Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
                                           
             
 
 
 
 
 
 
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                Satuan
pendidikan                :  SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         : 
3-4 / ke 1
                                                Alokasi
waktu                        :  1 hari (2x35 menit)
A.   
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
B.    
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.05 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.06
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan
tindak tutur:    meminta ijin, memberi
ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan
Indikator:
4.5.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang macam-macam warna dan nama-nama
pakaian
4.6.1
Bercakap-cakap menggunakan istilah pakaian dan warna dengan kalimat sederhana
C.   
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata pakaian yang berpasangan maupun tidak dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya dengan percaya diri 
D.   
Materi
Pembelajaran
 Pertemuan
1
“A pair of ... “ dipakai untuk benda yang berpasangan, seperti:
-         
A
pair of socks                        (
sepasang kaos kaki )
-         
A
pair of shoes                        (
sepasang sepatu )
-         
A
pair of sandals         ( sepasang sandal
)
-         
A
pair of gloves                       (
sepasang sarung tangan )
-         
A
pair of shorts                        (
sepasang celana pendek )
-         
A
pair of trousers         ( sepasang celana
panjang )
-         
A
pair of glasses          ( sepasang
kacamata )
What is this? This is a
... / a pair of ...  ( untuk benda tunggal/satu
)
What are these? These are
...               ( untuk benda jamak/banyak
)
What colour is the/your
...?                  ( menanyakan warna
pakaian )
Pertemuan 2  
Frase
clothes and colour : Colour + clothes
Example          : -   
black shoes
-         
red cap
-         
white shirt
-         
white socks
E.   Pendekatan & Metode
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  :
Picture and Picture
F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
/ Internet  
Lagu
Pakaian
Gambar
pakaian
Slide        
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·      Salam
  pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·      Guru mengadakan
  games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang
  dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru
  memberikan beberapa pertanyaan. 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·       
  Guru mengajak siswa untuk menyanyikan
  lagu clothes dengan memegang pakaian yang mereka pakai secara klasikal.
  Memberikan penghargaan bagi siswa yang selalu bersemangat dan memotivasi
  siswa yang kurang antusias. Memberikan sekilas pertanyaan untuk memancing
  ingatan siswa tentang macam-macam pakaian.  
(mencoba,
  percaya diri, patuh) 
·      Guru menyampaikan
  manfaat siswa belajar materi
  tentang pakaian adalah siswa mengetahui serta dapat menyebutkan pakaian yang
  sering mereka pakai tentu saja dalam Bahasa Inggris. 
(
  mengkomunikasikan)  
·      Guru menyampaikan
  kemampuan yang akan mereka capai
  adalah sebagai berikut. Karena siswa telah mengetahui, macam-macam pakaian
  dalam Bahasa Inggris, kali ini guru ingin supaya siswa mampu untuk saling
  bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya. 
 (mengkomunikasikan,
   elaborasi) 
·      Guru memberikan
  contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Seperti; This is my
  veil. My veil is blue. This is my uniform. My uniform is blue. Setelah itu
  guru meminta perwakilan dari siswa putra dan putri untuk mendemontrasikan hal
  yang sama. Selalu memberikan penghargaan bagi yang sudah hebat dan memotivasi
  bagi yang masih kurang. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
  mengkomunikasikan) 
·      Guru menjelaskan
  pakaian ada yang disebut sepasang. Guru menanyakan kira-kira pakaian apa saja
  yang jumlahnya sepasang. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
  mengemukakan pendapatnya.Setelah siswa memberikan jawaban, guru melontarkan
  pertanyaan lagi, yaitu “Mengapa
  pakaian-pakaian tersebut dikatakan sepasang? Bagaimana jikalau pakaian tersebut hanya dikenakan sebelah saja?”
  Guru menampung semua jawaban siswa. 
Guru menjelaskan untuk
  mengatakan benda sepasang dalam Bahasa Inggris menggunakan “A pair of ...”
  Guru meminta siswa mencoba menyebutkan pakaian-pakaian yang sepasang, lalu
  guru menuliskannya dipapan tulis. Seperti: A pair of socks, A pair of shoes,
  A pair of shorts, A pair of trousers, A pair of gloves, etc. 
Guru mengingatkan lagi kalimat
  pertanyaan seperti: What is it? What are these? What colour is the/your ....?
  beserta cara menjawabnya; The/My ... is .... 
 (elaborasi,
  konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya
  diri, tanggung jawab, santun) 
·       
  Guru
  memberikan tanya jawab lisan untuk memantau pemahaman siswa terhadap materi
  ini. (mencoba) 
·       
  Guru
  memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan. 
·       
  Guru
  memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Mendengar / Listening Test untuk
  mengetahui kemampuan siswa dalam memahami serta menjawab tentang pakaian dan
  warnanya. Evaluasi dilakukan secara
  berpasangan namun tentu saja nilai tetap individu. 
Mekanismenya
  adalah: 
A  : What is this? 
B  : ... 
A  : What colour is the ... ? 
B  : The ... is ... 
Dialog
  dilakukan secara bergantian. 
(mencoba, patuh, percaya diri) 
·       
  Siswa yang belum mendapatkan giliran,
  mengerjakan buku paket halaman 71-73. 
(mencoba,  percaya
  diri, tanggung jawab, santun) 
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·          
  Membangun
  motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
  dengan mengerjakan sholat dengan ikhlas dan khusuk. Usahakan ketika sedang
  menghadap kepada Sang Pencipta, kita kenakan pakaian kita yang paling
  bersih/suci bukan yang paling mewah. 
·          
  Memberitahukan
  kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
  colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk
  berbakti kepada orang tua. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Pertemuan
ke 2
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·      Salam
  pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·      Guru mengadakan
  games “Guest the clothes”. Guru menyediakan beberapa pakaian yang mudah untuk
  dikenali siswa. Guru memberikan deskripsi dari pakaian tersebut sehingga
  siswa mampu untuk menebaknya. Guru menyediakan reward bagi yang mampu
  menjawab serta memotivasi bagi yang belum berhasil. 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·          
  Guru memberitahukan akan melanjutkan
  Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Selain itu, guru juga ingin nanti siswa
  secara individu untuk menyusun frase clothes and colour. 
·          
  Guru mengajak
  siswa untuk menyanyikan lagu clothes secara klasikal maupun secara berkelompok
  serta saling bergantian.  
(mencoba,
  percaya diri, santun). 
·          
  Guru
  merefresh lagi materi sebelumnya tentang A pair of ....  arti serta macamnya. Siswa diberikan
  kesempatan untuk berpendapat.  
Guru mengajukan pertanyaan mengapa sampai ada berbagai macam pakaian? Bagaimana keadaan manusia jikalau tidak ada berbagai macam
  pakaian yang biasa kita pakai sekarang? 
(percaya diri, mencoba, patuh) 
Guru menyampaikan bahwa pertemuan kali ini akan membahas
  tentang frase clothes and colour. Guru ingin supaya siswa mampu memahami apa definisi frase dan cara/rumus
  penyusunannya. Frase ini berguna
  ketika siswa ingin mengucapkan macam pakaian yang disertai warnanya. Jadi
  frase adalah gabungan dari dua kalimat yang di persingkat menjadi dua kata
  saja. Contohnya: This is my uniform. My uniform is green. Bisa dipersingkat
  menjadi This is my green uniform. Atau This is a cap. The cap is red. Bisa
  dipersingkat menjadi This is a red cap. ( Contoh kalimat sesuai pakaian yang
  dikenakan guru untuk mudah mendemontrasikannya.) Frase ini akan mempermudah
  siswa. Guru meminta beberapa siswa untuk mencoba membuat frase dari pakaian
  yang mereka pakai.  
(elaborasi,
  konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya
  diri, tanggung jawab, santun) 
·          
  Guru
  memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang ingin bertanya. 
·          
  Guru
  memberitahukan akan melanjutkan Listening dan Speaking Test yang menggunakan
  What is it? dan What colour is the / your ... ?  
·          
  Guru
  menginstruksikan bagi siswa yang sudah mengikuti evaluasi mendengar dan
  berbicara untuk menuliskan 10 kalimat yang berisi frase clothes and colour
  dari pakaian-pakaian yang sudah disediakan oleh guru. Siswa mengerjakannya
  secara individu. 
(mencoba,  percaya
  diri, tanggung jawab, santun) 
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·       
  Memberitahukan
  pertemuan selanjutnya guru akan mengenalkan rumus kalimat Present Continuous. 
·       
  Membangun
  motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
  untuk berbakti dan membahagiakan orang tua. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
H.
Penilaian
            1.
Speaking     : Tes Lisan
            2.
Listening     : Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria  
 | 
  
4 
 | 
  
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
 
Suara  
 | 
  
Seluruh isi
  kelas dapat mendengar 
 | 
  
Setengah atau
  lebih dari ini kelas dapat mendengar 
 | 
  
Kurang dari
  setengah isi kelas dapat mendengar 
 | 
  
Tidak terdengar
  sama sekali 
 | 
 
Kelancaran 
 | 
  
Seluruh
  kalimat diucapkan dengan lancar 
 | 
  
Setengah atau
  lebih kalimat diucapkan dengan lancar 
 | 
  
Kurang dari
  setengah kalimat diucapkan dengan lancar 
 | 
  
Belum dapat
  mengucapkan kalimat dengan  lancar 
 | 
 
Sikap  
 | 
  
Tegak dan
  sopan 
 | 
  
Tidak tegak
  tapi sopan 
 | 
  
Tegak tapi
  kurang sopan 
 | 
  
Tidak tegak
  dan tidak sopan 
 | 
 
Intonasi  
 | 
  
Tepat  
 | 
  
Cukup  
 | 
  
Kurang  
 | 
  
Tidak tepat 
 | 
 
Pelafalan  
 | 
  
Jelas  
 | 
  
Cukup  
 | 
  
Kurang  
 | 
  
Tidak tepat 
 | 
 
No 
 | 
  
Name 
 | 
  
Suara 
 | 
  
Kelancaran 
 | 
  
Sikap 
 | 
  
Intonasi 
 | 
  
Pelafalan 
 | 
  
Skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 
1 
 | 
  ||||||||
2 
 | 
  ||||||||
3 
 | 
  ||||||||
4 
 | 
  ||||||||
5 
 | 
  ||||||||
6 
 | 
  ||||||||
7 
 | 
  ||||||||
8 
 | 
  ||||||||
9 
 | 
  ||||||||
10 
 | 
  
Kriteria Keterampilan
Mendengar Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria   
 | 
  
4 
 | 
  
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
 
Ketepatan
  jawaban 
 | 
  
Semua
  jawaban benar 
 | 
  
Jawaban
  salah 1-3 nomor 
 | 
  
Jawaban
  salah 3-6 nomor  
 | 
  
Lebih
  dari 6 soal salah  
 | 
 
Kemandirian 
 | 
  
Semua
  soal dikerjakan secara mandiri 
 | 
  
1-3
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
  
3-6
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
  
Semua
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
 
Kepercayaan
  diri 
 | 
  
Semua
  jawaban tanpa bekas hapusan 
 | 
  
1-3
  soal ada bekas hapusan 
 | 
  
3-6
  soal ada bekas hapusan 
 | 
  
Lebih
  dari 6 soal ada bekas hapusan 
 | 
 
Waktu  
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 15 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 30 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 45 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu lebih dari 45 menit 
 | 
 
No 
 | 
   
Name 
 | 
   
Ketepatan jawaban 
 | 
   
Kemandirian 
 | 
   
Kepercayaan diri 
 | 
   
Waktu 
 | 
   
Skor 
 | 
   
Nilai 
 | 
  
1 
 | 
  |||||||
2 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  |||||||
4 
 | 
  |||||||
5 
 | 
  |||||||
6 
 | 
  |||||||
7 
 | 
  |||||||
8 
 | 
  |||||||
9 
 | 
  |||||||
10 
 | 
  
Mengetahui 
Waka
  Kurikulum 
Umul
  Latifa, S.Pd 
                      NIP  
 | 
  
Guru
  Kelas 3, 
Meinar
  Arika Prihanani, SS 
             NIP 
 | 
                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah
                  Siti Anisatun Nadziroh, SE

