RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : My Family
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4x35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 4
Maret 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
A. STANDAR KOMPETENSI
5.
Memahami kata bahasa Inggris sederhana yang diucapkan orang lain.
8.
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks
kelas
•
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi dalam berbagai
permainan
8.1
Mengeja tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima.
C. INDIKATOR
5.1.1
Menyebutkan kosakata anggota keluarga setelah mendengarkannya
8.1.1
Menyebutkan kosakata anggota keluarga
dari gambar yang ada
TUJUAN
•
Disajikan teks sederhana tentang my
family, siswa dapat:
• Mengingat
kembali kosakata anggota keluarga
•
Disajikan teks sederhana dengan beberapa
gambar , siswa dapat:
• Menuliskan
kosakata anggota keluarga yang dimaksud
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan apa saja yang sudah siswa
lakukan hari ini kepada keluarga mereka sendiri, untuk membangun kecintaan
mereka kapada keluarga mereka.
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu my family
· Guru mengingatkan kembali bagaimana menjawab
pertanyaan Who is my father/mother/brother/sister/etc?
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa mengingat kosakata
tentang my family dengan permainan. Siswa secara acak maju satu per satu untuk
memilih salah satu kartu tentang anggota keluarga dari sebuah kalimat yang
diucapkan guru. (mencoba, melakukan,
percaya diri)
· Siswa mencoba mengerjakan soal latihan di buku
paket/LKS hal.41 tentang listening test, dengan bimbingan guru.
Membetulkan jawaban siswa jika ada yang salah (mencoba,
melakukan, konfirmasi)
· Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi
mendengar.
· Guru membagikan
lembar jawaban siswa kemudian membacakan 2x teks sederhana tentang my family. Siswa mendengarkan dan menyimaknya. (percaya diri, tanggung jawab, santun)
· Guru
membacakan soal beberapa kali, siswa tinggal memilih jawaban pada lembar
jawaban (tanggung jawab, santun, percaya diri)
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
rajin belajar dan memberitahukan pertemuan berikutnya adalah evaluasi menulis
•
Mengucapkan terima kasih dan menutup
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengingatkan kembali dan mengajak anak-anak
untuk menyanyikan lagu my family
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru menunjukkan
beberapa gambar tentang anggota keluarga kemudian menanyakan sebutan untuk
anggota keluarga tersebut.. Salah satu siswa menjawab dan siswa-siswa yang
lain memberikan tanggapan.Guru memberikan petunjuk apabila jawaban mereka
kurang tepat. Contohnya gambar orang laki-laki dewasa, bisa saja itu
father/uncle. Tetapi laki-laki tua pasti itu grandfather. Begitu seterusnya (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Guru menginformasikan akan mengadakan
evaluasi menulis
·
Guru membagikan lembar soal menulis
kemudian membacakan teks bacannya, siswa mengerjakan
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu my family
secara lisan
(pertemuan ke 1 dan ke 2)
•
Flash card tulisan tentang anggota
keluarga (pertemuan ke 1)
•
Flash card gambar tentang anggota keluarga
(pertemuan ke 2)
•
Disajikan teks sederhana sebagai evaluasi
mendengar (pertemuan ke 1)
•
Disajikan teks sederhana bergambar sebagai
evaluasi menulis (pertemuan ke 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Mendengar dan Menulis
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra.
Nurul Choirul Niswatin )
Listening Test My Family
Hello my name is
Azam
I have a lovely
family.
My grandfather and
grandmother have two children.
They are Mr. Syarif
and Mr. Syawal.
Mr. Syarif is my
father and Mr. Syawal is my uncle.
Mr. Seno is my
grandfather and Mrs. Sekar is my grandmother.
My father has a
wife and she is my mother.
My uncle has a wife
and she is my aunt.
My mother is Mrs.
Refa and my aunt is Mrs. Wuri.
I have two brothers
and one sister.
My brothers are
Arjun and Arfan.
My sister is
Azalia.
Soal
1. Azam has a lovely family
1. a. father b. family c. grandfather
2. and 3. Mr. Syarif is my father and Mr. Syawal is my
uncle.
2. a. father b. grandfather c. brother
3. a. father b. uncle c. brother
4 and 5 Mr. Seno is my grandfather and Mrs. Sekar is my
grandmother.
4. a. father b. brother c. grandfather
5. a. mother b. sister c.
grandmother
6. and 7. My mother is Mrs. Refa and my aunt is Mrs.
Wuri.
6. a. grandmother b. mother c. sister
7. a. aunt b. mother c. sister
8. My brothers are Arjun and Arfan
8. a. brothers b. brother c.
sister
9. So, Arjun is my brother.
9. a. brothers b. brother c.
sister
10. My sister is Azalia
10. a. brothers b. brother c.
sister
Lembar
Jawaban
Listening Test My Family
1. a. father b. family c. grandfather
2. a. father b. grandfather c. brother
3. a. father b. uncle c. brother
4. a. father b. brother c. grandfather
5. a. mother b. sister c.
grandmother
6. a. grandmother b. mother c. sister
7. a. aunt b. mother c. sister
8. a. brothers b. brother c.
sister
9. a. brothers b. brother c.
sister
10. a. brothers b. brother c.
siste
I love my family very much.