-->
RPP Pramuka Organ Tubuh Kelas 1 SD MI Semester 1Tema 1 Diriku

RPP Pramuka Organ Tubuh Kelas 1 SD MI Semester 1Tema 1 Diriku


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan      :  SD Islam SabilillahSidoarjo
Kelas / semester          :  1 / 1
Tema                           :  1 (diriku)
Sub Tema                    :  2
Petemuan ke                : 
Alokasi waktu             :  1 hari ( 2X35 menit)

·         SKU (Syarat Kecakapan Umum)
-          Dapat menyebutkan organ tubuh

·         TUJUAN
-          Setelah mengamati teman sebangku, siswa mampu menyebutkan organ tubuh secara lengkap

·         MATERI
Organ tubuh manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
1.      Bagian kepala terdiri dari mata, hidung, mulut, alis, dahu, pipi, telinga, rambut.
2.      Bagian badan terdiri dari badan, lengan, siku, tangan, punggung
3.      Bagian kaki terdiri dari paha, lutut, betis, kaki

·           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Demonstrasi
Metode                : Ceramah, diskusi, eksperimen, penugasan.

·         LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahu-luan
-          Guru mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-          Berdoa dengan khusyu’ supaya diberikemudahan dalam belajar hari ini
-          Menyanyikan yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-          Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
-          Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
1.      Siapa yang menciptakan tubuh kita?
2.      Mengapa kita mempunyai tangan?
3.      Apa yang terjadi jika kita tidak mempunyai kaki?
10 menit
Inti
1.      Guru meminta siswa untuk menyebutkan anggota tubuh dari lagu yang telah dinyanyikan
2.      Guru menyediakan gambar anggota tubuh, kemudian siswa mengelompokkan berdasarkan bagian kepala, badan, dan kaki
3.      Siswa melakukan wawancara dengan teman sebangku tentang kegunaan anggota tubuh
4.      Siswa mencatat hasil wawancaranya pada buku tulis dengan rapi
5.      Guru membagikan tugas kelompok tentang “gambarlah 3 anggota tubuh dan jelaskan kegunaannya dengan benar”
6.      Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
7.      Perwakilan kelompok membacakan jawabannya di depan kelas
8.      Guru memberikan penilaian jawaban siswa
50 menit
Penutup
-          Secara bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran pada hari ini.
-          Guru mengarahkan siswa dengan memberikan pertanyaan “apa saja yang telah kita pelajari hari ini anak-anak?”
-          Memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
-          Guru berpesan kepada siswa supaya belajar lebih rajin dan senantiasa menjadi anak yang lebih hebat.
-          Salam penutup.
10 menit


·           SUMBER DAN  MEDIA
1.      Gambar anggota tubuh
2.      Lagu tentang anggota tubuh
3.      Diri sendiri

·         PENILAIAN
-          Tes tertulis.
-          Observasi
-          Unjuk kerja.

Mengetahui,
Kepala Sekolah


NIP: …………………………

Guru Kelas 1,



NIP: …………………………





 





LEMBAR PENILAIAN
“SISWA MAMPU MENYEBUTKAN TUBUH DAN FUNGSINYA DENGAN BENAR”

KELAS: 1 …
No

Nama
Kemampuan mengelompokkan gambar
Kemampuan menggambar
Kerja sama
Waktu
Percaya diri
Total
Skor




















































































































































































































































































































Kriteria
4
3
2
1
Kemampuan mengelompokkan gambar
Semua gambar benar

Sebagian besar gambar benar
Sebagian kecil gambar benar
Semua gambar tidak sesuai
Kemampuan menggambar
Seluruh gambar anggota tubuh rapi (3 gambar)
Hanya  2 gambar anggota tubuh rapi
Hanya 1 gambar anggota tubuh rapi
Seluruh gambar anggota tubuh tidak rapi
Kerja sama
Seluruh anggota kelompok aktif
Seluruh besar anggota kelompok aktif
Seluruh kecil anggota kelompok aktif
Seluruh anggota kelompok pasif
Waktu  
Selesai sebelum waktunya (30 menit)
Selesai tepat waktu (30 menit)
Selesai antara 30-35 menit
Selesai > 35 menit
Percaya diri
Sangat PD
Cukup PD
Kurang PD
Tidak PD



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar