-->
RPP Pramuka Bendera Kelas 1 SD MI Semester 1Tema 2 Kegemaranku

RPP Pramuka Bendera Kelas 1 SD MI Semester 1Tema 2 Kegemaranku


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan      :  SD Islam SabilillahSidoarjo
Kelas / semester          :  1 / 1
Tema                           :  2 (kegemaranku)
Sub Tema                    :  3
Petemuan ke                : 
Alokasi waktu             :  1 hari ( 2X35 menit)

·         SKU (Syarat Kecakapan Umum)
-          Dapat menyebutkan arti kiasan warna sang merah putih

·         TUJUAN
-          Setelah mengamati bendera sang merah putih, siswa mampu menyebutkan arti warna bendera tersebut

·         MATERI
Bendera Negara Indonesia berwarna merah putih. Arti merah adalah berani (berani membela kebenaran), sedangkan warna putih adalah suci (bersih/ suci).

·           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Demonstrasi
Metode                : Ceramah, diskusi, eksperimen, penugasan.

·         LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahu-luan
-          Guru mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-          Berdoa dengan khusyu’ supaya diberikemudahan dalam belajar hari ini
-          Menyanyikan yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-          Mengajak siswa untuk mengamati bendera Negara Indonesia yang ada di dalam kelas
-          Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
1.      Siapa yang mempunyai bendera Indonesia?
2.      Untuk apa kita bendera itu?
3.      Dll.
10 menit
Inti
1.      Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Indonesia raya” dan meminta salah satu siswa ke depan untuk memimpin.
2.      Setelah bernyanyi siswa, guru bertanya “apa isi dari lagu tadi?”
3.      Guru menunjukkan bendera Negara Indonesia untuk menggali pertanyaan dari siswa.
4.      Meminta beberapa siswa untuk menuliskan jawabannya di papan tulis
5.      Guru membahas satu persatu jawaban siswa, kemudian memberikan penjelasan tentang arti warna merah putih pada bendera tersebut.
6.      Guru membagikan evaluasi individu “gambarlah bendera Negara Indonesia dengan rapi dan ceritakan pengalaman kalian ketika mengikuti upacara di sekolah”
7.      Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
8.      Perwakilan beberapa siswa membacakan jawabannya di depan kelas
9.      Guru memberikan penilaian jawaban siswa
50 menit
Penutup
-          Secara bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran pada hari ini.
-          Guru mengarahkan siswa dengan memberikan pertanyaan “apa saja yang telah kita pelajari hari ini anak-anak?”
-          Memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
-          Guru berpesan kepada siswa supaya belajar lebih rajin dan senantiasa menjadi anak yang lebih hebat.
-          Salam penutup.
10 menit


·           SUMBER DAN  MEDIA
1.      Bendera merah putih
2.      Buku yang relevan

·         PENILAIAN
-          Tes tertulis.
-          Observasi
-          Unjuk kerja.

Mengetahui,
Kepala Sekolah


NIP: …………………………

Guru Kelas 1,



NIP: …………………………





 



  
                                                         LEMBAR PENILAIAN
“SISWA MAMPU MENYEBUTKAN ARTI KIASAN WARNA MERAH PUTIH”

KELAS: 1 …
No

Nama
Kemampuan menggambar
Kemampuan mewarnai
Kemandirian
Waktu
Percaya diri
Total
Skor




















































































































































































































































































































Kriteria
4
3
2
1
Kemampuan menggambar
Gambar rapi (4 sisi bendera)

Hanya 3 sisi bendera rapi
Hanya 2 sisi bendera rapi
Hanya 1 sisi bendera rapi
Kemampuan mewarnai
Seluruh pewarnaan rapi
Sebagian besar pewarnaan rapi
Sebagian kecil pewarnaan rapi
Seluruh pewarnaan tidak rapi
Kemandirian
Tanpa bantuan
Memerlukan bantuan 1 kali
Memerlukan bantuan 2 kali
Memerlukan bantuan > 3 kali
Waktu  
Selesai sebelum waktunya (15 menit)
Selesai tepat waktu (15 menit)
Selesai antara 15-20 menit
Selesai > 20 menit
Percaya diri
Sangat PD
Cukup PD
Kurang PD
Tidak PD



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar