KOMPETENSI
4. Mengenal, menyikapi dan mengapresiasikan
pengetahuan dan teknologi, membiasakan
B. KOMPETENSI DASAR
4.1 Dapat mengenal pengetahuan, teknologi
sederhana dan keterampilan kepramukaan.
C. SYARAT KECAKAPAN UMUM ( SKU )
25.
Dapat menyebutkan
nama dan alamat Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan Camat di sekitar tempat
tinggalnya
D. INDIKATOR
25.1 Menyebutkan nama dan alamat ketua RT
25.2 Menyebutkan nama dan alamat ketua RW
25.3 Menyebutkan nama dan alamat Lurah
25.4 Menyebutkan nama dan alamat Camat
E. TUJUAN
Dengan kegiatan wawancara, siswa dapat :
1.
Menyebutkan
nama dan alamat ketua RT
2.
Menyebutkan
nama dan alamat ketua RW
3.
Menyebutkan
nama dan alamat Lurah
4.
Menyebutkan
nama dan alamat Camat
F. MATERI
v Ketua
RT adalah orang yang memimpin suatu wilayah di tingkat RT.
RT adalah Rukun
Tetangga
v Ketua
RW adalah orang yang memimpin suatu wilayah di tingkat RW.
RW adalah Rukun
Warga
v Lurah
adalah orang yang memimpin suatu desa
v Camat
adalah orang yang memimpin wilayah kecamatan
G. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Picture and Picture
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Wawancara
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucap salam
2. Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar(untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
3. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
4. Menginformasikan pembelajaran yang akan diajarkan yaitu tentang “Ketua RT, Ketua RW,Lurah dan camat”
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan Pertama
1. Guru memperlihatkan gambah sebuah wilayah
desa
2. Guru menjelaskan bahwa di sebuah desa
terdapat pemimpin yang disebut lurah. Selain itu terdapat juga ketua RT dan
Ketua RW.
3. Guru memanggil beberapa siswa untuk bermain
peran sebagai ketua RT, Ketua RW, Lurah dan Camat
4. Guru meminta siswa utuk mewawancarai teman-temannya
yang menjadi Ketua RT, Ketua RW, Camat dan lurah
5. Siswa secara bergantian menanyakan nama dan
alamatnya, kemudian ditulis di buku tulisnya.
6. Guru meminta beberapa siswa untuk maju ke
depan untuk membacakan hasil wawancaranya.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini
2.
Memberikan reward kepada siswa yang terlihat
aktif selama pembelajaran
3.
Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk
mewawancarai Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan Camat di tempat tinggalnya
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
10 menit
|
I.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
siswa
2.
Gambar
3.
Siswa
J.
PENILAIAN
1.
Observasi
kegiatan wawancara
2.
Penugasan
di rumah
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI SISWA
|
|||||||
KEGIATAN WAWANCARA
|
|||||||
KELAS :
|
|||||||
No
|
Nama Siswa
|
KRITERIA
|
|||||
Antusias
|
Kemampuan Wawancara
|
||||||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
LEMBAR EVALUASI KETERAMPILAN
SISWA
MENGETAHUI NAMA DAN ALAMAT KETUA RT, RW, LURAH dan
CAMAT
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
|
||
Nama :……………………
|
Kelas : 1 ….
No Absen : ….
Hari / Tanggal :
…………………….
Lengkapilah tabel di bawah ini sesuai hasil
wawancara !
No
|
Petugas
|
Nama
|
Alamat
|
1.
|
Ketua RT
|
||
2.
|
Ketua RW
|
||
3.
|
Lurah
|
||
4.
|
Camat
|
Komentar
Orang tua :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......