RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Introduction
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 4
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
sekolah
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
4.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterina dalam konteks kelas dan dalam berbagai
permainan.
4.2 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
sacara berterima.
Indikator:
4.1.1 Mendengarkan dan memilih kosakata tentang perkenalan
4.2.1 Mengucapkan kembali kalimat dalam Bahasa
Inggris tentang perkenalan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui
cara memperkenalkan diri dan temannya dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa dapat memperkenalkan diri dan temannya
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Easy
English Learning page 3 & 6
Language
form:
-
What
is your name?
-
Siapa namamu?
-
How
old are you?
Berapa umurmu?
-
What
is his name?
-
Siapa namanya? (untuk laki-laki)
-
What
is her name?
-
Siapa namanya? (untuk perempuan)
-
How
old is he?
-
Berapa umurnya? (untuk laki-laki)
-
How
old is she?
-
Berapa umurnya? (untuk perempuan)
Pertemuan 2
Easy
English Learning page 6&7
Vocabulary:
Boy :
anak laki-laki
Man : laik-laki dewasa
Girl :
anak perempuan
Woman : perempuan dewasa
Age :
umur
Complete name: nama lengkap
Nick name : nama
panggilan
Introduce :
memperkenalkan
|
||
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
-
Buku siswa
-
Buku
penunjang dari guru
-
Lagu
tentang introduction
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan terkait dengan “manusia/orang” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada
Tuhan karena
diciptakan sebagai manusia.
•
Menyampaikan tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu Brother John sebagai awal kegiatan. Kemudian guru mengubah syair lagunya
menjadi what is your name? 2x, siapa namamu? 2x, How old are you? 2x, berapa
umurmu? 2x. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja kalimat pertanyaan
dalam lagu tersebut?
• Apa kegunaan
kalimat-kalimat tersebut?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru membacakan percakapan pada Buku paket Easy English Learning halaman
3. Siswa menyimak kemudian menirukan.
Siswa dengan bimbingan guru dapat memahami isi percakapan tersebut. (mengamati,
mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa bersama guru membahas kalimat-kalimat untuk memperkenalkan
diri dan teman. Guru menambahkan beberapa kalimat pertanyaan untuk
memperkenalkan teman. (mengkomunikasikan)
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan
mereka.
7. Siswa berlatih
secara lisan dengan bimbingan guru dalam memperkenalkan diri dan teman supaya lebih
memahami materi. Guru juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat daya serap
siswa terhadap materi.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru memberikan
reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan “apakah hari ini sudah mengucap salam dan menyapa guru maupun teman?”
•
Menyampaikan tujuan atau menfaat materi
pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa bersama guru menyanyikan lagu Brother John yang liriknya sudah diubah sebagai awal kegiatan sekaligus mengingatkan materi kembali. (mengamati)
2. Siswa berlatih bertanya dan menjawab beberapa kalimat perkenalan seperti
What is your name?, What is his name?, What is her name?, How old are you?
How old is he?, How old is she? dengan
teman secara acak dan bergantian. (mencoba)
3. Guru menstimulus siswa untuk mengenal perbedaan nama lengkap dan
panggilan serta perbedaan laki-laki dan perempuan. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba, mengumpulkan
informasi)
4. Guru
menjelaskan perbedaan boy, man, girl, woman, complete name dan nick name. (mengkomunikasikan)
5. Guru membimbing siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal pada buku
paket hal.6-7. Siswa secara acak bergatian untuk berlatih
menjawab. (mencoba)
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
- Teknik
Penilaian
-
Keterampilan : Tes Berbicara
-
Skala sikap
Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa
Inggris
Tema
: Introduction
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||||
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
||||||
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancer
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
||||||
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
||||||
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
||||||
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
||||||
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai
= jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 3,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal latihan:
Buku paket hal 6-7:
1. What is your name? My name is ... / I am ...
2. What is her name? She is ...
3. What is his name? He is ...
1. How old are you? I am ... years old.
2. How old is she? She is ... years old.
3. How old is he? He is ... years old.
1. I am a ...
2. She is a ... (
girl )
3. He is a ... (
boy )