RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam SabilillahSidoarjo
Kelas / semester :
1 / 1
Tema :
2 (kegemaranku)
Sub Tema : 3
Petemuan ke : …
Alokasi waktu : 1 hari ( 2X35 menit)
·
SKU (Syarat Kecakapan Umum)
-
Dapat menyebutkan arti kiasan warna
sang merah putih
·
TUJUAN
-
Setelah mengamati bendera sang merah
putih, siswa mampu menyebutkan arti warna bendera tersebut
·
MATERI
Bendera Negara Indonesia berwarna merah putih. Arti merah adalah berani
(berani membela kebenaran), sedangkan warna putih adalah suci (bersih/ suci).
·
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Demonstrasi
Metode : Ceramah, diskusi,
eksperimen, penugasan.
·
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahu-luan
|
-
Guru
mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-
Berdoa dengan
khusyu’ supaya diberikemudahan dalam belajar hari ini
-
Menyanyikan
yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-
Mengajak
siswa untuk mengamati bendera Negara Indonesia yang ada di dalam kelas
-
Guru
mengajukan pertanyaan, misalnya:
1.
Siapa yang
mempunyai bendera Indonesia?
2.
Untuk apa
kita bendera itu?
3.
Dll.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Indonesia raya”
dan meminta salah satu siswa ke depan untuk memimpin.
2.
Setelah bernyanyi siswa, guru bertanya “apa isi dari lagu
tadi?”
3.
Guru menunjukkan bendera Negara Indonesia untuk menggali
pertanyaan dari siswa.
4.
Meminta beberapa siswa untuk menuliskan jawabannya di papan
tulis
5.
Guru membahas satu persatu jawaban siswa, kemudian
memberikan penjelasan tentang arti warna merah putih pada bendera tersebut.
6.
Guru membagikan evaluasi individu “gambarlah bendera Negara
Indonesia dengan rapi dan ceritakan pengalaman kalian ketika mengikuti upacara
di sekolah”
7.
Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
8.
Perwakilan beberapa siswa membacakan jawabannya di depan
kelas
9.
Guru memberikan penilaian jawaban siswa
|
50 menit
|
Penutup
|
-
Secara bersama-sama menyimpulkan isi
pembelajaran pada hari ini.
-
Guru mengarahkan siswa dengan
memberikan pertanyaan “apa saja yang telah kita pelajari hari ini anak-anak?”
-
Memberikan reward kepada siswa yang
berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.
-
Guru berpesan kepada siswa supaya belajar
lebih rajin dan senantiasa menjadi anak yang lebih hebat.
-
Salam penutup.
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN
MEDIA
1.
Bendera merah putih
2.
Buku yang relevan
·
PENILAIAN
-
Tes tertulis.
-
Observasi
-
Unjuk kerja.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
NIP: …………………………
|
Guru
Kelas 1,
NIP: …………………………
|
LEMBAR PENILAIAN
“SISWA MAMPU MENYEBUTKAN ARTI KIASAN WARNA MERAH PUTIH”
KELAS: 1 …
No
|
Nama
|
Kemampuan menggambar
|
Kemampuan mewarnai
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Percaya diri
|
Total
|
Skor
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kemampuan menggambar
|
Gambar rapi (4 sisi bendera)
|
Hanya 3 sisi bendera rapi
|
Hanya 2 sisi bendera rapi
|
Hanya 1 sisi bendera rapi
|
Kemampuan mewarnai
|
Seluruh pewarnaan rapi
|
Sebagian besar pewarnaan rapi
|
Sebagian kecil pewarnaan rapi
|
Seluruh pewarnaan tidak rapi
|
Kemandirian
|
Tanpa bantuan
|
Memerlukan bantuan 1 kali
|
Memerlukan bantuan 2 kali
|
Memerlukan bantuan > 3 kali
|
Waktu
|
Selesai sebelum waktunya (15 menit)
|
Selesai tepat waktu (15 menit)
|
Selesai antara 15-20 menit
|
Selesai > 20 menit
|
Percaya diri
|
Sangat PD
|
Cukup PD
|
Kurang PD
|
Tidak PD
|