RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : Kitchen
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 1
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.4 Mengetahui
benda-benda di dapur
4.1.4 Menyebutkan
benda-benda di dapur
4.1.5 Menuliskan benda-benda
di dapur
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata benda-benda di dapur dengan
percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan
kosakata benda-benda di dapur dengan
percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan
kosakata benda-benda di dapur dengan
tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Kosakata
ruangan-ruangan di rumah (Enjoy and Easy
English
halaman 42)
Pertemuan 1
Things
in the kitchen
- Stove : kompor
- Pan : panci
- Kettle : ceret
- Frying
pan : penggorengan / wajan
- Ladle : sendok sayur
- Plate : sendok
- Glass : gelas
- Spoon : sendok
- Fork : garpu
- Bowl : mangkok
- Blender : alat pencampur
- Knife : pisau
- Cup : cangkir
- Saucer : lepek
- Refrigerator : kulkas
- Grinder : ulekan
Grammar focus
Subject To
be
I → am
They → are
We →
He →
She → is
It →
Perbedaan :
I eat : saya makan
I am eating : saya sedang makan
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
UH
Tema Bathroom
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “dapur” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada
Tuhan karena
memiliki rumah yang layak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan lagu Where is mother? yang ada pada LKS hal. 19 (mengamati)
2.
Siswa
menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya).
• Which one the
correct?
“Chicken is in
the kitchen” or “Kitchen is in the chicken”
2. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
3. Siswa bersama guru membahas benda-benda
di dapur beserta artinya. Kemudian guru menghubungkan materi benda-benda di dapur dengan penggunaan
subject dan to be. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menuliskan artinya pada buku paket merekamasing-masing.
6. Siswa diminta menjawab soal hal 44-45 secara acak
(mencoba).
7. Siswa dengan
bimbingan guru mengartikan teks bacaan pada hal 46.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Soal latihan :
Fill
in the blank using “is / are
/ am” then
translate into Indonesia
1. I … eating.
2. You ... eating.
3. They ... drinking.
4. We ... drinking.
5. He ... eating.
Key
answer :
1. am Saya
sedang makan.
2. are Kamu
sedang makan.
3. are Mereka
sedang minum.
4. are Kami
sedang minum.
5. is Dia
laki-laki sedang makan.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE