RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Introduction
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks sekolah
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
4.3 Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima
yang melibatkan; kata frase, dan kalimat sangat sederhana
4.4 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan
berterima
Indikator:
4.3.1 Membaca bacaan tentang perkenalan
4.4.1 Menyusun kalimat
menjadi bacaan tentang perkenalan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengucapkan kosakata perkenalan dengan
percaya diri
2. Dengan
memperhatikan
contoh guru, siswa dapat membuat teks perkenalan dengan benar
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Text on page 9
Hello, I am Nova.
My complete name is Nova
Kurnia.
I am 8 years old.
My best friend’s name is
Farida.
She is 8 years old, too.
My father’s name is Gunadi.
My mother’s name is Zainatun.
My brother’s name is Dayat.
He is 15 years old.
How about you?
What is your name?
How old are you?
Answer the questions!
1. What is her complete name?
2. How old is she?
3. What is her mother’s name?
4. What is her brother’s name?
5. How old is he?
-
Hello,
...
-
My
complete name is ...
-
My
nick name is ...
-
I am
... years old.
-
I am
a ... (boy/girl)
-
My
father’s name is ...
-
My mother’s
name is ...
-
My
brother’s name is ...
-
My
sister’s name is ...
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu kata
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Memotivasi siswa supaya selalu sopan dan santun kepada
siapapun, baik kepada sesama teman maupun orang tua dan para guru.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak mengingat kembali
macam-macam kalimat perkenalan dengan menyanyikan lagu secara bersama-sama
maupun bergatian. (mengamati)
2.
Guru menstimulus
siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang nama dan umur. (menanya).
3. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan latihan pada paket
hal 7. (mencoba)
4. Guru
membacakan bacaan pada hal 9. Kemudian guru membaca dan siswa menirukan cara
membaca dengan pengucapan yang benar. Siswa menirukan secara klasikal. (mengkomunikasikan)
5. Siswa secara acak maju untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan
dibawah bacaan tersebut. (mencoba)
6. Siswa membuat bacaan tentang perkenalan dirinya sendiri
dengan contoh dari bacaan yang telah dibaca tadi. (mencoba).
7. Setelah
selesai, guru memberikan latihan soal menyusun kalimat tentang perkenalan. (mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah test menulis teks tentang perkenalan.
•
Guru memotivasi
supaya mempelajarinya dengan tekun dirumah.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa
diajak bermain menyusun
kata. Guru sudah menyiapkan kartu kata. Kemudian guru mengucapkan sebuah
kalimat dalam bahasa Indonesia. Siswa secara acak diminta untuk maju untuk menyusunnya
kedalam bahasa Inggris. Guru memberikan reward bagi siswa yang berhasil
menyusun kalimat serta memotivasi siswa yang kurang mampu. Guru meminta siswa untuk memperhatikan susunan teks
bacaan tersebut. (mengamati)
2. Guru menstimulus siswa untuk bertanya dari bacaan yang telah disusun
oleh teman-temannya tersebut. Guru mengarahkan supaya siswa mampu membuat
kalimat pertanyaan yang baik. Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin
bertanya atau berpendapat. (menanya).
3. Guru memberitahukan akan mengadakan test keterampilan menulis seperti
bacaan yang tadi telah disusun. Urutannya adalah menyapa (Hello... / Hi ...
), menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, umur, jenis kelamin, nama orang
tua serta nama saudara (kalau ada) (mengkomunikasikan)
4. Guru
mengajak siswa secara acak untuk berlatih bertanya dan menjawab dengan ketiga
pertanyaan tersebut secara lisan maupun secara tertulis. (mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya masih akan melanjutkan materi tentang binatang.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Penilaian:
1. Tulisan : test menulis ( writing test )
Rubrik Penilaian Keterampilan
Menulis Bahasa Inggris
Tema : Introduction
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit
untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 3,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Teks untuk keterampilan menulis:
Hello, I am ...
My complete name is ...
My nick name is ...
I am ... years old.
I am a ...
My father’s name is ...
My mother’s name is ...
My brother’s name is ...
My sister’s name is ...
Soal latihan mengartikan kalimat perkenalan:
1. How old is he?
2. What is his name?
3. Her nick name is Ivon.
4. She is 9 years old.
5. He is a boy.
Jawaban:
1. Berapa umurnya laki-laki itu?
2. Siapa nama laki-laki itu?
3. Nama panggilan perempuan itu adalah Ivon.
4. Dia perempuan berumur 9 tahun.