RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Fruits
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
6. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
7. Memahami
tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.14 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui,
menyangkal dan meminta kejelasan
4.15
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
Indikator:
4.14.1
Bercakap-cakap menggunakan istilah buah-buahan dengan kalimat sederhana
4.15.1 Memahami bacaan atau kalimat pertanyaan
tentang buah-buahan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa menanyakan buah yang disukai orang lain dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat memahami bacaan tentang buah-buahan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Have/Has artinya mempunyai.
Have dipakai apabila mengikuti subject I / You / They /
We
Has dipakai apabila mengikuti subject He / She / It
Contoh: Saya mempunyai sebuah semangka.
I
have a watermelon.
Ibu
mempunyai beberapa jeruk.
Mother
has some oranges.
Pertemuan
2
Apakah
... suka ... ?
Do
you like banana? Yes,
I do / No, I do not.
Do
they like apple? Yes,
they do / No, they do not.
Does
he like mango? Yes, he does / No,
he does not.
Does
she like guava? Yes,
she does / No, she does not.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
buah
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
siswa supaya menyukai bermacam-macam makanan yang ada. Hal ini sebagai rasa
syukur kita kepada Allah SWT karena telah dikaruniai berbagai macam makanan
baik buah, sayur, ikan maupun daging.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya tentang
have/has, mengenai arti, serta pemakaiannya. Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya. (menanya, mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru meminta
siswa secara bergantian membaca dan mengartikan kalimat pada buku paket
halaman 98. Guru memberikan koreksi apabila ada pelafalan serta arti yang
kurang tepat. Kemudian siswa mengerjakan soal pada hal. 99. (elaborasi, mengkomunikasikan, mencoba,
percaya diri, santun)
·
Setelah itu guru
meminta siswa mengerjakan buku paket halaman 100. Guru memberikan petunjuk
dengan memakai “a/an/some/a bunch of”. Kemudian guru meminta siswa membuat
kalimat seperti yang ada pada hal. 101 tentang penggunaan have/has. Siswa
harus teliti dengan subject yang ada, juga gambar buah yang tersedia.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung
jawab, santun)
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
(mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru meminta
siswa mengerjakan soal membuat kalimat dengan have/has. Guru membahasnya secara klasikal. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru dan siswa
membahas soal latihan secara klasikal lalu guru bertanya secara lisan kepada
siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ini.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang
terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling
menghormati, menyayangi, membantu dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan
yang mungkin untuk dilakukan secara mandiri.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memberikan
tebak-tebakan dengan mendeskripsikan buah berdasarkan bentuk, ukuran, warna
kulit dan daging buah, biji, dan rasanya.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menanyakan
apakah siswa masih mengingat bagaimana cara menanyakan buah yang disukai orang
lain. Serta menanyakan rasa buah tersebut.
(menanya, mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
menjelaskan bagaimana kalimat yang menanyakan apakah seseorang menyukai buah
tertentu. Siswa secara berpasangan membacakan dan mengartikan percakapan yang
ada pada hal.103 dan 104. (konfirmasi, elaborasi, mencoba, melakukan,
percaya diri, santun)
·
Setelah
itu siswa mengerjakan soal pada hal. 105, kemudian dibahas secara klasikal. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca, tepatnya memahami isi bacaan
tentang buah-buahan. Guru meminta siswa secara acak dan bergantian, membaca
satu kalimat serta mengartikannya. Guru membimbing apabila ada kata-kata yang
belum dimengerti oleh siswa. Guru memberikan kesempatan apabila ada siswa
yang kurag jelas. Setelah itu, siswa menjawab soal yang tertera dibawah teks
bacaan. (mengkomunikasikan, mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 2 : Reading Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Membaca
Tema : Fruits
No
|
Nama
|
Pemahaman
Bacaan
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Rubrik
Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema
: Fruits
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pemahaman bacaan
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Soal dan teks bacaan pada buku
paket hal. 95.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Lampiran soal latihan pada pertemuan ke
1:
Translate
into English!
1.
Kamu mempunyai sebuah jeruk.
2.
Firza mempunyai beberapa manggis.
3.
Mereka mempunyai seikat kelengkeng.
4.
Nenekku mempunyai beberapa belimbing.
5.
Farrel dan Dio mempunyai seikat leci.