-->
RPP Bahasa Inggris Tema Fruits 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Fruits 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Fruits
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

 4.13 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
      4.14 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:   meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan

Indikator:
4.13.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang buah-buahan
4.14.1 Bercakap-cakap menggunakan istilah buah-buahan dengan kalimat sederhana

C.    Tujuan Pembelajaran

1.   Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata buah-buahan dengan percaya diri
2.  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata buah-buahan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

 Pertemuan 1                                       Fruits / Buah-buahan

Apple               : apel                                       Longan            : kelengkeng
Avocado          : alpukat                                  Lychee              : leci
Banana            : pisang                                   Mango             : mangga
Blueberry        : blueberi                                Mangosteen    : manggis
Cherry             : ceri                                       Orange            : jeruk
Durian             : durian                                   Pear                : pir
Dragonfruit    : buah naga                              Pineapple        : nanas
Grape              : anggur                                   Papaya            : pepaya
Guava             : jambu biji                              Roseapple       : jambu air
Jackfruit         : nangka                                  Strawberry     : strowberi
Lime                : jeruk nipis                             Soursop           : sirsak
Lemon             : lemon                                    Watermelon    : semangka
                                                                                Zalacca              : salak


Pertemuan 2  

Some               : beberapa
A bunch of      : seikat, setandan

Apa buah yang ... sukai?
What fruit do you like? I like ...
What fruit do they like? They like ...
What fruit does he like? He likes ...
What fruit does she like? She likes ...

Apa rasa ...?
What is the taste of ... ? The taste of ... is sweet / sour.
Sweet  : manis.
Sour     : masam. 




E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Gambar-gambar buah                             
        Kamus                

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru memotivasi siswa supaya menyukai bermacam-macam makanan yang ada. Hal ini sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah dikaruniai berbagai macam makanan baik buah, sayur, ikan maupun daging.
10 menit
Inti

·        Guru meminta setiap siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya nama buah yang sudah mereka ketahui dalam Bahasa Inggris. Kemudian guru membahasnya secara klasikal. (menanya, mencoba, percaya diri, santun)
·      Guru meminta siswa secara klasikal membaca buku paket halaman 92. Guru memberikan koreksi apabila ada pelafalan yang kurang tepat (elaborasi, mengkomunikasikan, mencoba, percaya diri, santun)
·        Setelah itu guru memberikan contoh cara membaca buku paket halaman 93. Guru juga mengartikan kata “some” dan “a bunch of”. Guru menjelaskan kalau “some” dipakai untuk buah-buahan yang ukurannya besar, dalam jumlah banyak dan biasanya dijual perbiji. Sedangkan “a bunch of” dipakai untuk buah-buahan yang ukurannya kecil, dalam jumlah banyak biasanya diikat dan biasanya dijual secara terikat.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya.
(mencoba, percaya diri, santun)
·      Guru meminta siswa mengerjakan buku paket  hal. 94, 96, dan 102..
Guru membahasnya secara klasikal. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·      Guru dan siswa membahas soal latihan secara klasikal lalu guru bertanya secara lisan kepada siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ini.

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara mandiri.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru memberikan tebak-tebakan.
10 menit
Inti

·           Guru menjelaskan kalau pertemuan kali  ini masih akan membahas tentang buah-buahan atau fruits. Guru bertanya secara acak tentang maca-macam nama buah-buahan.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru menanyakan lagi arti kata “some, a bunch of, there is, there are, a dan an”. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya.(konfirmasi, elaborasi, mencoba, melakukan, percaya diri, santun)
·           Guru memberi kesempatan siswa untuk secara bergantian membuat kalimat sesuai gambar yang ada pada halaman 97. Kemudian guru membahasnya secara klasikal.  (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Mekanismenya adalah siswa saling bertanya dan menjawab tentang buah yang disukai dan rasanya. Guru menjelaskan terlebih dahulu. Cara menanyakan buah yang disukai seseorang dengan “what fruit do you like?” Cara menjawabnya dengan I like ... Kemudian menanyakan rasa buah dengan “What is the taste of ... (nama buah)? Cara menjawabnya The taste of ... (nama buah) is sweet / sour. Guru mencoba menggali rasa buah dari siswa. Buah apa saja yang rasanya sweet/ manis seperti banana, watermelon, lychee, longan, apple, jackfruit, durian papaya, mango, mangosteen, guava, dragonfruit, and etc. Buah yang rasanya sour/masam seperti lime, orange, lemon, soursop,  strawberry, pineapple, starfruit,  (mengkomunikasikan, patuh, percaya diri)
·        Siswa yang belum mendapat giliran dipanggil, mengerjakan soal latihan dari guru yaitu membuat kalimat Simple Present bentuk positive (+), negative (-) dan interrogative (?) Guru memberikan beberapa contoh kepada siswa dan memberikan kesempatan bertanya.
 (mencoba, patuh, percaya diri)
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


H. Penilaian
- Pertemuan 2  : Speaking dan Listening Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Berbicara
Tema : Fruits

No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi 
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10









Rubrik Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : Activities

Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
6-7 kalimat dibaca dengan  lancar
4-5 kalimat dibaca dengan  lancar
Belum dapat mengucapkan 3 kalimat dengan  lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat

Kriteria Penilaian Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
                                                                                     Tema : Fruits

No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kepercayaan Diri
Sikap
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








Rubrik Keterampilan Mendengarkan dan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Fruits
                              
Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan





Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE

Lampiran soal latihan pada pertemuan ke2:
Ubahlah kedalam bentuk positive (+), negative (-), atau interogative (?)!
1. Ibu membeli seikat rambutan.
    (+) ..........................................................
    (-)  ..........................................................
2. Nenekku membawa beberapa apel..
    (+) ..........................................................
    (?) ...........................................................
3. Mereka membeli 3 kg jeruk.
    (+) ..........................................................
    (-)  ..........................................................
4. Kami membawa seikat anggur.
    (+) ..........................................................
    (?) ...........................................................
5. Bibimu membeli beberapa manggis.
    (+) ..........................................................
    (-)  ..........................................................


 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar