RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam SabilillahSidoarjo
Kelas / semester :
1 / 1
Tema :
3 (kegiatanku)
Sub Tema : 4
Petemuan ke : …
Alokasi waktu : 1 hari ( 2X35 menit)
·
SKU (Syarat Kecakapan Umum)
-
Dapat menyebutkan sedikitnya 3 hari
besar nasional dan 3 hari besar keagamaan
·
TUJUAN
-
Setelah mengamati kalender pada tahun
tertentu, siswa mampu menyebutkan 3 hari besar nasioanl dengan benar
-
Setelah mengamati gambar macam-macam
agama di Indonesia, siswa mampu menyebutkan 3 hari besar keagaman dengan benar
·
MATERI
-
Hari besar nasional, misalnya:
1.
Peringatan 17 Agustus
2.
Hari buruh nasional
3.
Tahun baru masehi
-
Hari besar keagamaan, misalnya:
1.
Hari raya idul fitri
2.
Hari raya nyepi
3.
Hari raya natal
·
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Demonstrasi
Metode : Ceramah, diskusi,
eksperimen, penugasan.
·
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahu-luan
|
-
Guru
mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-
Berdoa dengan
khusyu’ supaya diberikemudahan dalam belajar hari ini
-
Menyanyikan
yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-
Mengajak
siswa untuk mengamati macam-macam tempat ibadah di Indonesia
-
Guru
mengajukan pertanyaan, misalnya:
1.
Apa nama
hari raya umat islam?
2.
Mengapa
kita harus merayakannya?
3.
Dll
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengajak siswa untuk menyebutkan macam-macam hari raya
beberapa agama di Indonesia berdasarkan gambar tempat ibadah
2.
Siswa memasangkan gambar macam-macam tempat ibadah di
Indonesia
3.
Siswa menyebutkan hari besar nasional dengan mengamati
kelender tahun tertentu
4.
Guru menanyakan “bagaimana sikap kita terhadap orang yang
berbeda agama?” dll
5.
Guru membagikan tugas individu tentang hari besar nasional
dan hari besar keagamaan.
6.
Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
7.
Perwakilan beberapa siswa membacakan jawabannya di depan
kelas
8.
Guru memberikan penilaian jawaban siswa
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini.
-
Guru mengarahkan siswa dengan
memberikan pertanyaan “apa saja yang telah kita pelajari hari ini anak-anak?”
-
Memberikan reward kepada siswa yang
berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
-
Guru berpesan kepada siswa supaya belajar
lebih rajin dan senantiasa menjadi anak yang lebih hebat.
-
Salam penutup.
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN
MEDIA
1.
Gambar macam-macam agama di Indonesia
2.
Kalender masehi
·
PENILAIAN
-
Tes tertulis.
-
Observasi
-
Unjuk kerja.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
NIP: …………………………
|
Guru
Kelas 1,
NIP: …………………………
|
LEMBAR PENILAIAN
“SISWA MAMPU MENYEBUTKAN HARI BESAR NASIONAL DAN HARI
BESAR KEAGAMAAN DENGAN BENAR”
KELAS: 1 …
No
|
Nama
|
Kebenaran jawaban
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Kemandirian
|
Total
|
Skor
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kebenaran jawaban
|
Gambar rapi (4 sisi bendera)
|
Hanya 3 sisi bendera rapi
|
Hanya 2 sisi bendera rapi
|
Hanya 1 sisi bendera rapi
|
Kerapian tulisan
|
Semua tulisan rapi
|
Sebagian besar tulisan rapi
|
Sebagian kecil tulisan rapi
|
Semua tulisan tidak rapi
|
Kemandirian
|
Tanpa bantuan
|
Memerlukan bantuan 1 kali
|
Memerlukan bantuan 2 kali
|
Memerlukan bantuan > 3 kali
|
Waktu
|
Selesai sebelum waktunya (15 menit)
|
Selesai tepat waktu (15 menit)
|
Selesai antara 15-20 menit
|
Selesai > 20 menit
|