RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : My Body
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 3 Feb 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
6. Mengungkapkan instruksi
dan informasi sangat sederhana
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
•
B. KOMPETENSI
DASAR
6.2 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : melakukan
perintah
7.1 Membaca
nyaring dengan ucapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan
kata, frase dan kalimat sangat sederhana
8.1 Mengeja tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
C. INDIKATOR
6.1.1 Bercakap-cakap
menggunakan What is it? dan Is it a ...?
7.1.1 Membaca kosakata
anggota tubuh dalam kalimat sederhana dengan ucapan yang tepat
8.1.1 Menulis kosakata anggota
tubuh dari gambar yang tersedia
TUJUAN
•
Disajikan kalimat pertanyaan What is it? dan Is it a ...?, siswa dapat:
· Menyebutkan
bagian-bagian dari anggota tubuh manusia secara lisan
·
Disajikan teks sederhana, siswa dapat:
o
Membaca dengan ucapan yang tepat
·
Disajikan gambar
tentang tubuh manusia, siswa dapat :
·
Menyebutkan bagian-bagian dari anggota tubuh
manusia.
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan apakah mereka dalam keadaan
sehat. Memotivasi siswa supaya selalu bersyukur karena telah dilindungi oleh
Allah SWT dari bencana apapun.
· Guru mengajak anak-anak untuk mengingat lagu my
body sambil memegang anggota tubuh mereka masing-masing.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa bermain dengan petunjuk
“touch your ... , siswa memegang anggota tubuh apa yang diucapkan guru. (mencoba, melakukan, percaya diri)
· Guru memberi contoh dan tanya jawab dengan
menggunakan “What is it?” (elaborasi,
menanya)
· Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi mendengarkan
dengan perintah “touch your ... “ , serta evaluasi berbicara dengan kalimat “what
is it?”
· Siswa
yang lain secara berkelompok mengerjakan soal latihan pada Lembar Kerja Siswa
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang sudah terbiasa merawat
kebersihan anggota tubuhnya sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri
serta meringankan beban orang tua
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu my body, sambil memegang anggota
tubuh mereka masing-masing
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa bermain dengan petunjuk
“what is it?” dan “is it a ...? “ (mencoba,
melakukan, percaya diri).
·
Guru memberikan contoh cara membaca teks
sederhana pada buku paket hal. 85 setelah itu guru mengadakan evaluasi
ketrampilan membaca (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Siswa yang lain mengerjakan latihan di
buku LKS hal 37-38
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
merawat anggota tubuhnya serta selalu rajin belajar.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang my body
secara lisan
(pertemuan ke 1&2)
•
Touch your ... atau memegang anggota
tubuhnya masing-masing (pertemuan ke 1)
•
What is it? siswa menjawab dengan memegang
anggota tubuhnya (pertemuan ke 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Mendengar, Berbicara dan Membaca
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
Evaluasi
ketrampilan mendengar
1.
touch your head
2.
touch your ear
3.
touch your nose
4. touch
your finger
5.
touch your mouth
6.
touch your knee
7.
touch your eye
8.
touch your hand
9.
touch your hair
10.
touch your cheek
Lembar Kerja Siswa
Contoh :
1. I
have one head
Saya mempunyai
satu kepala
2.
I have two eyes
Saya mempunyai dua mata
Buatlah
5 kalimat dengan I have one ... dan 5 kalimat dengan I have two ...
1. ............................... Artinya
...........................
2. .............................. Artinya ...........................
3. .............................. Artinya
...........................
4. .............................. Artinya ...........................
5. .............................. Artinya ...........................
6. .............................. Artinya ...........................
7. .............................. Artinya ...........................
8. .............................. Artinya ...........................
9. .............................. Artinya ...........................
10. .............................. Artinya ...........................
Lembar Kerja Siswa
Contoh :
1. I have one head
Saya
mempunyai satu kepala
2.
I have two eyes
Saya mempunyai dua mata
Buatlah
5 kalimat dengan I have one ... dan 5 kalimat dengan I have two ...
1. ............................... Artinya
...........................
2. .............................. Artinya ...........................
3. .............................. Artinya ...........................
4. .............................. Artinya ...........................
5. .............................. Artinya ...........................
6. .............................. Artinya ...........................
7. .............................. Artinya ...........................
8. .............................. Artinya ...........................
9. .............................. Artinya ...........................
10. .............................. Artinya ...........................
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN BERBICARA & MEMBACA
SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
1A SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan
: berbicara dan membaca teks bacaan
no
|
nama
|
What
is it?
|
Total
|
Nilai
|
5
senses
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
Ade
|
||||||||||
2
|
Dodo
|
||||||||||
3
|
Putri
|
||||||||||
4
|
Rado
|
||||||||||
5
|
Zahra
|
||||||||||
6
|
Ian
|
||||||||||
7
|
Chalista
|
||||||||||
8
|
Mahen
|
||||||||||
9
|
Dimas
|
||||||||||
10
|
Esti
|
||||||||||
11
|
Azka
|
||||||||||
12
|
Felda
|
||||||||||
13
|
Akbar
|
||||||||||
14
|
Intan
|
||||||||||
15
|
Hanum
|
||||||||||
16
|
Iyyak
|
||||||||||
17
|
Fira
|
||||||||||
18
|
Lani
|
||||||||||
19
|
Farrel
|
||||||||||
20
|
Daffa
|
||||||||||
21
|
Hafizh
|
||||||||||
22
|
Nabila
|
||||||||||
23
|
Nadin
|
||||||||||
24
|
Nauval
|
||||||||||
25
|
Vala
|
||||||||||
26
|
Rafi
|
||||||||||
27
|
Azan
|
||||||||||
28
|
Nana
|
||||||||||
29
|
Talitha
|
||||||||||
30
|
Ata
|
||||||||||
31
|
Zaki
|
||||||||||
32
|
Zephy
|
||||||||||
33
|
Amel
|
||||||||||
34
|
Najwa
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 =
kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN BERBICARA & MEMBACA
SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
1B SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan
: berbicara & membaca teks bacaan
no
|
nama
|
What
is it?
|
Total
|
Nilai
|
5
senses
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
Abbie
|
||||||||||
2
|
Rama
|
||||||||||
3
|
Wulan
|
||||||||||
4
|
Angel
|
||||||||||
5
|
Chika
|
||||||||||
6
|
Dinda
|
||||||||||
7
|
Emma
|
||||||||||
8
|
Tia
|
||||||||||
9
|
Aya
|
||||||||||
10
|
Chacha
|
||||||||||
11
|
Dela
|
||||||||||
12
|
Fiona
|
||||||||||
13
|
Baim
|
||||||||||
14
|
Ivan
|
||||||||||
15
|
Lintang
|
||||||||||
16
|
Reza
|
||||||||||
17
|
Lina
|
||||||||||
18
|
Daffa
|
||||||||||
19
|
Fachri
|
||||||||||
20
|
Firhan
|
||||||||||
21
|
Haris
|
||||||||||
22
|
Haykal
|
||||||||||
23
|
Nadhif
|
||||||||||
24
|
Raffi
|
||||||||||
25
|
Naya
|
||||||||||
26
|
Syasa
|
||||||||||
27
|
Rasyid
|
||||||||||
28
|
Rayhan
|
||||||||||
29
|
Rena
|
||||||||||
30
|
Silvia
|
||||||||||
31
|
Yuda
|
||||||||||
32
|
Yudhit
|
||||||||||
33
|
Filla
|
||||||||||
34
|
Zaki
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 =
kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1