Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
 
 
 
 
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                Satuan
pendidikan                :  SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         : 
1-2 / ke 4
                                                Alokasi
waktu                        :  1 hari (2x35 menit)
A.   
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B.    
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.05 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.08 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.5.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang macam-macam warna dan nama-nama
pakaian
4.8.1
Menuliskan nama-nama pakaian
C.   
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengingat kosakata nama-nama warna dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa mengetahui dan dapat mengucapkan kosakata nama-nama
pakaian dengan percaya
diri 
D.   
Materi
Pembelajaran
 Pertemuan
1                                      
Colours
Nada lagu: Nona Manis
Warna
merah itu red, warna putih itu white
Warna
hitam itu black, warna biru itu blue
Warna
kuning itu yellow, warna hijau itu green
Warna
coklat itu brown, warna ungu itu purple
Merah
muda itu pink, warna oranye itu orange
Abu-abu
itu grey. 
They
are the names of colours
Pertemuan 1  
Clothes and
colours
Nada lagu: Baju
Baru
I.
         Cap dan hat artinya topi                     
            Veil itu artinya jilbab                          
            Tie itu artinya dasi                              
            Shirt itu artinya kemeja                       
            T-shirt itu artinya kaos                        
            Shorts itu celana pendek                     
            Trousers itu celana panjang                 
            Skirt itu berarti rok                                          
II.        Jacket itu artinya jaket
Jumper itu jaket bertopi
Glasses itu kacamata
Coat itu artinya jas
Dress itu artinya gaun
Glove itu sarung tangan
Socks itu kaos kaki
Shoes itu artinya sepatu
III.
      Ribbon itu artinya pita
            Blouse itu atasan wanita
            Uniform itu seragam
            Belt itu ikat pinggang 
E.   Pendekatan & Metode
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  :
Picture and Picture
F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
/ Internet                          
        Lagu                    
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·      Salam
  pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·      Guru mengadakan
  games.  
Guru mengucapkan red clap,
  siswa tepuk 1x. 
Guru mengucapkan yellow clap,
  siswa tepuk 2x. 
Guru mengucapkan green clap,
  siswa tepuk 3x. 
Guru mengulang secara acak dan
  secara cepat untuk melatih konsentrasi siswa. 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·       
  Guru membimbing siswa untuk mengingat
  kembali macam-macam warna. (elaborasi, mengkomunikasikan) 
·      Guru menuliskan
  colours dipapan tulis. Guru
  meminta siswa secara bergantian untuk menuliskan
  macam-macam warna. Guru membahas
  semua jawaban yang ada, memberikan penghargaan bagi siswa yang masih mengingatnya
  dan memotivasi bagi siswa yang sudah lupa. Guru menekankan sekali lagi bahwa
  siswa sudah harus mengingat penulisan macam-macam warna dengan benar. 
(mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan)  
·      Guru meminta
  siswa secara bergantian untuk menyebutkan macam-macam pakaian yang mereka
  ketahui dalam Bahasa Indonesia. 
 (mencoba,
   elaborasi) 
·      Guru
  mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Baju Baru”. Guru memberitahukan bahwa
  lagu tersebut akan dipakai untuk lagu tentang macam-macam pakaian. Setelah menuliskannya
  lagunya dipapan tulis, guru menjelaskan beberapa kosakata tentang pakaian
  yang asing bagi siswa.  Lalu guru
  memberikan contoh menyanyikannya, setelah siswa selesai mencatat kemudian mengajak
  siswa untuk menyanyikannya secara klasikal. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
  mengkomunikasikan) 
·      Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana
  pemahaman siswa terhadap materi.  
 (elaborasi,
  konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya
  diri, tanggung jawab, santun) 
·       
  Guru
  memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba) 
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·          
  Membangun
  motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
  maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu. 
·          
  Mengingatkan
  siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah UH Months, memotivasi siswa supaya
  rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Pertemuan
ke 2
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·      Salam
  pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·      Guru menanyakan
  apakah sudah siap untuk UH Months. 
·      Guru
  memancing dengan beberapa pertanyaan untuk sekedar merefresh materi. 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·          
  Guru memberikan
  kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada materi yang kurang mereka
  pahami. (menanya, percaya diri). 
·          
  Siswa
  megerjakan soal UH Months. (percaya diri, mencoba, patuh) 
·                                      
    
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·       
  Membangun
  motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
  untuk membahagiakan orang tua. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Mengetahui 
Waka
  Kurikulum 
Umul
  Latifa, S.Pd 
                      NIP  
 | 
  
Guru
  Kelas 3, 
Meinar
  Arika Prihanani, SS 
             NIP 
 | 
 
                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah
