-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA KITCHEN 2nd  week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA KITCHEN 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 1 (Satu)
                               Tema / topik                    :  Kitchen
                               Pertemuan ke / minggu  :  3-4 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)

A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
1.2.4   Mengetahui benda-benda di dapur
4.1.5   Menyebutkan benda-benda di dapur
      4.1.6   Menuliskan benda-benda di dapur

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui kosakata benda-benda di dapur dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan kosakata benda-benda di dapur dengan percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan kosakata benda-benda di dapur dengan tanggung jawab

D.    Materi Pembelajaran

Kosakata benda-benda di kamar mandi (Enjoy and Easy English halaman 42-43)


Pertemuan 1

Lagu Kitchen
Nada lagu : Naik Delman

Kitchen itu dapur dan stove itu kompor
Pan itu panci dan kettle itu ceret
Frying pan penggorengan dan ladle sendok sayur
Plate itu piring dan glass itu gelas
Hei...
Spoon itu sendok, fork itu garpu, bowl itu mangkuk
Knife itu pisau, saucer lepek dan cup itu cangkir
Refrigerator kulkas, grinder ulekan, matches korek
Blender alat pencampur, napkin serbet, thermos itu termos



Kalimat yang menyatakan “sedang melakukan”
Subject + to be + V-ing
Contoh :
Ø  Saya sedang makan
               I        am    eating
Ø  Kamu sedang makan
You      are     eating






Pertemuan 2

Stove              Pan             Kettle         Frying pan           Ladle              Plate            Spoon             Fork        
                                   
                                                                                                                        




   Bowl                            Cup               Glass         Grinder          Knife                Saucer         Matches      Refrigerator
                                                        
                                                                                                                                
                                                                                                                                
                                                                                                                       

E.      Metode
Strategi                 : Problem Based  Learning                                                         
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan


F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Kartu gambar                              
Alat-alat dapur mainan/sungguhan                                             
                                        
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan dapur untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga makanan yang masuk kedalam tubuh kita.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

1.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya, mengamati).
    • Benda-benda apa saja yang kalian temui didapur?
2.Siswa secara acak diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Guru menuliskan jawaban siswa dipapan tulis (mengumpulkan informasi)
3.Guru mengajak siswa untuk membuka buku paket hal 42-43 dan membaca kosakata benda-benda didapur dengan ucapan yang benar.  (mengamati, mencoba, mengkomunikasikan)
4. Siswa dengan bimbingan guru diajak mengerjakan soal di hal 44-45 (mencoba).
5. Siswa diminta mendengarkan guru membacakan bacaan pada hal 46. Kemudian siswa ikut serta membaca dan mengartikannya secara bersama-sama (mencoba, mengkomunikasikan).
6. Guru menjelaskan sekilas tentang macam-macam subject dan to be. Kemudian diterapkan kedalam bentuk kalimat (mencoba).
50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan dapur untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga makanan yang masuk kedalam tubuh kita.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Kitchen sebagai awal kegiatan, selain juga sebagai cara untuk menghafalkan kosakata tentang materi bersangkutan. (mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
    • Apa saja benda-benda yang kalian temui ketika makan siang tadi?
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4.Guru mengadakan permainan guess the thing. Siswa secara acak maju untuk menebak benda apa saja yang ada di dalam tas. Siswa diminta memasukkan tangan kanannya kemudian mengeluarkannya sambil mengucapkan nama benda yang diambilnya. Guru memberikan reward kepada siswa yang bisa dan memberikan motivasi kepada siswa yang belum bisa.  (mengamati, mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa diajak mengingat kembali subject, to be dan menyusun kalimat yang artinya sedang melakukan sesuatu.
6. Siswa diminta mengerjakan soal latihan di buku paket hal. 47 kemudian dibahas secara bersama (mencoba, mengkomunikasikan).
7. Siswa diminta menggunting dan menempel gambar di buku paket hal 48 dan 103 (mencoba).
50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah.
10 Menit


G.    PENILAIAN

Soal latihan : (Pertemuan 1)
Change the sentence into English!
1. Kamu sedang minum.                                                         6. Kamu sedang mencuci 3 sendok.
2. Mereka sedang makan.                                                       7. Mereka sedang mencuci 9 panci.
3. Dia perempuan sedang memasak.                                       8. Dia laki-laki sedang mencuci 5 cangkir.
4. Kami sedang minum.                                                          9. Dia perempuan sedang mencuci 4 garpu.
5. Dia laki-laki sedang makan.                                                10. Saya sedang mencuci 2 serbet.

Key answer :
1. You are drinking.                                                                6. You are washing three spoons.
2. They are eating.                                                                   7. They are washing nine pans.
3. She is cooking.                                                                    8. He is washing five cups.
4. We are drinking.                                                                 9. She is washing four forks.
5. He is eating.                                                                        10. I am washing two napkins.

Soal latihan (Pertemuan ke 2)
Arrange into a good sentence then tranlate into Indonesia!
  1. is – a cup – He – drinking – of coffee
  2. eating – My – a – sister – bread – is
  3. cake – a – making – is – She
  4. are – of soup – They – a pan – cooking
  5. washing – We – frying pans – are – six

Key answer :
  1. He is drinking a cup of coffee.
Artinya : Dia laki-laki sedang minum secangkir kopi.
  1. My sister is eating a bread.
Artinya : Saudara perempuan saya sedang makan sebuah roti.
  1. She is making a cake.
Artinya ; Dia perempuan sedang membuat sebuah kue.
  1. They are cooking a pan of soup.
Artinya : Mereka sedang memasak sepanci sup.
  1. We are washing six frying pans.
Artinya : Kami sedang mencuci enam penggorengan.


Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 1,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP












                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah





                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar