RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 1 (satu) / 2 (dua)
Tema : 6
Sub
Tema :
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
STANDART KOMPETENSI
3. Taat pada peraturan
keluarga perindukan dan sekolah serta lingkungannya, menghormati sesama serta
mengetahui wawasan lingkungan
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal anggota keluarga,
teman satu barung, teman satu perindukan
C.
SYARAT KECAKAPAN UMUM ( SKU )
24. Dapat menyampaikan
ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orang tua sesama teman dan
orang lain
D.
INDIKATOR
24.1 Mengucapkan
terima kasih
24.2 Meminta maaf
24.3 Meminta pertolongan
24.4 Mengucapkan permisi
E.
TUJUAN
Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat :
1. Mengucapkan terima kasih
2. Meminta maaf
3. Meminta pertolongan
4. Mengucapkan permisi
F.
MATERI
v
Mengucapkan
terima kasih kepada orang yang sudah membantu atau menolong atau memberikan sesuatu kepada kita.
v
Meminta
maaf apabila kita melakukan kesalahan.
v
Meminta
pertolongan apabila kita membutuhkan bantuan.
v
Mengucapkan
permisi apabila kita lewat di depan orang yang lebih tua dari kita.
G.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Picture and Picture
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Wawancara
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucap salam
2.
Melakukan pembiasaan sikap
duduk yang baik dalam kegiatan belajar ( untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
3.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
4.
Mengajak siswa melakukan tepuk
Pramuka.
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan Pertama
1. Mengajak siswa menyanyikan lagu Terima Kasih. (mengamati)
2. Guru menanyakan apa maksud lagu yang dinyanyikan tadi. Guru menulis jawaban-jawaban
siswa di papan tulis. (menanya, mencoba)
3. Guru membahas tentang isi lagu
tersebut.
4. Kemudian guru meminta salah satu siswa untuk
menghapus papan tulis. Setelah siswa selesai menghapus, guru mengucapkan “Terima
kasih, Nak.” Setelah itu guru bertanya lagi kenapa guru mengucapkan terima
kasih pada teman kalian. Siswa menjawab dan guru menampung semua jawaban,
kemudian menjelaskannya.
5. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, kemudian
memberikan gambar. Setiap kelompok diminta untuk menganalisa perbuatan apakah
tersebut beserta ucapan apa yang pantas diucapkan. Perwakilalan kelompok
membacakan hasil diskusi. Guru menulis catatan-catatan penting di papan tulis. (mengkomunikasikan)
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada
buku catatan mereka.
7. Guru meminta siswa secara berpasangan untuk mempraktekkan salah
satu ucapan tersebut, sesuai bimbingaan guru.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini
2.
Memberikan reward kepada siswa yang
terlihat aktif selama pembelajaran
3.
Guru memberikan penugasan kepada siswa
untuk berdiskusi dengan orang tua tentang pemakaian
ucapan terima kasih, minta maaf, minta tolong dan permisi di lingkungan rumah
siswa.
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
10 menit
|
I.
SUMBER DAN
MEDIA
1. Buku siswa
2. Gambar
3. Siswa
J.
PENILAIAN
1. Observasi
kegiatan bermain peran
2. Penugasan
di rumah
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI SISWA
|
||||||||
KEGIATAN BERMAIN PERAN
|
||||||||
KELAS :
|
||||||||
No
|
Nama Siswa
|
KRITERIA
|
||||||
SUARA
|
MIMIK MUKA
|
GERAKAN
|
SKOR
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
Suara : 3 = keras, 2 = pelan,
1 = tidak bersuara
Mimik muka : 3 =
ekspresi sesuai, 2 = ekspresi tidak
sesuai, 1 = tanpa ekspresi
Gerakan : 3 = gerakan sesuai, 2 = gerakan tidak sesuai, 1
= tanpa gerakan
LEMBAR EVALUASI
KETERAMPILAN SISWA
MENYEBUTKAN
PEMAKAIAN UCAPAN TERIMA KASIH, MINTA MAAF, MINTA TOLONG DAN PERMISI DI RUMAH
SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN
2014-2015
|
||
Nama :……………………
|
Kelas : 1 ….
No Absen : ….
Hari / Tanggal : …………………….
Lengkapilah tabel di bawah ini sesuai hasil wawancara !
No
|
Ucapan
|
Contoh
ucapan
|
Penjelasan
/ pemakaian
|
1.
|
Terima
kasih
|
1.
............................................
2.
............................................
3.
............................................
4.
............................................
5. ............................................ |
1.
..................................................................................
2. ..................................................................................
3.
..................................................................................
4.
..................................................................................
5. .................................................................................. |
2.
|
Minta
maaf
|
1.
............................................
2.
............................................
3.
............................................
4.
............................................
5. ............................................ |
1.
..................................................................................
2.
..................................................................................
3.
..................................................................................
4.
..................................................................................
5. .................................................................................. |
3.
|
Minta
tolong
|
1.
............................................
2.
............................................
3.
............................................
4.
............................................
5. ............................................ |
1.
..................................................................................
2.
..................................................................................
3.
..................................................................................
4.
..................................................................................
5. .................................................................................. |
4.
|
Permisi
|
Komentar Orang tua :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......