-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA BATHROOM 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA BATHROOM 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 1 (Satu)
                               Tema / topik                    :  Bathroom
                               Pertemuan ke / minggu  :  1-2 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
1.2.3   Mengetahui benda-benda di kamar mandi
4.1.4   Menyebutkan benda-benda di kamar mandi
      4.1.5   Menuliskan benda-benda di kamar mandi

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui kosakata benda-benda di kamar mandi dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan kosakata benda-benda di kamar mandi dengan percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan kosakata benda-benda di kamar mandi dengan tanggung jawab

D.    Materi Pembelajaran

Kosakata benda-benda di kamar mandi (Enjoy and Easy English halaman 34-35)
                                                                                                   
Pertemuan 1
Lagu Bathroom
Nada lagu : Pelangi

Soap itu sabun, shampoo itu shampoo
Tooth brush sikat gigi
Tooth paste pasta gigi
Towel itu handuk
Dipper itu gayung
Tap itu kran dan bathtub bak mandi

Water itu air, pail itu ember
Brush itu sikat
Razor alat pencukur
Shower itu pancuran
Toilet itu kloset
Comb itu sisir, mirror itu cermin


                                                                                                   
 This = ini
This is a …         = ini adalah sebuah …
This is not a …  = ini bukan sebuah …

That = itu
That is a …        = itu adalah sebuah …
That is not a … = itu bukan sebuah …




Pertemuan 2

E.     Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan


F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Kartu gambar                              
Kartu kata                                               
                                        
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “kamar mandi” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga kebersihan tubuh kita.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My Bedroom sebagai awal kegiatan, selain juga sebagai refres materi sebelumnya.       (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
    • Apa saja benda-benda di kamar mandi yang mereka ketahui?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru membahas benda-benda di kamar mandi beserta artinya dan merangkum kosakatanya kedalam lagu my bathroom. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin lagu My Bathroom pada buku catatan mereka.
6. Siswa diminta menyanyikannya secara berkelompok (mencoba).
7. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan soal-soal di buku paket.
50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “kamar mandi” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki rumah yang layak.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Bathroom sebagai awal kegiatan.       (mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
·         Apa saja benda-benda di kamar mandi yang mereka ketahui?
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca dari bacaan di buku paket hal. 37. Guru memberikan contoh cara membaca yang tepat, serta mengartikannya secara sekilas. Siswa yang belum dipanggil, mengartikan teks bacaan untuk memperdalam pemahaman tentang benda-benda di kamar mandi. (mengkomunikasikan, mencoba)
5. Siswa menyalin catatan dan mengerjakan tugas mengartikan langsung pada buku paket mereka masing-masing.

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit


G.    PENILAIAN
1.      Tes Lisan
2.      Skala sikap

           Format penilaian
No
Nama
Pronounciation
Intonation
Fluency
Total
1.





2.





3.





4.






          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= sedang, 3= cukup baik, 4= baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,67 (nilai tertinggi)


H.    SUMBER / ALAT BELAJAR
·         Buku paket
·         Buku penunjang dari guru
·         Gambar benda-benda di kamar mandi





Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 1,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE

                                                            



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar