-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA BEDROOM 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA BEDROOM 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Bidang Studi                   :  Bahasa Inggris
                               Kelas / semester              :  2 (dua) / 1 (satu)
                               Tema                                :  Bedroom
                               Petemuan ke / minggu    :  5-6 / 3
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )


A.    Standar Kompetensi (SK)

4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  Kompetensi Dasar (KD)

4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Indikator:

4.1.1.  Memahami pemakaian “Is there a .... ?” atau “Are there ... ?”
4.1.2.  Memahami pemakaian kata tanya “how” dan “how many”


C. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat memahami pemakaian “Is there ...?” atau “Are there ...?” dengan percaya diri
2. Setelah mengamati contoh dari guru, siswa dapat membuat kalimat pertanyaan “Is there ...?” atau “Are there ...?” beserta cara menjawabnya dengan percaya diri
3. Setelah mengamati penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat memahami kalimat pertanyaan “How” atau “How many” beserta cara menjawabnya dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

Is there ... ? atau Are there ... ?  artinya Apakah ada ... ?
Contoh :
Is there a bed in the bedroom?                   Apakah ada sebuah tempat tidur di kamar tidur?
       Yes, there is / No, there is not                         Ya, ada. / Tidak, tidak ada.
Are there two pillows in the bedroom?      Apakah ada dua bantal di kamar tidur?
       Yes, there are / No, there are not                    Ya, ada / Tidak, tidak ada.



How artinya bagaimana. Kata sifat untuk menjawab how seperti; big, clean, small, beautiful, nice, etc.  
How many artinya berapa. Jawabannya memakai jumlah (one, two, three, four, five, etc )
Contoh :
How is the bedroom?                                           Bagaimana kamar tidurnya?
     The bedroom is clean.                                                 Kamar tidurnya bersih.
     The bedroom is big.                                                    Kamar tidurnya besar.
How many bed is there in the bedroom?             Berapa tempat tidur yang ada di kamar tidur?
     There is one bed.                                                         Ada satu tempat tidur.
How many pillows are there in the bed?             Berapa bantal yang ada di tempat tidur?
     There are two pillows.                                                 Ada dua bantal. 
 




E.     Metode dan Pendekatan

Pendekatan          : Scientifik
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Gambar kamar tidur                               
Gambar benda-benda di kamar tidur                             
Buku siswa                                                                                                                                                                     
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom)                       dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan things in the bedroom dan there is/there are untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau menfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menyajikan beberapa kalimat dengan There is / There are.Siswa menjawab pertanyaan guru. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
    • Apa arti There?
    • Apa bedanya There is dengan There are?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagaimana membuat kalimat pertanyaan Is there a ... ? atau Are there ... ? beserta cara menjawabnya sekaligus mengetahui artinya. (mengkomunikasikan)
5. Siswa dibagi menjadi enam kelompok.
6. Siswa diminta besrdiskusi dan menyusun kalimat pertanyaan dengan Is there a ...? atau Are there ... ? kemudian menjawab kalimat yang telah mereka susun berdasarkan gambar yang tertera pada lembar kerja kelompok. (mencoba/eksperimen).
7. Perwakilan kelompok maju satu persatu untuk membacakan hasil diskusinya. Guru memberikan koreksi untuk jawaban yang benar. (mengkomunikasikan)
8. Siswa mengerjakan soal berdasarkan gambar yang ada di papan tulis (mengkomunikasikan)
 9. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
40 menit

Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom)                       dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan things in the bedroom dan how dan how many untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menyajikan sebuah bacaan. Siswa menjawab pertanyaan guru. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
    •   Kalimat manakah yang merupakan jawaban dari pertanyaan “how”?
    • Kalimat manakah yang merupakan jawaban dari pertanyaan “how  many”?
·         Apa bedanya how dengan how many?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang how artinya bagaimana, berarti menanyakan sifatnya. Jawabannya seperti besar (big), kecil (small), indah (beautiful), nyaman (nice), baik (good), bad (jelek) dan lain-lain. How many artinya berapa, berarti menanyakan jumlah. Jawabannya pasti ada angkanya seperti one, two, three, four, dan seterusnya.  (mengkomunikasikan)
5. Siswa dibagi menjadi enam kelompok.
6. Siswa diminta berdiskusi menjawab pertanyaan pada lembar kerja kelompok. (mencoba/eksperimen).
7. Perwakilan kelompok maju satu persatu untuk membacakan hasil diskusinya. Guru memberikan koreksi untuk jawaban yang benar. (mengkomunikasikan)
8. Siswa mengerjakan soal berdasarkan bacaan yang ada di papan tulis (mencoba/eksperimen)
 9. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga manusia bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
40 menit

Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit


H.    Penilaian

  1. Teknik Penilaian
a.       Sikap                     : Tanggung Jawab,  Bekerja Sama dan Santun
b.      Pengatahuan          : Tes Tulis latihan di buku siswa

  1. Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Lembar observasi siswa

Minggu ke 2 Bulan September 2014                                                        Tema   : Bedroom
No




Nama
Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Tanggung Jawab

Bekerja Sama
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1














2













3














Keterangan :
1.      Percaya Diri   :
4          : Jika siswa selalu aktif pada seluruh proses pembelajaran
3          : Jika siswa aktif dalam sebagian besar proses pembelajaran
2          : Jika siswa kadang kala aktif selama proses pembelajaran
1          :Jika siswa  pasif selama proses pembelajaran
2.  Tanggung jawab:
      4          : Jika siswa selalu mengikuti aturan selama proses pembelajran
      3          : Jika siswa sesekali tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
      2          : Jika siswa sering tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
      1          : Jika siswa tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran
3. Bekerja Sama              :
      4          : Jika siswa selalu menunjukkan sikap bekerja sama selama kerja kelompok
      3          : Jika siswa sesekali menunjukkan sikap kurang bekerja sama selama kerja kelompok
      2          : Jika siswa sering tidak bekerja sama selama mengikuti kerja kelompok
      1          : Jika siswa tidak bekerja sama selama kerja kelompok










Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1. ......................................                        4. ..........................................
                                2. ......................................                         5. ..........................................
                                3. ......................................                         6. ..........................................

Arrange the words into the good sentences. ( Susunlah kata-kata ini menjadi kalimat yang benar )
1.  ? – bedroom – the – in – wardrobe – a – there – Is
      ...........................................................................
2. in – Is – bedroom – fan – the – there – a – ?
     ...........................................................................
3. pillows – ? – there – bedroom – the – Are – two – in
     ...........................................................................
4. bed – bedroom – ? – Is – the – a – there – in
    ...........................................................................
5. there – ? – a – in – the – blanket – Is – bedroom
    ..........................................................................








Answer the questions above  base on the picture, using “Yes, there is / No, there is not” or
“Yes, there are / No, there are not”
Jawablah pertanyaan yang sudah kalian susun diatas dengan “Yes, there is”  / “No, there is not” atau
                                                                                                             “Yes, there are / No, there are not”
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. .........................................

Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1. ......................................                        4. ..........................................
                                2. ......................................                         5. ..........................................
                                3. ......................................                         6. ..........................................
Bedroom
This is my bedroom.
It is small  but clean.
There is one bed in my bedroom
There are two pillows, one bolster, one blanket and three dolls in my bed.
My bed is very tidy because I always tidy up my bed every morning.
Answer the questions base on the text!
  1. How is your bedroom? ……………………………………………………………………………………………………….
  2. How many bed is there in your bedroom? ..............................................................................
  3. How many pillows are there in your bedroom? ………………………………………………………………….
  4. How many dolls are there in your bedroom?  …………………………………………………………………….
  5. How is your bed?  ……………………………………………………………………………………………………………….

Lembar Kerja Kelompok
Nama anggota : 1. ......................................                        4. ..........................................
                                2. ......................................                         5. ..........................................
                                3. ......................................                         6. ..........................................
Bedroom
This is my bedroom.
It is small  but clean.
There is one bed in my bedroom
There are two pillows, one bolster, one blanket and three dolls in my bed.
My bed is very tidy because I always tidy up my bed every morning.
Answer the questions base on the text!
  1. How is your bedroom? ……………………………………………………………………………………………………….
  2. How many bed is there in your bedroom? ..............................................................................
  3. How many pillows are there in your bedroom? ………………………………………………………………….
  4. How many dolls are there in your bedroom?  …………………………………………………………………….
  5. How is your bed?  ……………………………………………………………………………………………………………….
Kunci jawaban  “Is there a ….? “ atau “Are there …?”:
  1. Is there a wardrobe in the bedroom?
  2. Is there a fan in the bedroom?
  3. Are there two pillows in the bedroom?
  4. Is there a bed in the bedroom?
  5. Is there a blanket in the bedroom?
  1. Yes, there is
  2. No, there is not
  3. Yes, there are
  4. Yes, there is
  5. Yes, there is
Skor = 100 / 100 x 100 = 100

Kunci jawaban “How” and “how many” :
1.      My bedroom is small but clean.
2.      There is one bed in my bedroom.
3.      There are two pillows in my bedroom.
4.      There are three dolls in my bedroom.
5.      My bed is very tidy.


Mengetahui
Kepala Sekolah

_____________________________
           NIP
Guru Kelas 1,


__________________________
               NIP











Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar