RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : My Family
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 3
Maret 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
6. Mengungkapkan instruksi
dan informasi sangat sederhana
7. Memahami tulisan bahasa
I\nggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
•
B. KOMPETENSI
DASAR
6.2 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : melakukan
perintah
7.1 Membaca nyaring dengan
ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana.
C. INDIKATOR
6.1.1 Bertanya dan menjawab
pertanyaan tentang nama anggota keluarga
7.1.1 Membaca dengan
nyaring dan tepat
TUJUAN
•
Disajikan pertanyaan Who is your ...
(father, mother, brother, sister)? , siswa dapat:
• Menjawab
dengan My father/mother/brother/sister is ...
•
Disajikan teks sederhana tentang my
family, siswa dapat:
• Membacanya
secara nyaring dan tepat
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan soal UTS yang dirasa sulit bagi
siswa. Memotivasi siswa supaya tidak melupakan materi yang sudah lalu.
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu my family
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa mengingat kosakata
tentang my family dalam bentuk tulisan. Siswa secara acak maju satu per satu untuk
menuliskan jawaban mereka di papan tulis. (mencoba, melakukan, percaya diri)
· Tanya jawab secara klasikal tentang jawaban
tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi,
menanya) Kemudian membacanya secara bersama-sama.
· Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi
membaca.
· Guru meminta
siswa mengambil buku paket dan membuka hal.90. Guru memberi contoh membacanya dengan pengucapan yang benar. Siswa
menirukannya. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
· Siswa
yang lain mengerjakan paket hal 91 dan LKS hal 40-42, serta beberapa soal
dari guru (santun, percaya diri)
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
rajin belajar sebagai bukti menyayangi orang tua.
•
Mengucapkan terima kasih dan menutup
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengingatkan kembali dan mengajak anak-anak
untuk menyanyikan lagu my family
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa bermain peran. Guru menunjuk beberapa
siswa maju kedepan, kemudian memberi label anggota keluarga pada mereka. Guru
memberi contoh dan membimbing siswa dengan menanyakan Who is your father? Siswa
yang memakai “brother/sister” menjawab My father is .... (nama siswa yang
memakai “father”) (mencoba, melakukan,
percaya diri).
·
Guru memberikan catatan tentang Who is
your .... (father/mother/brother/sister/etc)?
serta cara menjawabnya My (father/mother/brother/sister/etc)
is .... Beserta arti dan cara membacanya. Siswa menirukan cara pengucapannya,
kemudian menyalinnya di buku catatan. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Siswa secara berpasangan mengadakan
percakapan menanyakan nama anggota keluarga
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang my family
secara tertulis
(pertemuan ke 1 dan ke 2)
•
Disajikan teks bacaan di buku paket hal 90 (pertemuan ke 1)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Membaca dan Berbicara
Catatan:
Who is
your father? Artinya siapa nama ayahmu?
My father is Mr. .... ( ayahku adalah Pak ... )
Who is
your mother? Artinya siapa nama ibumu?
My mother is Mrs. ... ( ibuku adalah
Bu ... )
Who is
your brother? Artinya siapa nama saudara laki-lakimu?
My brother is ... ( saudara laki-lakiku adalah ... )
Who is
your sister? Artinya siapa nama saudara perempuanmu?
My sister is ... ( saudara perempuanku adalah ... )
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN MEMBACA &
BERBICARA SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
1… SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan
: membaca teks bacaan dan berbicara
no
|
nama
|
Things
at school
|
Total
|
Nilai
|
Classroom
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
Ade
|
||||||||||
2
|
Dodo
|
||||||||||
3
|
Putri
|
||||||||||
4
|
Rado
|
||||||||||
5
|
Zahra
|
||||||||||
6
|
Ian
|
||||||||||
7
|
Chalista
|
||||||||||
8
|
Mahen
|
||||||||||
9
|
Dimas
|
||||||||||
10
|
Esti
|
||||||||||
11
|
Azka
|
||||||||||
12
|
Felda
|
||||||||||
13
|
Akbar
|
||||||||||
14
|
Intan
|
||||||||||
15
|
Hanum
|
||||||||||
16
|
Iyyak
|
||||||||||
17
|
Fira
|
||||||||||
18
|
Lani
|
||||||||||
19
|
Farrel
|
||||||||||
20
|
Daffa
|
||||||||||
21
|
Hafizh
|
||||||||||
22
|
Nabila
|
||||||||||
23
|
Nadin
|
||||||||||
24
|
Nauval
|
||||||||||
25
|
Vala
|
||||||||||
26
|
Rafi
|
||||||||||
27
|
Azan
|
||||||||||
28
|
Nana
|
||||||||||
29
|
Talitha
|
||||||||||
30
|
Ata
|
||||||||||
31
|
Zaki
|
||||||||||
32
|
Zephy
|
||||||||||
33
|
Amel
|
||||||||||
34
|
Najwa
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 =
kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1