-->
RPP Bahasa Inggris Tema Fruits 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Fruits 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Fruits
                                                Pertemuan ke / minggu         :  5-6 / ke 4
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.13 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
4.13.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang buah-buahan
4.16.1 Menyusun kata menjadi kalimat tentang buah-buahan

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa menanyakan buah yang disukai orang lain dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyusu kalimat tentang buah-buahan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

 
 Pertemuan 1                                       Fruit Description


The rind colour            : warna kulit
The flesh colour          : warna daging buah
Shape                          : bentuk (circle, oval)
Size                             : ukuran (big, small)
Seed                            : biji (one, many)
Taste                            : rasa (sweet, sour)




E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Gambar-gambar buah                             
        Kamus                

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru memotivasi siswa supaya menyukai bermacam-macam buah-buahan yang ada karena banyak memiliki kandungan vitamin bagi kesehatan manusia.
10 menit
Inti

·        Guru mengadakan guesting game tentang macam-macam buah-buahan dengan memberikan petunjuk warna kulit serta daging buah, bentuk, ukuran, jumlah biji, serta rasanya. (menanya, mencoba, percaya diri, santun)
·      Guru mengulas lagi tentang arti serta penggunaan: There is, there are, do, does, some, a bunch of, buy, bring, sweet, sour. Guru memberikan latihan secara lisan. (elaborasi, mengkomunikasikan, mencoba, percaya diri, santun)
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis yaitu dengan menyusun acak kata menjadi kalimat yang tepat. Serta mengubah kalimat bahasa Indonesia kedalam kalimat Bahasa Inggris..
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
(mencoba, percaya diri, santun)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara mandiri.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit



Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru memberikan tebak-tebakan dengan mendeskripsikan buah berdasarkan bentuk, ukuran, warna kulit dan daging buah, biji, dan rasanya.
10 menit
Inti

·           Siswa mengerjakan soal Penilaian Harian tema Fruits.
( mencoba, melakukan, percaya diri, santun)
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·        Guru memberitahukan bahwa pertemuan berikutnya hanya tinggal review persiapan UKK.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

H. Penilaian
- Pertemuan 1  : Writing Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Menulis
Tema : Fruits

No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10








Rubrik Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema :  Fruits
Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit












Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah





                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Soal Writing Test “Fruits”:
1-5 Arrange into a good sentence!
1. bunch – There – of – a – is – lychee.
2. apples – do – some – not – I – have.
3. like - ? – fruit – do – What – you.
4. is – The – of – taste – sweet – dragonfruit.
5. pineapples – bananas – My – buys – and – mother – of – a – some – bunch.
6-10 Translate into Engish!
6. Apa buah yang kamu suka?
7. Apakah kamu suka belimbing?
8. Bibiku membawa beberapa maggis dan seikat kelengkeng.
9. Ibuku membeli beberapa manggis dan mangga.
10. Nenekku tidak membeli sebuah semangka.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar