RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam SabilillahSidoarjo
Kelas / semester :
1 / 1
Tema :
1 (diriku)
Sub Tema : 2
Petemuan ke : …
Alokasi waktu : 1 hari ( 2X35 menit)
·
SKU (Syarat Kecakapan Umum)
-
Dapat menyebutkan organ tubuh
·
TUJUAN
-
Setelah mengamati teman sebangku,
siswa mampu menyebutkan organ tubuh secara lengkap
·
MATERI
Organ tubuh manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
1.
Bagian kepala terdiri dari mata,
hidung, mulut, alis, dahu, pipi, telinga, rambut.
2.
Bagian badan terdiri dari badan,
lengan, siku, tangan, punggung
3.
Bagian kaki terdiri dari paha, lutut,
betis, kaki
·
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Demonstrasi
Metode : Ceramah, diskusi, eksperimen,
penugasan.
·
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahu-luan
|
-
Guru
mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-
Berdoa dengan
khusyu’ supaya diberikemudahan dalam belajar hari ini
-
Menyanyikan
yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-
Mengajak
siswa untuk menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
-
Guru
mengajukan pertanyaan, misalnya:
1.
Siapa yang
menciptakan tubuh kita?
2.
Mengapa
kita mempunyai tangan?
3.
Apa yang
terjadi jika kita tidak mempunyai kaki?
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru meminta siswa untuk menyebutkan anggota tubuh dari lagu
yang telah dinyanyikan
2.
Guru menyediakan gambar anggota tubuh, kemudian siswa
mengelompokkan berdasarkan bagian kepala, badan, dan kaki
3.
Siswa melakukan wawancara dengan teman sebangku tentang
kegunaan anggota tubuh
4.
Siswa mencatat hasil wawancaranya pada buku tulis dengan
rapi
5.
Guru membagikan tugas kelompok tentang “gambarlah 3 anggota
tubuh dan jelaskan kegunaannya dengan benar”
6.
Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
7.
Perwakilan kelompok membacakan jawabannya di depan kelas
8.
Guru memberikan penilaian jawaban siswa
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini.
-
Guru mengarahkan siswa dengan
memberikan pertanyaan “apa saja yang telah kita pelajari hari ini anak-anak?”
-
Memberikan reward kepada siswa yang
berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
-
Guru berpesan kepada siswa supaya belajar
lebih rajin dan senantiasa menjadi anak yang lebih hebat.
-
Salam penutup.
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN
MEDIA
1.
Gambar anggota tubuh
2.
Lagu tentang anggota tubuh
3.
Diri sendiri
·
PENILAIAN
-
Tes tertulis.
-
Observasi
-
Unjuk kerja.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
NIP: …………………………
|
Guru
Kelas 1,
NIP: …………………………
|
LEMBAR PENILAIAN
“SISWA MAMPU MENYEBUTKAN TUBUH DAN FUNGSINYA DENGAN
BENAR”
KELAS: 1 …
No
|
Nama
|
Kemampuan mengelompokkan gambar
|
Kemampuan menggambar
|
Kerja sama
|
Waktu
|
Percaya diri
|
Total
|
Skor
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kemampuan mengelompokkan gambar
|
Semua gambar benar
|
Sebagian besar gambar benar
|
Sebagian kecil gambar benar
|
Semua gambar tidak sesuai
|
Kemampuan menggambar
|
Seluruh gambar anggota tubuh rapi (3 gambar)
|
Hanya 2 gambar
anggota tubuh rapi
|
Hanya 1 gambar anggota tubuh rapi
|
Seluruh gambar anggota tubuh tidak rapi
|
Kerja sama
|
Seluruh anggota kelompok aktif
|
Seluruh besar anggota kelompok aktif
|
Seluruh kecil anggota kelompok aktif
|
Seluruh anggota kelompok pasif
|
Waktu
|
Selesai sebelum waktunya (30 menit)
|
Selesai tepat waktu (30 menit)
|
Selesai antara 30-35 menit
|
Selesai > 35 menit
|
Percaya diri
|
Sangat PD
|
Cukup PD
|
Kurang PD
|
Tidak PD
|