RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Fruits
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Mengeja dan
menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.13
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16
Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.13.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang
buah-buahan
4.16.1 Menyusun kata menjadi kalimat tentang
buah-buahan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa menanyakan buah yang disukai orang lain dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusu kalimat tentang buah-buahan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
The rind colour :
warna kulit
The flesh colour :
warna daging buah
Shape :
bentuk (circle, oval)
Size :
ukuran (big, small)
Seed :
biji (one, many)
Taste :
rasa (sweet, sour)
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
buah
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
siswa supaya menyukai bermacam-macam buah-buahan yang ada karena banyak
memiliki kandungan vitamin bagi kesehatan manusia.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengadakan
guesting game tentang macam-macam buah-buahan dengan memberikan petunjuk
warna kulit serta daging buah, bentuk, ukuran, jumlah biji, serta rasanya. (menanya, mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru mengulas
lagi tentang arti serta penggunaan: There is, there are, do, does, some, a
bunch of, buy, bring, sweet, sour. Guru memberikan latihan secara lisan. (elaborasi, mengkomunikasikan, mencoba,
percaya diri, santun)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis yaitu dengan menyusun acak
kata menjadi kalimat yang tepat. Serta mengubah kalimat bahasa Indonesia
kedalam kalimat Bahasa Inggris..
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung
jawab, santun)
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
(mencoba, percaya diri, santun) |
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang
terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling
menghormati, menyayangi, membantu dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan
yang mungkin untuk dilakukan secara mandiri.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memberikan
tebak-tebakan dengan mendeskripsikan buah berdasarkan bentuk, ukuran, warna
kulit dan daging buah, biji, dan rasanya.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa mengerjakan
soal Penilaian Harian tema Fruits.
( mencoba, melakukan, percaya diri, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan bahwa pertemuan berikutnya hanya tinggal review persiapan UKK.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 1 : Writing Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Menulis
Tema : Fruits
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Rubrik Keterampilan
Menulis Bahasa Inggris
Tema : Fruits
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi
dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Writing Test “Fruits”:
1-5 Arrange into a good sentence!
1.
bunch – There – of – a – is – lychee.
2.
apples – do – some – not – I – have.
3.
like - ? – fruit – do – What – you.
4.
is – The – of – taste – sweet – dragonfruit.
5.
pineapples – bananas – My – buys – and – mother – of – a – some – bunch.
6-10 Translate into Engish!
6.
Apa buah yang kamu suka?
7.
Apakah kamu suka belimbing?
8.
Bibiku membawa beberapa maggis dan seikat kelengkeng.
9.
Ibuku membeli beberapa manggis dan mangga.
10.
Nenekku tidak membeli sebuah semangka.