(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : Kitchen
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.4 Mengetahui
benda-benda di dapur
4.1.5 Menyebutkan
benda-benda di dapur
4.1.6
Menuliskan benda-benda
di dapur
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata benda-benda di dapur
dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan
kosakata benda-benda di dapur
dengan percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan
kosakata benda-benda di dapur
dengan tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
Kosakata
benda-benda di kamar mandi (Enjoy and Easy
English
halaman 42-43)
Pertemuan 1
Lagu Kitchen
Nada lagu : Naik Delman
Kitchen itu dapur dan stove
itu kompor
Pan itu panci dan kettle itu
ceret
Frying pan penggorengan dan
ladle sendok sayur
Plate itu piring dan glass
itu gelas
Hei...
Spoon itu sendok, fork itu
garpu, bowl itu mangkuk
Knife itu pisau, saucer lepek
dan cup itu cangkir
Refrigerator kulkas, grinder
ulekan, matches korek
Blender alat pencampur,
napkin serbet, thermos itu termos
Kalimat yang menyatakan
“sedang melakukan”
Subject + to be + V-ing
Contoh :
Ø Saya
sedang makan
I am
eating
Ø Kamu
sedang makan
You are
eating
Pertemuan 2
Stove Pan Kettle Frying
pan Ladle Plate
Spoon Fork
Bowl Cup Glass
Grinder Knife Saucer Matches
Refrigerator
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Alat-alat dapur mainan/sungguhan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan dapur untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga makanan yang masuk kedalam
tubuh kita.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya, mengamati).
• Benda-benda apa saja yang kalian temui didapur?
2.Siswa secara acak diberikan
kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Guru menuliskan jawaban siswa dipapan
tulis (mengumpulkan
informasi)
3.Guru mengajak siswa untuk membuka buku paket hal 42-43 dan membaca
kosakata benda-benda didapur dengan ucapan yang benar. (mengamati, mencoba,
mengkomunikasikan)
4. Siswa dengan bimbingan guru diajak mengerjakan soal di hal
44-45 (mencoba).
5. Siswa diminta mendengarkan guru membacakan bacaan pada hal 46. Kemudian
siswa ikut serta membaca dan mengartikannya secara bersama-sama (mencoba, mengkomunikasikan).
6. Guru
menjelaskan sekilas tentang macam-macam subject dan to be. Kemudian diterapkan
kedalam bentuk kalimat (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan dapur untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga makanan yang masuk kedalam
tubuh kita.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Kitchen sebagai awal kegiatan, selain juga sebagai cara untuk menghafalkan kosakata
tentang materi bersangkutan. (mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja
benda-benda yang kalian temui ketika makan
siang tadi?
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
(mengumpulkan informasi)
4.Guru mengadakan permainan guess the
thing. Siswa secara acak
maju untuk menebak benda apa saja yang ada di dalam tas. Siswa diminta
memasukkan tangan kanannya kemudian mengeluarkannya sambil mengucapkan nama
benda yang diambilnya. Guru memberikan reward kepada siswa yang bisa dan
memberikan motivasi kepada siswa yang belum bisa. (mengamati,
mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa diajak mengingat kembali subject, to be dan menyusun
kalimat yang artinya sedang melakukan sesuatu.
6. Siswa diminta mengerjakan soal latihan di buku paket hal. 47 kemudian dibahas secara bersama (mencoba, mengkomunikasikan).
7. Siswa
diminta menggunting dan menempel gambar di buku paket hal 48 dan 103 (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
pembelajaran
•
Guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan
aktif selama pembelajaran berlangsung
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah.
|
10 Menit
|
G.
PENILAIAN
Soal latihan : (Pertemuan 1)
Change
the sentence into English!
1. Kamu sedang minum. 6. Kamu sedang mencuci 3 sendok.
2. Mereka sedang makan. 7. Mereka sedang mencuci 9 panci.
3. Dia perempuan sedang memasak. 8. Dia laki-laki sedang mencuci 5 cangkir.
4. Kami sedang minum. 9. Dia perempuan sedang mencuci 4 garpu.
5. Dia laki-laki sedang makan. 10. Saya sedang mencuci 2 serbet.
Key
answer :
1. You are drinking. 6. You are washing three spoons.
2. They are eating. 7. They are washing nine pans.
3. She is cooking. 8. He is washing five cups.
4. We are drinking. 9. She is washing four forks.
5. He is eating. 10. I am washing two napkins.
Soal
latihan (Pertemuan ke 2)
Arrange
into a good sentence then tranlate into Indonesia!
- is
– a cup – He – drinking – of coffee
- eating
– My – a – sister – bread – is
- cake
– a – making – is – She
- are
– of soup – They – a pan – cooking
- washing
– We – frying pans – are – six
Key
answer :
- He
is drinking a cup of coffee.
Artinya : Dia laki-laki sedang
minum secangkir kopi.
- My
sister is eating a bread.
Artinya : Saudara perempuan saya
sedang makan sebuah roti.
- She
is making a cake.
Artinya ; Dia perempuan sedang
membuat sebuah kue.
- They
are cooking a pan of soup.
Artinya : Mereka sedang memasak
sepanci sup.
- We
are washing six frying pans.
Artinya : Kami sedang mencuci enam
penggorengan.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 1,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE