RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Fruits
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.13 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
4.14 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui,
menyangkal dan meminta kejelasan
Indikator:
4.13.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang buah-buahan
4.14.1
Bercakap-cakap menggunakan istilah buah-buahan dengan kalimat sederhana
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata buah-buahan
dengan percaya diri
2.
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata buah-buahan
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1 Fruits
/ Buah-buahan
Apple :
apel Longan :
kelengkeng
Avocado :
alpukat Lychee :
leci
Banana :
pisang Mango : mangga
Blueberry :
blueberi Mangosteen : manggis
Cherry :
ceri Orange :
jeruk
Durian :
durian Pear :
pir
Dragonfruit :
buah
naga Pineapple :
nanas
Grape :
anggur Papaya : pepaya
Guava :
jambu
biji Roseapple : jambu air
Jackfruit :
nangka Strawberry :
strowberi
Lime :
jeruk
nipis Soursop :
sirsak
Lemon : lemon Watermelon :
semangka
Zalacca :
salak
Pertemuan
2
Some :
beberapa
A bunch of :
seikat, setandan
Apa
buah yang ... sukai?
What fruit do you
like? I like ...
What fruit do they
like? They like ...
What fruit does he
like? He likes ...
What fruit does
she like? She likes ...
Apa
rasa ...?
What
is the taste of ... ? The taste of ... is sweet / sour.
Sweet : manis.
Sour : masam.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber
Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
buah
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
siswa supaya menyukai bermacam-macam makanan yang ada. Hal ini sebagai rasa
syukur kita kepada Allah SWT karena telah dikaruniai berbagai macam makanan
baik buah, sayur, ikan maupun daging.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru meminta
setiap siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya nama buah yang sudah mereka
ketahui dalam Bahasa Inggris. Kemudian guru membahasnya secara klasikal. (menanya, mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru meminta
siswa secara klasikal membaca buku paket halaman 92. Guru memberikan koreksi
apabila ada pelafalan yang kurang tepat (elaborasi,
mengkomunikasikan, mencoba, percaya diri, santun)
·
Setelah itu guru
memberikan contoh cara membaca buku paket halaman 93. Guru juga mengartikan kata
“some” dan “a bunch of”. Guru menjelaskan kalau “some” dipakai untuk buah-buahan
yang ukurannya besar, dalam jumlah banyak dan biasanya dijual perbiji.
Sedangkan “a bunch of” dipakai untuk buah-buahan yang ukurannya kecil, dalam
jumlah banyak biasanya diikat dan biasanya dijual secara terikat.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung
jawab, santun)
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
(mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru meminta
siswa mengerjakan buku paket hal. 94,
96, dan 102..
Guru membahasnya secara klasikal. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,
percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru dan siswa
membahas soal latihan secara klasikal lalu guru bertanya secara lisan kepada
siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ini.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu
dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara
mandiri.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memberikan
tebak-tebakan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menjelaskan
kalau pertemuan kali ini masih akan
membahas tentang buah-buahan atau fruits. Guru bertanya secara acak tentang
maca-macam nama buah-buahan.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
menanyakan lagi arti kata “some, a bunch of, there is, there are, a dan an”. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya.(konfirmasi, elaborasi, mencoba, melakukan, percaya diri, santun)
·
Guru
memberi kesempatan siswa untuk secara bergantian membuat kalimat sesuai
gambar yang ada pada halaman 97. Kemudian guru membahasnya secara klasikal. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Mekanismenya
adalah siswa saling bertanya dan menjawab tentang buah yang disukai dan
rasanya. Guru menjelaskan terlebih dahulu. Cara menanyakan buah yang disukai
seseorang dengan “what fruit do you like?” Cara menjawabnya dengan I like ...
Kemudian menanyakan rasa buah dengan “What is the taste of ... (nama buah)?
Cara menjawabnya The taste of ... (nama buah) is sweet / sour. Guru mencoba
menggali rasa buah dari siswa. Buah apa saja yang rasanya sweet/ manis
seperti banana, watermelon, lychee, longan, apple, jackfruit, durian papaya,
mango, mangosteen, guava, dragonfruit, and etc. Buah yang rasanya sour/masam
seperti lime, orange, lemon, soursop, strawberry,
pineapple, starfruit, (mengkomunikasikan, patuh, percaya diri)
·
Siswa
yang belum mendapat giliran dipanggil, mengerjakan soal latihan dari guru
yaitu membuat kalimat Simple Present bentuk positive (+), negative (-) dan
interrogative (?) Guru memberikan beberapa contoh kepada siswa dan memberikan
kesempatan bertanya.
(mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 2 : Speaking dan Listening Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Berbicara
Tema : Fruits
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Activities
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat
dibaca dengan lancar
|
4-5 kalimat
dibaca dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan 3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Kriteria Penilaian
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema : Fruits
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan
Diri
|
Sikap
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Mendengarkan dan Menulis Bahasa
Inggris
Tema
: Fruits
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Lampiran soal latihan pada pertemuan
ke2:
Ubahlah
kedalam bentuk positive (+), negative (-), atau interogative (?)!
1.
Ibu membeli seikat rambutan.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
2.
Nenekku membawa beberapa apel..
(+)
..........................................................
(?) ...........................................................
3.
Mereka membeli 3 kg jeruk.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
4.
Kami membawa seikat anggur.
(+) ..........................................................
(?)
...........................................................
5.
Bibimu membeli beberapa manggis.
(+)
..........................................................
(-) ..........................................................