-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA BATHROOM 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA BATHROOM 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Bidang Studi                   :  Bahasa Inggris
                               Kelas / semester              :  2 (dua) / 1 (satu)
                               Tema                                :  Bathroom
                               Petemuan ke / minggu    :  7-8 / 4
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )

A.    Standar Kompetensi (SK)

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Indikator:

1.2.3  Menyimak dan memahami pengucapan kosakata benda-benda di kamar mandi
4.2.3  Memahami dan menulis kembali kosakata benda-benda di kamar mandi


C. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat memahami pengucapan kosakata benda-benda di kamar mandi dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kosakata benda-benda di kamar mandi dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
Kosakata benda-benda di kamar mandi
(beserta cara pengucapannya)
1. bathroom            (bathrum)                    8. water                       (wote) 
2. toothbrush          (tutbras)                       9. Pail                          (peil)
3. toothpaste           (tutpeis)                       10. brush                     (bras)
4. towel                  (tauwel)                       11. razor                      (rezer)
5. dipper                 (diper)                         12. shower                   (syawe)
6. tap                      (tep)                             13. toilet                      (toillit)
7. bathtub               (bathtab)                      14. comb                     (kamb)


New : baru (ditulis sebelum benda yang diaksud)
Contoh : pensil baru = new pencil,     sebuah pensil baru = a new pencil
              kursi baru = new chair,          sebuah kursi baru = a new chair
My ... : .... kepunyaanku ( ditulis sebelum benda yang dimiliki)
Contoh : pensilku = my pencil,           pensil baruku = my new pencil
              Kursiku = my chair,              kursi baruku = my new chair
Not : bukan (ditulis setelah is / are)
Contoh            : Ini bukan sebuah pensil.
              This is not a pencil.
This : ini.        That : itu.       Is : adalah.     A : sebuah      Have : mempunyai

 











E.     Metode dan Pendekatan

Pendekatan          : Scientifik
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Gambar benda-benda di kamar tidur                             
Buku siswa                                                                                                                                                                     
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema bedroom)                       dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan pengucapan benda-benda di kamar mandi untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bathroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menempel gambar benda-benda di kamar mandi pada papan tulis secara acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan ejaan kosakata benda-benda tersebut. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis dengan cara mencocokkan dengan kartu kata yang ditunjukkan guru. (mengkomunikasikan)
5.  Siswa dipersilakan menyiapkan alat tulis sebagai persiapan evaluasi.
6. Guru membacakan kalimat tiap nomer sebanyak 3 kali, siswa menyimak dan menuliskan hanya sebuah kata saja yang berhubungan dengan kamar mandi sesuai yang dibacakan guru. (mencoba/eksperimen).
7. Guru memberikan latihan soal untuk persiapan UH
8.  Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
40 menit

Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit


Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema bathroom)                       dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu bathroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru membagikan lembar UH dan siswa mengerjakan secara mandiri.
45 menit

Penutup
    Guru mengajak siswa mengucap hamdallah karena telah menyelesaikan UH sebagai akhir kegiatan pembelajaran
5 Menit


H.    Penilaian

  1. Teknik Penilaian
a.       Pengetahuan                                              : Tes Tulis
b.      Keterampilan Mendengar dan menulis     : Tes tulis

  1. Bentuk Instrumen Penilaian

SOAL LISTENING AND WRITING TEST “BATHROOM”
1. I take a bath in the bathroom.
2. I use a soap to clean my body.
3. I use a shampoo to wash my hair.
4. I don’t forget to use a  towel to dry my body.
5. I don’t have a shower in my bathroom.
6. The bathtub is full of water.
7. My father cleans his moustache using a razor.
8. Brushing your teeth using a  tooth brush.
9. Don’t forget to use a tooth paste for cleaning your teeth.
10. Give me the pail please.





Skor tiap nomor berbeda tergantung jumlah huruf pada tiap kata.
Poin 10 dibagi banyaknya huruf.
Kunci jawaban :
1. bathroom           10 : 8 = 1,3
2. soap                   10 : 4 = 2,5
3. shampoo            10 : 7 = 1,4
4. towel                 10 : 5 = 2
5. shower               10 : 6 = 1,6
6. bathtub              10 : 7 = 1,4
7. razor                  10 : 5 = 2
8. tooth brush        10 : 10 = 1
9. tooth paste        10 : 10 = 1
10. pail                  10 : 4 = 2,5

Latihan Soal:

No 1-5 ubahlah kedalam Bahasa Inggris!
1. Itu adalah sebuah handuk baru : ...................................................................................................
2. Ini adalah sabun baruku : ..............................................................................................................
3. Ini bukan sebuah gayung : ............................................................................................................
4. Saya mempunyai sebuah shampo baru : ......................................................................................
5. Itu bukan sebuah bak mandi :.......................................................................................................
No 6-10 susunlah dan artikan!
6. shower – is – new – That – a : ......................................................................................................
    Artinya : ........................................................................................................................................
7. is – tap – This – not – a : ...............................................................................................................
    Artinya : ........................................................................................................................................
8. brush – a – I – new – have : ..........................................................................................................
    Artinya : ........................................................................................................................................
9. toilet – not – a – That – is : ...........................................................................................................
     Artinya : ........................................................................................................................................
10. a – This – bathroom – is : ...........................................................................................................
       Artinya : .....................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala Sekolah

_____________________________
           NIP
Guru Kelas 1,


__________________________
               NIP



 




SOAL LISTENING AND WRITING TEST “BATHROOM”

1. I take a bath in the bathroom.
2. I use a soap to clean my body.
3. I use a shampoo to wash my hair.
4. I don’t forget to use a  towel to dry my body.
5. I don’t have a shower in my bathroom.
6. The bathtub is full of water.
7. My father cleans his moustache using a razor.
8. Brushing your teeth using a  tooth brush.
9. Don’t forget to use a tooth paste for cleaning your teeth.
10. Give me the pail please.



Skor tiap nomor berbeda tergantung jumlah huruf pada tiap kata.
Poin 10 dibagi banyaknya huruf.
Kunci jawaban :
1. bathroom     10 : 8 = 1,3
2. soap            10 : 4 = 2,5
3. shampoo     10 : 7 = 1,4
4. towel           10 : 5 = 2
5. shower         10 : 6 = 1,6
6. bathtub        10 : 7 = 1,4
7. razor            10 : 5 = 2
8. tooth brush  10 : 10 = 1
9. tooth paste  10 : 10 = 1

10. pail            10 : 4 = 2,5



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar