RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : Bathroom
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.3 Mengetahui
benda-benda di kamar mandi
4.1.4 Menyebutkan
benda-benda di kamar mandi
4.1.5 Menuliskan benda-benda
di kamar mandi
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata benda-benda di kamar mandi
dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan
kosakata benda-benda di kamar mandi
dengan percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan
kosakata benda-benda di kamar mandi
dengan tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
Kosakata
benda-benda di kamar mandi (Enjoy and Easy
English
halaman 34-35)
Pertemuan 1
Lagu Bathroom
Nada lagu : Pelangi
Soap itu sabun, shampoo itu shampoo
Tooth brush sikat gigi
Tooth paste pasta gigi
Towel itu handuk
Dipper itu gayung
Tap itu kran dan bathtub bak mandi
Water itu air, pail itu ember
Brush itu sikat
Razor alat pencukur
Shower itu pancuran
Toilet itu kloset
Comb itu sisir, mirror itu cermin
This = ini
This is a … = ini
adalah sebuah …
This is not a … = ini bukan
sebuah …
That = itu
That is a … = itu
adalah sebuah …
That is not a … = itu bukan sebuah …
Pertemuan 2
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “kamar mandi” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga kebersihan tubuh kita.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My
Bedroom sebagai awal kegiatan, selain juga sebagai refres materi sebelumnya.
(mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja
benda-benda di kamar mandi yang mereka ketahui?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru membahas benda-benda
di kamar mandi beserta artinya dan merangkum kosakatanya kedalam lagu my bathroom. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin lagu My Bathroom pada buku catatan mereka.
6. Siswa diminta menyanyikannya secara berkelompok (mencoba).
7. Siswa dengan
bimbingan guru mengerjakan soal-soal di buku paket.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “kamar mandi” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki rumah yang layak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Bathroom sebagai awal kegiatan.
(mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
·
Apa saja
benda-benda di kamar mandi yang mereka ketahui?
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
(mengumpulkan informasi)
4. Guru
menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca dari bacaan di buku paket
hal. 37. Guru memberikan contoh cara membaca yang tepat, serta mengartikannya
secara sekilas. Siswa yang belum dipanggil, mengartikan teks bacaan untuk
memperdalam pemahaman tentang benda-benda di kamar mandi. (mengkomunikasikan, mencoba)
5. Siswa menyalin catatan dan mengerjakan tugas mengartikan langsung
pada buku paket mereka masing-masing.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
G.
PENILAIAN
1.
Tes Lisan
2.
Skala sikap
Format penilaian
No
|
Nama
|
Pronounciation
|
Intonation
|
Fluency
|
Total
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= sedang,
3= cukup baik, 4= baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,67
(nilai tertinggi)
H.
SUMBER / ALAT
BELAJAR
·
Buku paket
·
Buku penunjang dari
guru
·
Gambar benda-benda di kamar mandi
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 1,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE