-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY FAMILY 3rd week KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY FAMILY 3rd week KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          :  1 / 2
Tema / topik                 :  My Family
Alokasi waktu              :  2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal                :  Minggu ke 3 Maret 2014

A. STANDAR KOMPETENSI
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
7. Memahami tulisan bahasa I\nggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

          B. KOMPETENSI DASAR
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : melakukan perintah
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

C. INDIKATOR
6.1.1 Bertanya dan menjawab pertanyaan tentang nama anggota keluarga
7.1.1 Membaca dengan nyaring dan tepat

TUJUAN
          Disajikan pertanyaan Who is your ... (father, mother, brother, sister)? , siswa dapat:
       Menjawab dengan My father/mother/brother/sister is ...
                     Disajikan teks sederhana tentang my family, siswa dapat:
       Membacanya secara nyaring dan tepat

            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture and Picture


            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
            Pertemuan ke 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan soal UTS yang dirasa sulit bagi siswa. Memotivasi siswa supaya tidak melupakan materi yang sudah lalu.
·      Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan lagu my family
10 menit
Inti

·        Guru mengajak  siswa mengingat kosakata tentang my family dalam bentuk tulisan. Siswa secara acak maju satu per satu untuk menuliskan jawaban mereka di papan tulis. (mencoba, melakukan, percaya diri)
·      Tanya jawab secara klasikal tentang jawaban tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya) Kemudian membacanya secara bersama-sama.
·      Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca.
·      Guru meminta siswa mengambil buku paket dan membuka hal.90. Guru memberi contoh membacanya dengan pengucapan yang benar. Siswa menirukannya. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·      Siswa yang lain mengerjakan paket hal 91 dan LKS hal 40-42, serta beberapa soal dari guru   (santun, percaya diri)

40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar sebagai bukti menyayangi orang tua.
       Mengucapkan terima kasih dan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
10 menit





Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengingatkan kembali dan mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu my family
10 menit
Inti

·           Guru mengajak  siswa bermain peran. Guru menunjuk beberapa siswa maju kedepan, kemudian memberi label anggota keluarga pada mereka. Guru memberi contoh dan membimbing siswa dengan menanyakan Who is your father? Siswa yang memakai “brother/sister” menjawab My father is .... (nama siswa yang memakai “father”) (mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru memberikan catatan tentang Who is your ....  (father/mother/brother/sister/etc)? serta cara menjawabnya My (father/mother/brother/sister/etc) is .... Beserta arti dan cara membacanya. Siswa menirukan cara pengucapannya, kemudian menyalinnya di buku catatan. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·           Siswa secara berpasangan mengadakan percakapan menanyakan nama anggota keluarga

40 menit
Penutup
       Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

            SUMBER DAN  MEDIA
          Disajikan teks lagu tentang my family secara tertulis (pertemuan ke 1 dan ke 2)
          Disajikan teks bacaan di buku paket hal 90 (pertemuan ke 1)

            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
          Ketrampilan Membaca dan Berbicara

Catatan:
Who is your father? Artinya siapa nama ayahmu?
            My father is Mr. ....  ( ayahku adalah Pak ... )
Who is your mother? Artinya siapa nama ibumu?
            My mother is Mrs. ... ( ibuku adalah Bu ... )
Who is your brother? Artinya siapa nama saudara laki-lakimu?
            My brother is ...  ( saudara laki-lakiku adalah ... )
Who is your sister? Artinya siapa nama saudara perempuanmu?
            My sister is ...   ( saudara perempuanku adalah ... )


Koordinator jenjang kelas 1,2                                                                   Guru Bahasa Inggris kelas 1


(Siti Annisatun Nadziroh, S.E)                                                                        (Meinar Arika Prihanani, S.S)

                                                                                        Mengetahui,
                                                                                      Kepala Sekolah

                                                                  (Dra. Nurul Choirul Niswatin )




DAFTAR NILAI KETRAMPILAN MEMBACA & BERBICARA SISWA
MUATAN BAHASA INGGRIS
KELAS 1 SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Kegiatan : membaca teks bacaan dan berbicara
no
nama
Things at school
Total
Nilai
Classroom
Total
Nilai
P
I
F


P
I
F


1
Ade










2
Dodo










3
Putri










4
Rado










5
Zahra










6
Ian










7
Chalista










8
Mahen










9
Dimas










10
Esti










11
Azka










12
Felda










13
Akbar










14
Intan










15
Hanum










16
Iyyak










17
Fira










18
Lani










19
Farrel










20
Daffa










21
Hafizh










22
Nabila










23
Nadin










24
Nauval










25
Vala










26
Rafi










27
Azan










28
Nana










29
Talitha










30
Ata










31
Zaki










32
Zephy










33
Amel










34
Najwa











Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar