RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas / semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema : Bedroom
Petemuan ke / minggu : 7-8 / 4
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi (SK)
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima.
Indikator:
1.2.2 Menyimak dan memahami pengucapan kosakata benda-benda di
kamar tidur
4.2.2 Memahami dan menulis
kembali kosakata benda-benda di kamar tidur
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak
penjelasan guru, siswa dapat memahami pengucapan kosakata benda-benda di kamar tidur dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kosakata benda-benda di kamar tidur dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Kosakata benda-benda di kamar tidur
(beserta cara
pengucapannya)
1. bedroom (bed’rum) 8. hanger (haenger)
2. bed (bed) 9. doll (dal)
3. pillow (pilow) 10. mattress (maetres)
4. bolster (bowlster) 11. comb (kowm)
5. blanket (blaengkit) 12. chair (cer)
6. mirror (mirer) 13. table (teibel)
7. wardrobe (wordrowb) 14. clock (klak)
|
(beserta cara pengucapannya)
1. bedroom (bed’rum) 8. hanger (haenger)
2. bed (bed) 9.
doll (dal)
3. pillow (pilow) 10. mattress (maetres)
4. bolster (bowlster) 11. comb (kowm)
5. blanket (blaengkit) 12. chair (cer)
6. mirror (mirer) 13. table (teibel)
7. wardrobe (wordrowb) 14. clock (klak)
E.
Metode dan
Pendekatan
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Kartu kata benda-benda di kamar tidur
Gambar benda-benda di kamar tidur
Buku
siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan pengucapan
benda-benda di kamar tidur untuk memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang
telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai
awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menempel gambar benda-benda di kamar tidur pada papan tulis secara
acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan ejaan kosakata benda-benda
tersebut. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis
dengan cara mencocokkan dengan kartu kata yang ditunjukkan guru. (mengkomunikasikan)
5. Siswa
dipersilakan
menyiapkan alat tulis sebagai persiapan evaluasi.
6. Guru membacakan kalimat tiap nomer sebanyak 3 kali, siswa menyimak
kalimat tersebut yang tertera di lembar evaluasi mendengar dan menulis,
kemudian melengkapi kosakata yang hilang sesuai yang dibacakan guru. (mencoba/eksperimen).
7. Guru
memberikan latihan soal untuk persiapan UH
8. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa
Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga bisa menciptakan
berbagai macam benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh
karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak
untuk berpikir.
|
40 menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bedroom yang
telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai
awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru membagikan lembar UH dan siswa mengerjakan secara mandiri.
|
45
menit
|
Penutup
|
• Guru mengajak
siswa mengucap hamdallah karena telah menyelesaikan UH
sebagai akhir kegiatan
pembelajaran
|
5 Menit
|
H.
Penilaian
- Teknik
Penilaian
a. Pengetahuan : Tes Tulis
- Bentuk
Instrumen Penilaian
Skor tiap nomor berbeda tergantung jumlah huruf pada tiap kata.
Poin 10 dibagi banyaknya huruf.
Kunci jawaban :
1. bedroom 10 : 7 = 1,4
2. blanket 10 : 7 = 1,4
3. bolster 10 : 7 = 1,4
4. wardrobe 10 : 8 = 1,25
5. pillow 10 : 6 = 1,6
6. table lamp 10 : 9 = 1,1
7. doll 10 : 4 = 2,5
8. mirror 10 : 6 = 1,6
9. comb 10 : 4 = 2,5
10. hanger 10 : 6 = 1,6
SOAL LISTENING AND WRITING TEST “BEDROOM”
1. I study and sleep in my bedroom.
2. I have a soft and beautiful blanket.
3. My bolster
is long.
4. I put my clothes in my wardrobe.
5. Bring me the pillow
please.
6. I study using a table lamp.
7. My sister has a beautiful doll.
8. I am standing in front of the mirror.
9. Let me comb
your hair for you.
10. I am hanging my T-shirt using a hanger.
1. I study and sleep in my ....
2. I have a soft and beautiful ....
3. My ... is long.
4. I put my clothes in my ....
5. Bring me the ...
please.
6. I study using a ....
7. My sister has a beautiful ....
8. I am standing in front of the ....
9. Let me ...
your hair for you.
10. I am hanging my T-shirt using a ....
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
Gambar benda-benda di kamar tidur:
Bedroom Bed
Pillow Bolster
Blanket Comb
Wardrobe Doll
Table lamp
Hanger Mirror
1. I study and sleep in my ....
2. I have a soft and beautiful ....
3. My ... is long.
4. I put my clothes in my ....
5. Bring me the ...
please.
6. I study using a ....
7. My sister has a beautiful ....
8. I am standing in front of the ....
9. Let me ...
your hair for you.
10. I am hanging my T-shirt using a ....
1. I study and sleep in my ....
2. I have a soft and beautiful ....
3. My ... is long.
4. I put my clothes in my ....
5. Bring me the ...
please.
6. I study using a ....
7. My sister has a beautiful ....
8. I am standing in front of the ....
9. Let me ...
your hair for you.
10. I am hanging my T-shirt using a ....