-->
RPP Bahasa Inggris Tema Introduction 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Introduction 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  3 (Tiga) / 1 (Satu)
                               Tema / topik                    :  Introduction
                               Pertemuan ke / minggu  :  3-4 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)

A.    Standar Kompetensi

3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.3 Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima yang melibatkan; kata frase, dan kalimat sangat sederhana
4.4 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
4.3.1   Membaca bacaan tentang perkenalan
      4.4.1   Menyusun kalimat menjadi bacaan tentang perkenalan

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengucapkan kosakata perkenalan dengan percaya diri
2.   Dengan memperhatikan contoh guru, siswa dapat membuat teks perkenalan dengan benar

D.    Materi Pembelajaran

   Pertemuan 1
Text on page 9
Hello, I am Nova.
My complete name is Nova Kurnia.
I am 8 years old.
My best friend’s name is Farida.
She is 8 years old, too.
My father’s name is Gunadi.
My mother’s name is Zainatun.
My brother’s name is Dayat.
He is 15 years old.
How about you?
What is your name?
How old are you?

Answer the questions!
1. What is her complete name?
2. How old is she?
3. What is her mother’s name?
4. What is her brother’s name?
5. How old is he?                                                                                                
                                                                                                         






 Pertemuan 2
-          Hello, ...
-          My complete name is ...
-          My nick name is ...
-          I am ... years old.
-          I am a ...  (boy/girl)
-          My father’s name is ...
-          My mother’s name is ...
-          My brother’s name is ...
-          My sister’s name is ...



      

                                                                                              


        
                                   
                                                                                                                        












E. Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan


F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Kartu kata
Kamus                            
                                        
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Memotivasi siswa supaya selalu sopan dan santun kepada siapapun, baik kepada sesama teman maupun orang tua dan para guru.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.      Siswa diajak mengingat kembali macam-macam kalimat perkenalan dengan menyanyikan lagu secara bersama-sama maupun bergatian. (mengamati)
2.      Guru menstimulus siswa untuk menjawab pertanyaan tentang nama dan umur. (menanya).
3. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan latihan pada paket hal 7.  (mencoba)
4. Guru membacakan bacaan pada hal 9. Kemudian guru membaca dan siswa menirukan cara membaca dengan pengucapan yang benar. Siswa menirukan secara klasikal. (mengkomunikasikan)
5. Siswa secara acak maju untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan dibawah bacaan tersebut. (mencoba)
6. Siswa membuat bacaan tentang perkenalan dirinya sendiri dengan contoh dari bacaan yang telah dibaca tadi.  (mencoba).
7. Setelah selesai, guru memberikan latihan soal menyusun kalimat tentang perkenalan. (mencoba)

50 menit
Penutup

    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru memberitahukan tentang materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah test menulis teks tentang perkenalan.
    Guru memotivasi supaya mempelajarinya dengan tekun dirumah.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

10 Menit




Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.  Siswa diajak bermain menyusun kata. Guru sudah menyiapkan kartu kata. Kemudian guru mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia. Siswa secara acak diminta untuk maju untuk menyusunnya kedalam bahasa Inggris. Guru memberikan reward bagi siswa yang berhasil menyusun kalimat serta memotivasi siswa yang kurang mampu.  Guru meminta siswa untuk memperhatikan susunan teks bacaan tersebut.  (mengamati)
2.  Guru menstimulus siswa untuk bertanya dari bacaan yang telah disusun oleh teman-temannya tersebut. Guru mengarahkan supaya siswa mampu membuat kalimat pertanyaan yang baik. Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya atau berpendapat. (menanya).
3. Guru memberitahukan akan mengadakan test keterampilan menulis seperti bacaan yang tadi telah disusun. Urutannya adalah menyapa (Hello... / Hi ... ), menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, umur, jenis kelamin, nama orang tua serta nama saudara (kalau ada) (mengkomunikasikan)
4. Guru mengajak siswa secara acak untuk berlatih bertanya dan menjawab dengan ketiga pertanyaan tersebut secara lisan maupun secara tertulis. (mencoba)

50 menit
Penutup

    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
    Guru memberitahuan pertemuan berikutnya masih akan melanjutkan materi tentang binatang.
    Guru menekankan kepada siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

10 Menit



H. Penilaian:
            1. Tulisan       : test menulis ( writing test )




Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Introduction
No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5








Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit




Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                 NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP
















                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE



Teks untuk keterampilan menulis:
Hello, I am ...
My complete name is ...
My nick name is ...
I am ... years old.
I am a ...
My father’s name is ...
My mother’s name is ...
My brother’s name is ...
My sister’s name is ...

Soal latihan mengartikan kalimat perkenalan:
1. How old is he?
2. What is his name?
3. Her nick name is Ivon.
4. She is 9 years old.
5. He is a boy.

Jawaban:
1. Berapa umurnya laki-laki itu?
2. Siapa nama laki-laki itu?
3. Nama panggilan perempuan itu adalah Ivon.
4. Dia perempuan berumur 9 tahun.
5. Dia adalah anak laki-laki.

 





Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar