RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas / semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema : Bedroom
Petemuan ke / minggu : 5-6 / 3
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi (SK)
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B. Kompetensi
Dasar (KD)
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima.
Indikator:
4.1.1.
Memahami
pemakaian “Is there a .... ?” atau “Are there ... ?”
4.1.2.
Memahami
pemakaian kata tanya “how” dan “how many”
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati penjelasan
guru, siswa dapat memahami pemakaian “Is there ...?” atau “Are there ...?” dengan percaya diri
2. Setelah mengamati contoh dari
guru, siswa dapat membuat kalimat pertanyaan
“Is there ...?”
atau “Are there ...?” beserta cara
menjawabnya dengan percaya diri
3. Setelah mengamati penjelasan dan contoh dari
guru, siswa dapat memahami kalimat pertanyaan
“How” atau “How
many” beserta cara menjawabnya dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Is there ... ? atau Are there ... ? artinya Apakah ada ... ?
Contoh :
Is there a bed in the bedroom? Apakah ada sebuah tempat
tidur di kamar tidur?
Yes, there is / No, there is not Ya, ada. / Tidak, tidak ada.
Are there two pillows in the
bedroom? Apakah ada dua bantal di
kamar tidur?
Yes,
there are / No, there are not Ya,
ada / Tidak, tidak ada.
How artinya bagaimana. Kata sifat untuk menjawab how seperti; big, clean, small,
beautiful, nice, etc.
How many artinya berapa. Jawabannya memakai jumlah (one, two, three, four,
five, etc )
Contoh :
How is the bedroom? Bagaimana kamar tidurnya?
The bedroom is clean. Kamar tidurnya bersih.
The bedroom is big. Kamar
tidurnya besar.
How many bed is there in the
bedroom? Berapa tempat tidur yang
ada di kamar tidur?
There is one bed. Ada
satu tempat tidur.
How many pillows are there in
the bed? Berapa
bantal yang ada di tempat tidur?
There
are two pillows. Ada
dua bantal.
E.
Metode dan
Pendekatan
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Gambar
kamar tidur
Gambar benda-benda di kamar tidur
Buku
siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan things in the
bedroom dan there is/there are untuk memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau menfaat materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang
telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai
awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menyajikan beberapa kalimat dengan There is / There are.Siswa menjawab pertanyaan guru. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
• Apa arti There?
• Apa bedanya There
is dengan There are?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagaimana membuat kalimat
pertanyaan Is there a ... ? atau Are there ... ? beserta cara menjawabnya
sekaligus mengetahui artinya. (mengkomunikasikan)
5. Siswa dibagi menjadi enam
kelompok.
6. Siswa diminta besrdiskusi dan menyusun kalimat pertanyaan dengan Is
there a ...? atau Are there ... ? kemudian menjawab kalimat yang telah mereka
susun berdasarkan gambar yang tertera pada lembar kerja kelompok. (mencoba/eksperimen).
7. Perwakilan kelompok maju satu persatu untuk membacakan hasil diskusinya.
Guru memberikan koreksi untuk jawaban yang benar. (mengkomunikasikan)
8. Siswa mengerjakan soal berdasarkan gambar yang ada di papan tulis (mengkomunikasikan)
9. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk
berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi
kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur
karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
|
40 menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan things in the
bedroom dan how
dan how many untuk memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang
telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai
awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menyajikan sebuah bacaan. Siswa menjawab
pertanyaan guru. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
• Kalimat manakah yang merupakan jawaban dari
pertanyaan “how”?
• Kalimat manakah
yang merupakan jawaban dari pertanyaan “how
many”?
·
Apa
bedanya how dengan how many?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang how
artinya bagaimana, berarti menanyakan sifatnya. Jawabannya seperti besar
(big), kecil (small), indah (beautiful), nyaman (nice), baik (good), bad
(jelek) dan lain-lain. How many artinya berapa, berarti menanyakan jumlah.
Jawabannya pasti ada angkanya seperti one, two, three, four, dan seterusnya. (mengkomunikasikan)
5. Siswa dibagi menjadi enam
kelompok.
6. Siswa diminta berdiskusi menjawab
pertanyaan pada lembar
kerja kelompok. (mencoba/eksperimen).
7. Perwakilan kelompok maju satu persatu untuk membacakan hasil diskusinya.
Guru memberikan koreksi untuk jawaban yang benar. (mengkomunikasikan)
8. Siswa mengerjakan soal berdasarkan bacaan yang ada di
papan tulis (mencoba/eksperimen)
9. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk
berpikir sehingga manusia
bisa membedakan
mana yang baik dan buruk. Oleh karena itu, kita harus selalu
bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
|
40 menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
- Teknik
Penilaian
a. Sikap : Tanggung Jawab, Bekerja Sama dan Santun
b.
Pengatahuan :
Tes Tulis latihan di buku siswa
- Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Lembar observasi
siswa
Minggu ke 2
Bulan September 2014 Tema
: Bedroom
No
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
Bekerja Sama
|
|||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
Keterangan :
1.
Percaya Diri :
4 : Jika siswa selalu aktif pada seluruh
proses pembelajaran
3 : Jika siswa aktif dalam sebagian
besar proses pembelajaran
2 : Jika siswa kadang kala aktif selama
proses pembelajaran
1 :Jika siswa pasif selama proses pembelajaran
2. Tanggung
jawab:
4 :
Jika siswa selalu mengikuti aturan selama proses pembelajran
3 :
Jika siswa sesekali tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
2 :
Jika siswa sering tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
1 :
Jika siswa tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
3. Bekerja Sama :
4 :
Jika siswa selalu menunjukkan sikap bekerja sama selama kerja kelompok
3 :
Jika siswa sesekali menunjukkan sikap kurang bekerja sama selama kerja kelompok
2 :
Jika siswa sering tidak bekerja sama selama mengikuti kerja kelompok
1 :
Jika siswa tidak bekerja sama selama kerja kelompok
Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1.
...................................... 4.
..........................................
2.
...................................... 5.
..........................................
3.
...................................... 6.
..........................................
Arrange the words into the good sentences. ( Susunlah kata-kata ini menjadi
kalimat yang benar )
1. ? – bedroom – the – in – wardrobe – a – there – Is
...........................................................................
2. in – Is – bedroom – fan – the –
there – a – ?
...........................................................................
3. pillows – ? – there – bedroom –
the – Are – two – in
...........................................................................
4. bed – bedroom – ? – Is – the – a
– there – in
...........................................................................
5. there – ? – a – in – the –
blanket – Is – bedroom
..........................................................................
Answer the
questions above base on the picture,
using “Yes, there is / No, there is not”
or
“Yes, there are / No, there are not”
Jawablah
pertanyaan yang sudah kalian susun diatas dengan “Yes, there is” / “No, there is not” atau
“Yes, there are / No, there are not”
1.
..........................................
2.
..........................................
3.
..........................................
4.
..........................................
5.
.........................................
Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1.
...................................... 4.
..........................................
2.
...................................... 5.
..........................................
3.
...................................... 6.
..........................................
Bedroom
This is my bedroom.
It is small but clean.
There is one bed in my bedroom
There are two pillows, one bolster,
one blanket and three dolls in my bed.
My bed is very tidy because I always
tidy up my bed every morning.
Answer the questions base on the text!
- How is your bedroom?
……………………………………………………………………………………………………….
- How many bed is there in your
bedroom?
..............................................................................
- How many pillows are there in
your bedroom? ………………………………………………………………….
- How many dolls are there in your
bedroom?
…………………………………………………………………….
- How is your bed?
……………………………………………………………………………………………………………….
Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1.
...................................... 4.
..........................................
2.
...................................... 5.
..........................................
3.
...................................... 6.
..........................................
Bedroom
This is my bedroom.
It is small but clean.
There is one bed in my bedroom
There are two pillows, one bolster,
one blanket and three dolls in my bed.
My bed is very tidy because I always
tidy up my bed every morning.
Answer the questions base on the text!
- How is your bedroom?
……………………………………………………………………………………………………….
- How many bed is there in your
bedroom?
..............................................................................
- How many pillows are there in
your bedroom? ………………………………………………………………….
- How many dolls are there in your
bedroom?
…………………………………………………………………….
- How is your bed?
……………………………………………………………………………………………………………….
Kunci jawaban “Is there a ….? “ atau “Are there …?”:
- Is there a wardrobe in the bedroom?
- Is there a fan in the bedroom?
- Are there two pillows in the bedroom?
- Is there a bed in the bedroom?
- Is there a blanket in the bedroom?
- Yes, there is
- No, there is not
- Yes, there are
- Yes, there is
- Yes, there is
Skor = 100 / 100 x 100 = 100
Kunci jawaban “How” and “how many” :
1.
My
bedroom is small but clean.
2.
There
is one bed in my bedroom.
3.
There
are two pillows in my bedroom.
4.
There
are three dolls in my bedroom.
5.
My
bed is very tidy.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|