-->
RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2

Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         :  5-6 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.07 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
4.08 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
4.7.1 Memahami bacaan atau kalimat pertanyaan tentang istilah pakaiaan dan warna
4.8.1 Menyusun kata menjadi kalimat tentang pakaiaan dan warna

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa memahami isi bacaan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyusun kalimat tentang pakaian dan warnanya dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran



 Pertemuan 1
Present Continuous

Rumus : Subject  +  to be + Verb-ing
                  I              am
               You
               They           are     wearing/memakai
                We
              He/She          is

Example          : Dia (laki-laki) sedang memakai sebuah kemeja putih.
            (+)          He                  is         wearing      a      white shirt.
            (-)          He                  is  not   wearing     a       white shirt.
            (?)          Is                   he         wearing     a       white shirt?
                          Yes, he is / No, he is not.


E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kamus / Internet 
Lagu
Gambar pakaian
           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengadakan games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu clothes dengan memegang pakaian yang mereka pakai secara klasikal. Memberikan penghargaan bagi siswa yang selalu bersemangat dan memotivasi siswa yang kurang antusias. Memberikan sekilas pertanyaan untuk memancing ingatan siswa tentang macam-macam pakaian.
(mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa poin materi kali ini adalah tentang kalimat Present Continuous. Menjelaskan bahwa kalimat Present Continuous adalah kalimat yang digunakan untuk waktu sekarang dan berlangsung lama. Guru memberikan contoh seperti ketika siswa memakai seragam sekolah yang dimulai dari pagi hari sampai sore hari.
( mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa dapat memahami bagaimana menyusun kalimat Present Continuous baik bentuk positive, negative maupun introgative. Bahwa rumus kalimat positive Present Continuous adalah Subject + to be + Verb-ing + Frase clothes and colours. Sedangkan kalimat negativenya hanya dengan menambahkan kata “not” dibelakang to be. Sedangkan untuk kalimat introgativenya hanya dengan menempatkan tobe pada awal kalimat setelah itu subject, verb-ing dan object. Guru juga menjelaskan apabila ada kalimat pertanyaan yang diawali dengan to be (is, am, are) jawabannya cuma ada dua; Yes atau No.
 (mengkomunikasikan, elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan pertanyaan mengapa kalau kalimat pertanyaan diawali dengan tobe jawabannya Cuma Yes/No?. Guru juga memberikan bagaimana dengan kalimat pertanyaan yang diawali dengan What, apakah jawabannya juga Yes/No? Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)

·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca / Reading Test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami bacaan serta menjawab pertanyaan tentang pakaian dan warnanya. Teks bacaan ada pada Buku Paket hal 68, guru memberikan pertanyaannya dan siswa menjawab dengan susunan kalimat lengkap. Sebelum evaluasi guru membacakan teks tersebut kemudian membimbing siswa untuk mencoba mengartikannya.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa yang sudah selesai terlebih dahulu, boleh mengerjakan latihan di buku paket yang belum dikerjakan.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan dengan mengerjakan sholat dengan ikhlas dan khusuk. Usahakan ketika sedang menghadap kepada Sang Pencipta, kita kenakan pakaian kita yang paling bersih/suci bukan yang paling mewah.
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah Evaluasi Menulis, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengajak siswa untuk tebak-tebakan atau bermain kosakata.
10 menit
Inti

·           Guru menanyakan apakah siswa masih mengingat bentuk kalimat Present Continuous. Guru membuat kalimat dalam Bahasa Indonesia, kemudian siswa yang mengubahnya kedalam Bahasa Indonesia. Guru mencoba kemampuan siswa secara acak. (mencoba, patuh, santun)
·           Guru menyampaikan bahwa akan mengadakan Evaluasi Menulis, yang terdiri dari menyusun kalimat dan mengubah kalimat dari Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Inggris.
·           Guru merefresh lagi materi sebelumnya tentang A pair of ....  , frase clothes and colours serta kalimat Present Continuous.
(percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang ingin bertanya.
·           Siswa yang sudah selesai terlebih dahulu, diminta mengerjakan soal-soal di buku paket yang belum dikerjakan.

40 menit
Penutup
·        Memberitahukan pertemuan selanjutnya adalah UH tema Clothes and Colours, memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar terutama bagi siswa yang kurang memahami materi.
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk berbakti dan membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit
H. Penilaian
            1. Reading       : Tes Tulis
            2. Writing        : Tes Tulis

Kriteria Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours
Kriteria
4
3
2
1
Pemahaman bacaan
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit

No
Nama
Pemahaman bacaan
Kemandirian
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10







Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours
Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit





No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10












Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP





                                                                

                                                              

                                                              Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Soal Reading Test:
1. Who is the boy in the text?
2. What is Tino wearing today?
3. Is Tino wearing a red shorts?
4. What is Mr. Rahmad wearing?
5. Is Mr. Rahmad wearing a green shirt?

Soal Writing Test:
1-5 arrange into a good sentence!
1. a – is – purple – That – T-shirt
2. red – My – white – uniform – is – and
3. pair – a – This – of – is – socks
4. ? – that – a – tie – Is – blue
5. not – black – a – He – wearing – coat – is
6-10 translate into English!
6. Rara sedang memakai sebuah rok kuning.
7. Kamu sedang tidak memakai sepasang sepatu biru.
8. Apakah dia (laki-laki) memakai kemeja abu-abu?
9. Mereka sedang memakai ikat pinggang hitam.
10. Kami sedang memakai kaos kaki putih.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar