RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : Kitchen
Pertemuan ke / minggu : 5-6 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
2.3 Bercakap-cakap
dengan menggunakan ungkapan : What is ... ?
3.1 Membaca nyaring
dengan ucapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
2.3.4 Menyebutkan benda-benda di dapur
3.1.4 Membaca bacaan
tentang
benda-benda di dapur
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan
kosakata benda-benda di dapur
dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
dari guru, siswa dapat bercakap-cakap tentang kosakata benda-benda di dapur
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Bercakap-cakap dengan What is it?
Contoh :
Ade : What is it?
Lia :
It is a stove.
Bercakap-cakap dengan Is it a ... ?
Contoh :
Ade : Is it a glass?
Lia : No, it is not. It is a cup.
Frase-frase untuk mengucapkan makanan dan minuman :
-
A plate of rice : sepiring nasi
-
A plate of fried
rice : sepiring nasi goreng
-
A bowl of meatball : semangkuk bakso
-
A cup of coffee : secangkir kopi
-
A glass of milk : segelas susu
-
A glass of water : segelas air
Pertemuan 2
Membaca teks bacaan yang berisi tentang benda-benda di
dapur.
My mother is cooking
This is my kitchen.
There are a table, a stove, two frying pans, four pans, many
plates, glasses, spoons, and forks.
My mother is in the kitchen.
She is cooking a soup. She needs knife, bowl, pan, and
ladle.
My mother is also making tea. She needs a kettle, cup,
and saucer.
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab,
Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Benda-benda di dapur ( mainan dan asli )
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan dapur untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah menganugerahkan banyak
anggota tubuh yang sangat bermanfaat.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu Kitchen
sebagai awal kegiatan, selain juga sebagai refresh materi. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Siapa yang tadi
pagi sudah membantu ibu di dapur?
•
Benda apa saja
yang ditemui di dapur?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. Guru
menekankan kepada siswa untuk menghargai teman yang sedang menjawab atau
berpendapat dengan tidak menyela atau meneriakkan jawaban. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru mengadakan permainan guess the
thing. Guru memberikan
contoh terlebih dahulu. Siswa secara acak
maju untuk menebak benda apa saja yang ada di dalam tas. Siswa diminta
memasukkan tangan kanannya kemudian mengeluarkannya sambil mengucapkan nama
benda yang diambilnya. Guru memberikan reward kepada siswa yang bisa dan
memberikan motivasi kepada siswa yang belum bisa. (mengamati,
mencoba, mengkomunikasikan)
5. Guru menjelaskan contoh-contoh frase untuk mengunkapkan tentang makanan,
seperti sepiring nasi ( a plate of rice ). Semangkuk bakso ( a bowl of
meatball ). Segelas air ( a glass of water ), dan lain sebagainya.
6. Guru
menginformasikan akan mengadakan evaluasi berbicara. Siswa diminta maju
secara berpasangan, kemudian masing-masing siswa mengambil 2 benda. Secara bergantian bertanya dan menjawab dengan
menggunakan ungkapan What is it? dan It is a ... ?
7. Siswa yang belum mendapat giliran diminta mencatat frase-frase tentang ungkapan untuk makanan.untuk
mengerjakan latihan soal di buku catatan (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan dapur untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki rumah yang layak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu Kitchen sebagai awal kegiatan.
(mengamati)
2. Siswa diajak membuka buku paket hal. 46 dan mengamati gambar
yang ada.
·
Apa saja
benda-benda di dapur yang ada pada gambar tersebujt?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca. Guru menyiapkan
bacaan di papan tulis. Guru memberikan contoh cara membaca yang tepat, serta
mengartikannya secara sekilas. Siswa yang belum mendapat giliran dipanggil, menulis
dan mengartikan teks bacaan untuk memperdalam pemahaman tentang benda-benda
di dapur, pada buku tulis mereka masing-masing. (mengkomunikasikan, mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
G.
PENILAIAN
1.
Tes Lisan
2.
Skala sikap
Format penilaian
No
|
Nama
|
Pronounciation
|
Intonation
|
Fluency
|
Total
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
Pronounciation : pengucapan
Intonation : tinggi rendah nada
bicara
Fluency : lancar
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= sedang,
3= cukup baik, 4= baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,67
(nilai tertinggi)
H.
SUMBER / ALAT
BELAJAR
·
Buku paket
·
Buku penunjang dari
guru
·
Benda-benda di dapur
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN BERBICARA & MEMBACA SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
2 SEMESTER
1
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Kegiatan : 1. Bercakap-cakap
dengan what is it? dan It is a ... ?
2. Membaca bacaan
no
|
nama
|
conversation
|
Total
|
Nilai
|
reading
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
18
|
|||||||||||
19
|
|||||||||||
20
|
|||||||||||
21
|
|||||||||||
22
|
|||||||||||
23
|
|||||||||||
24
|
|||||||||||
25
|
|||||||||||
26
|
|||||||||||
27
|
|||||||||||
28
|
|||||||||||
29
|
|||||||||||
30
|
|||||||||||
31
|
|||||||||||
32
|
|||||||||||
33
|
|||||||||||
34
|
Kriteria
:
Pronounciation
/ ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation
/ tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency
/ lancar : 4, 3, 2, 1
Soal latihan :
Arrange and translate into Indonesia!
1. in – refrigerator
– is – A – kitchen – the
2. a cup – My – is
– of tea – mother – making
3. ladle – it – a
– ? – Is
4. drinking –
brother – a glass – My – is – of milk
5. a – eating –
sister – is – bread – My
Jawaban :
1. A refrigerator
is in the kitchen.
Artinya : sebuah kulkas ada di dapur.
2. My mother is
making a cup of tea.
Artinya : ibuku sedang membuat secangkir teh.
3. Is it a ladle?
Artinya : apakah ini sebuah sendok sayur?
4. My brother is
drinking a glass of milk.
Artinya : saudara laki-lakiku sedang minum
segelas susu.
5. My sister is
eating a bread.
Artinya : saudara perempuanku sedang makan roti.