Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Clothes and colours
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
3. Memahami tulisan
bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Mengeja dan menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.07
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
4.08 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.7.1
Memahami bacaan atau kalimat pertanyaan tentang istilah pakaiaan dan warna
4.8.1
Menyusun kata menjadi kalimat tentang pakaiaan dan warna
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa memahami isi bacaan dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang pakaian dan warnanya dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Present Continuous
Rumus : Subject
+ to be + Verb-ing
I am
You
They are wearing/memakai
We
He/She is
Example : Dia (laki-laki) sedang memakai
sebuah kemeja putih.
(+) He is wearing a
white shirt.
(-) He is not
wearing a white shirt.
(?) Is he wearing a
white shirt?
Yes, he is / No, he is not.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
/ Internet
Lagu
Gambar
pakaian
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang
dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru
memberikan beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan
lagu clothes dengan memegang pakaian yang mereka pakai secara klasikal.
Memberikan penghargaan bagi siswa yang selalu bersemangat dan memotivasi
siswa yang kurang antusias. Memberikan sekilas pertanyaan untuk memancing
ingatan siswa tentang macam-macam pakaian.
(mencoba,
percaya diri, patuh)
· Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa poin materi kali ini adalah tentang kalimat Present
Continuous. Menjelaskan bahwa kalimat Present Continuous adalah kalimat yang
digunakan untuk waktu sekarang dan berlangsung lama. Guru memberikan contoh
seperti ketika siswa memakai seragam sekolah yang dimulai dari pagi hari
sampai sore hari.
(
mengkomunikasikan)
· Guru menyampaikan
kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa dapat memahami bagaimana menyusun kalimat Present Continuous
baik bentuk positive, negative maupun introgative. Bahwa rumus kalimat positive
Present Continuous adalah Subject + to be + Verb-ing + Frase clothes and
colours. Sedangkan kalimat negativenya hanya dengan menambahkan kata “not”
dibelakang to be. Sedangkan untuk kalimat introgativenya hanya dengan menempatkan
tobe pada awal kalimat setelah itu subject, verb-ing dan object. Guru juga
menjelaskan apabila ada kalimat pertanyaan yang diawali dengan to be (is, am,
are) jawabannya cuma ada dua; Yes atau No.
(mengkomunikasikan,
elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,
percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan pertanyaan mengapa
kalau kalimat pertanyaan diawali dengan tobe jawabannya Cuma Yes/No?. Guru juga
memberikan bagaimana dengan
kalimat pertanyaan yang diawali dengan What, apakah jawabannya juga Yes/No? Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca / Reading Test untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam memahami bacaan serta menjawab pertanyaan tentang
pakaian dan warnanya. Teks bacaan ada pada Buku Paket hal 68, guru memberikan
pertanyaannya dan siswa menjawab dengan susunan kalimat lengkap. Sebelum
evaluasi guru membacakan teks tersebut kemudian membimbing siswa untuk
mencoba mengartikannya.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·
Siswa yang sudah selesai terlebih
dahulu, boleh mengerjakan latihan di buku paket yang belum dikerjakan.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
dengan mengerjakan sholat dengan ikhlas dan khusuk. Usahakan ketika sedang
menghadap kepada Sang Pencipta, kita kenakan pakaian kita yang paling
bersih/suci bukan yang paling mewah.
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah Evaluasi Menulis, memotivasi
siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang
tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengajak
siswa untuk tebak-tebakan atau bermain kosakata.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menanyakan
apakah siswa masih mengingat bentuk kalimat Present Continuous. Guru membuat
kalimat dalam Bahasa Indonesia, kemudian siswa yang mengubahnya kedalam
Bahasa Indonesia. Guru mencoba kemampuan siswa secara acak. (mencoba, patuh, santun)
·
Guru
menyampaikan bahwa akan mengadakan Evaluasi Menulis, yang terdiri dari
menyusun kalimat dan mengubah kalimat dari Bahasa Indonesia kedalam Bahasa
Inggris.
·
Guru
merefresh lagi materi sebelumnya tentang A pair of .... , frase clothes and colours serta kalimat
Present Continuous.
(percaya diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang ingin bertanya.
·
Siswa
yang sudah selesai terlebih dahulu, diminta mengerjakan soal-soal di buku
paket yang belum dikerjakan.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
pertemuan selanjutnya adalah UH tema Clothes and Colours, memotivasi siswa
untuk selalu rajin belajar terutama bagi siswa yang kurang memahami materi.
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk berbakti dan membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Reading : Tes Tulis
2.
Writing : Tes Tulis
Kriteria
Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pemahaman
bacaan
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Nama
|
Pemahaman
bacaan
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Kriteria
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Reading Test:
1. Who is the boy in the text?
2. What is Tino wearing today?
3. Is Tino wearing a red shorts?
4. What is Mr. Rahmad wearing?
5. Is Mr. Rahmad wearing a green shirt?
Soal Writing Test:
1-5 arrange into a good sentence!
1. a – is – purple – That – T-shirt
2. red – My – white – uniform – is –
and
3. pair – a – This – of – is – socks
4. ? – that – a – tie – Is – blue
5. not – black – a – He – wearing –
coat – is
6-10 translate into English!
6. Rara sedang memakai sebuah rok
kuning.
7. Kamu sedang tidak memakai sepasang
sepatu biru.
8. Apakah dia (laki-laki) memakai
kemeja abu-abu?
9. Mereka sedang memakai ikat pinggang
hitam.
10. Kami sedang memakai kaos kaki
putih.