Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Clothes and colours
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 1
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.05 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.06
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan
tindak tutur: meminta ijin, memberi
ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan
Indikator:
4.5.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang macam-macam warna dan nama-nama
pakaian
4.6.1
Bercakap-cakap menggunakan istilah pakaian dan warna dengan kalimat sederhana
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata pakaian yang berpasangan maupun tidak dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
“A pair of ... “ dipakai untuk benda yang berpasangan, seperti:
-
A
pair of socks (
sepasang kaos kaki )
-
A
pair of shoes (
sepasang sepatu )
-
A
pair of sandals ( sepasang sandal
)
-
A
pair of gloves (
sepasang sarung tangan )
-
A
pair of shorts (
sepasang celana pendek )
-
A
pair of trousers ( sepasang celana
panjang )
-
A
pair of glasses ( sepasang
kacamata )
What is this? This is a
... / a pair of ... ( untuk benda tunggal/satu
)
What are these? These are
... ( untuk benda jamak/banyak
)
What colour is the/your
...? ( menanyakan warna
pakaian )
Pertemuan 2
Frase
clothes and colour : Colour + clothes
Example : -
black shoes
-
red cap
-
white shirt
-
white socks
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
/ Internet
Lagu
Pakaian
Gambar
pakaian
Slide
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang
dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru
memberikan beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan
lagu clothes dengan memegang pakaian yang mereka pakai secara klasikal.
Memberikan penghargaan bagi siswa yang selalu bersemangat dan memotivasi
siswa yang kurang antusias. Memberikan sekilas pertanyaan untuk memancing
ingatan siswa tentang macam-macam pakaian.
(mencoba,
percaya diri, patuh)
· Guru menyampaikan
manfaat siswa belajar materi
tentang pakaian adalah siswa mengetahui serta dapat menyebutkan pakaian yang
sering mereka pakai tentu saja dalam Bahasa Inggris.
(
mengkomunikasikan)
· Guru menyampaikan
kemampuan yang akan mereka capai
adalah sebagai berikut. Karena siswa telah mengetahui, macam-macam pakaian
dalam Bahasa Inggris, kali ini guru ingin supaya siswa mampu untuk saling
bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya.
(mengkomunikasikan,
elaborasi)
· Guru memberikan
contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Seperti; This is my
veil. My veil is blue. This is my uniform. My uniform is blue. Setelah itu
guru meminta perwakilan dari siswa putra dan putri untuk mendemontrasikan hal
yang sama. Selalu memberikan penghargaan bagi yang sudah hebat dan memotivasi
bagi yang masih kurang. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
· Guru menjelaskan
pakaian ada yang disebut sepasang. Guru menanyakan kira-kira pakaian apa saja
yang jumlahnya sepasang. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengemukakan pendapatnya.Setelah siswa memberikan jawaban, guru melontarkan
pertanyaan lagi, yaitu “Mengapa
pakaian-pakaian tersebut dikatakan sepasang? Bagaimana jikalau pakaian tersebut hanya dikenakan sebelah saja?”
Guru menampung semua jawaban siswa.
Guru menjelaskan untuk
mengatakan benda sepasang dalam Bahasa Inggris menggunakan “A pair of ...”
Guru meminta siswa mencoba menyebutkan pakaian-pakaian yang sepasang, lalu
guru menuliskannya dipapan tulis. Seperti: A pair of socks, A pair of shoes,
A pair of shorts, A pair of trousers, A pair of gloves, etc.
Guru mengingatkan lagi kalimat
pertanyaan seperti: What is it? What are these? What colour is the/your ....?
beserta cara menjawabnya; The/My ... is ....
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan tanya jawab lisan untuk memantau pemahaman siswa terhadap materi
ini. (mencoba)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Mendengar / Listening Test untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam memahami serta menjawab tentang pakaian dan
warnanya. Evaluasi dilakukan secara
berpasangan namun tentu saja nilai tetap individu.
Mekanismenya
adalah:
A : What is this?
B : ...
A : What colour is the ... ?
B : The ... is ...
Dialog
dilakukan secara bergantian.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·
Siswa yang belum mendapatkan giliran,
mengerjakan buku paket halaman 71-73.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
dengan mengerjakan sholat dengan ikhlas dan khusuk. Usahakan ketika sedang
menghadap kepada Sang Pencipta, kita kenakan pakaian kita yang paling
bersih/suci bukan yang paling mewah.
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk
berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games “Guest the clothes”. Guru menyediakan beberapa pakaian yang mudah untuk
dikenali siswa. Guru memberikan deskripsi dari pakaian tersebut sehingga
siswa mampu untuk menebaknya. Guru menyediakan reward bagi yang mampu
menjawab serta memotivasi bagi yang belum berhasil.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan akan melanjutkan
Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Selain itu, guru juga ingin nanti siswa
secara individu untuk menyusun frase clothes and colour.
·
Guru mengajak
siswa untuk menyanyikan lagu clothes secara klasikal maupun secara berkelompok
serta saling bergantian.
(mencoba,
percaya diri, santun).
·
Guru
merefresh lagi materi sebelumnya tentang A pair of .... arti serta macamnya. Siswa diberikan
kesempatan untuk berpendapat.
Guru mengajukan pertanyaan mengapa sampai ada berbagai macam pakaian? Bagaimana keadaan manusia jikalau tidak ada berbagai macam
pakaian yang biasa kita pakai sekarang?
(percaya diri, mencoba, patuh)
Guru menyampaikan bahwa pertemuan kali ini akan membahas
tentang frase clothes and colour. Guru ingin supaya siswa mampu memahami apa definisi frase dan cara/rumus
penyusunannya. Frase ini berguna
ketika siswa ingin mengucapkan macam pakaian yang disertai warnanya. Jadi
frase adalah gabungan dari dua kalimat yang di persingkat menjadi dua kata
saja. Contohnya: This is my uniform. My uniform is green. Bisa dipersingkat
menjadi This is my green uniform. Atau This is a cap. The cap is red. Bisa
dipersingkat menjadi This is a red cap. ( Contoh kalimat sesuai pakaian yang
dikenakan guru untuk mudah mendemontrasikannya.) Frase ini akan mempermudah
siswa. Guru meminta beberapa siswa untuk mencoba membuat frase dari pakaian
yang mereka pakai.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang ingin bertanya.
·
Guru
memberitahukan akan melanjutkan Listening dan Speaking Test yang menggunakan
What is it? dan What colour is the / your ... ?
·
Guru
menginstruksikan bagi siswa yang sudah mengikuti evaluasi mendengar dan
berbicara untuk menuliskan 10 kalimat yang berisi frase clothes and colour
dari pakaian-pakaian yang sudah disediakan oleh guru. Siswa mengerjakannya
secara individu.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
pertemuan selanjutnya guru akan mengenalkan rumus kalimat Present Continuous.
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk berbakti dan membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Speaking : Tes Lisan
2.
Listening : Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Kriteria Keterampilan
Mendengar Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE