-->
RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 2

Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 2 :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 1
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)
                                         

A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.05 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.06 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:    meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan

Indikator:
4.5.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang macam-macam warna dan nama-nama pakaian
4.6.1 Bercakap-cakap menggunakan istilah pakaian dan warna dengan kalimat sederhana

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata pakaian yang berpasangan maupun tidak dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

 Pertemuan 1

A pair of ... “ dipakai untuk benda yang berpasangan, seperti:
-          A pair of socks                        ( sepasang kaos kaki )
-          A pair of shoes                        ( sepasang sepatu )
-          A pair of sandals         ( sepasang sandal )
-          A pair of gloves                       ( sepasang sarung tangan )
-          A pair of shorts                        ( sepasang celana pendek )
-          A pair of trousers         ( sepasang celana panjang )
-          A pair of glasses          ( sepasang kacamata )

What is this? This is a ... / a pair of ... ( untuk benda tunggal/satu )
What are these? These are ...               ( untuk benda jamak/banyak )
What colour is the/your ...?                  ( menanyakan warna pakaian )


Pertemuan 2 

Frase clothes and colour : Colour + clothes
Example          : -    black shoes
-          red cap
-          white shirt
-          white socks




E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kamus / Internet 
Lagu
Pakaian
Gambar pakaian
Slide       
           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengadakan games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu clothes dengan memegang pakaian yang mereka pakai secara klasikal. Memberikan penghargaan bagi siswa yang selalu bersemangat dan memotivasi siswa yang kurang antusias. Memberikan sekilas pertanyaan untuk memancing ingatan siswa tentang macam-macam pakaian.
(mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pakaian adalah siswa mengetahui serta dapat menyebutkan pakaian yang sering mereka pakai tentu saja dalam Bahasa Inggris.
( mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah sebagai berikut. Karena siswa telah mengetahui, macam-macam pakaian dalam Bahasa Inggris, kali ini guru ingin supaya siswa mampu untuk saling bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya.
 (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memberikan contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Seperti; This is my veil. My veil is blue. This is my uniform. My uniform is blue. Setelah itu guru meminta perwakilan dari siswa putra dan putri untuk mendemontrasikan hal yang sama. Selalu memberikan penghargaan bagi yang sudah hebat dan memotivasi bagi yang masih kurang. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Guru menjelaskan pakaian ada yang disebut sepasang. Guru menanyakan kira-kira pakaian apa saja yang jumlahnya sepasang. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya.Setelah siswa memberikan jawaban, guru melontarkan pertanyaan lagi, yaitu “Mengapa pakaian-pakaian tersebut dikatakan sepasang? Bagaimana jikalau pakaian tersebut hanya dikenakan sebelah saja?” Guru menampung semua jawaban siswa.
Guru menjelaskan untuk mengatakan benda sepasang dalam Bahasa Inggris menggunakan “A pair of ...” Guru meminta siswa mencoba menyebutkan pakaian-pakaian yang sepasang, lalu guru menuliskannya dipapan tulis. Seperti: A pair of socks, A pair of shoes, A pair of shorts, A pair of trousers, A pair of gloves, etc.
Guru mengingatkan lagi kalimat pertanyaan seperti: What is it? What are these? What colour is the/your ....? beserta cara menjawabnya; The/My ... is ....
 (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan tanya jawab lisan untuk memantau pemahaman siswa terhadap materi ini. (mencoba)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Mendengar / Listening Test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami serta menjawab tentang pakaian dan warnanya. Evaluasi dilakukan secara berpasangan namun tentu saja nilai tetap individu.
Mekanismenya adalah:
A  : What is this?
B  : ...
A  : What colour is the ... ?
B  : The ... is ...
Dialog dilakukan secara bergantian.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa yang belum mendapatkan giliran, mengerjakan buku paket halaman 71-73.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan dengan mengerjakan sholat dengan ikhlas dan khusuk. Usahakan ketika sedang menghadap kepada Sang Pencipta, kita kenakan pakaian kita yang paling bersih/suci bukan yang paling mewah.
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengadakan games “Guest the clothes”. Guru menyediakan beberapa pakaian yang mudah untuk dikenali siswa. Guru memberikan deskripsi dari pakaian tersebut sehingga siswa mampu untuk menebaknya. Guru menyediakan reward bagi yang mampu menjawab serta memotivasi bagi yang belum berhasil.
10 menit
Inti

·           Guru memberitahukan akan melanjutkan Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Selain itu, guru juga ingin nanti siswa secara individu untuk menyusun frase clothes and colour.
·           Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu clothes secara klasikal maupun secara berkelompok serta saling bergantian.
(mencoba, percaya diri, santun).
·           Guru merefresh lagi materi sebelumnya tentang A pair of ....  arti serta macamnya. Siswa diberikan kesempatan untuk berpendapat.
Guru mengajukan pertanyaan mengapa sampai ada berbagai macam pakaian? Bagaimana keadaan manusia jikalau tidak ada berbagai macam pakaian yang biasa kita pakai sekarang?
(percaya diri, mencoba, patuh)
Guru menyampaikan bahwa pertemuan kali ini akan membahas tentang frase clothes and colour. Guru ingin supaya siswa mampu memahami apa definisi frase dan cara/rumus penyusunannya. Frase ini berguna ketika siswa ingin mengucapkan macam pakaian yang disertai warnanya. Jadi frase adalah gabungan dari dua kalimat yang di persingkat menjadi dua kata saja. Contohnya: This is my uniform. My uniform is green. Bisa dipersingkat menjadi This is my green uniform. Atau This is a cap. The cap is red. Bisa dipersingkat menjadi This is a red cap. ( Contoh kalimat sesuai pakaian yang dikenakan guru untuk mudah mendemontrasikannya.) Frase ini akan mempermudah siswa. Guru meminta beberapa siswa untuk mencoba membuat frase dari pakaian yang mereka pakai.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·           Guru memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang ingin bertanya.
·           Guru memberitahukan akan melanjutkan Listening dan Speaking Test yang menggunakan What is it? dan What colour is the / your ... ?
·           Guru menginstruksikan bagi siswa yang sudah mengikuti evaluasi mendengar dan berbicara untuk menuliskan 10 kalimat yang berisi frase clothes and colour dari pakaian-pakaian yang sudah disediakan oleh guru. Siswa mengerjakannya secara individu.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·        Memberitahukan pertemuan selanjutnya guru akan mengenalkan rumus kalimat Present Continuous.
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk berbakti dan membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


H. Penilaian
            1. Speaking     : Tes Lisan
            2. Listening     : Tes Lisan

Kriteria Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours
Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
Setengah atau lebih kalimat diucapkan dengan lancar
Kurang dari setengah kalimat diucapkan dengan lancar
Belum dapat mengucapkan kalimat dengan  lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


No
Name
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10










Kriteria Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours


Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit


No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kepercayaan diri
Waktu
Skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10










Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP


 







                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                  Siti Anisatun Nadziroh, SE




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar