Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Clothes and colours 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Clothes and colours
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.05 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.08 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.5.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang macam-macam warna dan nama-nama
pakaian
4.8.1
Menuliskan nama-nama pakaian
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengingat kosakata nama-nama warna dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa mengetahui dan dapat mengucapkan kosakata nama-nama
pakaian dengan percaya
diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Colours
Nada lagu: Nona Manis
Warna
merah itu red, warna putih itu white
Warna
hitam itu black, warna biru itu blue
Warna
kuning itu yellow, warna hijau itu green
Warna
coklat itu brown, warna ungu itu purple
Merah
muda itu pink, warna oranye itu orange
Abu-abu
itu grey.
They
are the names of colours
Pertemuan 1
Clothes and
colours
Nada lagu: Baju
Baru
I.
Cap dan hat artinya topi
Veil itu artinya jilbab
Tie itu artinya dasi
Shirt itu artinya kemeja
T-shirt itu artinya kaos
Shorts itu celana pendek
Trousers itu celana panjang
Skirt itu berarti rok
II. Jacket itu artinya jaket
Jumper itu jaket bertopi
Glasses itu kacamata
Coat itu artinya jas
Dress itu artinya gaun
Glove itu sarung tangan
Socks itu kaos kaki
Shoes itu artinya sepatu
III.
Ribbon itu artinya pita
Blouse itu atasan wanita
Uniform itu seragam
Belt itu ikat pinggang
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
/ Internet
Lagu
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games.
Guru mengucapkan red clap,
siswa tepuk 1x.
Guru mengucapkan yellow clap,
siswa tepuk 2x.
Guru mengucapkan green clap,
siswa tepuk 3x.
Guru mengulang secara acak dan
secara cepat untuk melatih konsentrasi siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru membimbing siswa untuk mengingat
kembali macam-macam warna. (elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru menuliskan
colours dipapan tulis. Guru
meminta siswa secara bergantian untuk menuliskan
macam-macam warna. Guru membahas
semua jawaban yang ada, memberikan penghargaan bagi siswa yang masih mengingatnya
dan memotivasi bagi siswa yang sudah lupa. Guru menekankan sekali lagi bahwa
siswa sudah harus mengingat penulisan macam-macam warna dengan benar.
(mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru meminta
siswa secara bergantian untuk menyebutkan macam-macam pakaian yang mereka
ketahui dalam Bahasa Indonesia.
(mencoba,
elaborasi)
· Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Baju Baru”. Guru memberitahukan bahwa
lagu tersebut akan dipakai untuk lagu tentang macam-macam pakaian. Setelah menuliskannya
lagunya dipapan tulis, guru menjelaskan beberapa kosakata tentang pakaian
yang asing bagi siswa. Lalu guru
memberikan contoh menyanyikannya, setelah siswa selesai mencatat kemudian mengajak
siswa untuk menyanyikannya secara klasikal. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
· Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa terhadap materi.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengingatkan
siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah UH Months, memotivasi siswa supaya
rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan
apakah sudah siap untuk UH Months.
· Guru
memancing dengan beberapa pertanyaan untuk sekedar merefresh materi.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada materi yang kurang mereka
pahami. (menanya, percaya diri).
·
Siswa
megerjakan soal UH Months. (percaya diri, mencoba, patuh)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah