-->
RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 3 Indahnya Kebersamaan

RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 3 Indahnya Kebersamaan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran :
F I K I H

KELAS II
SEMESTER GENAP






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :      MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II ( Dua ) / Genap
Tema                       :      Indahnya Kebersamaan
Alokasi Waktu           :      8 x 4 jp
    
I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
       KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.1. Meyakini bahwa shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan
KD-2.1   Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap ketentuan shalat berjamaah
KD-3.1   Memahami ketentuan shalat berjamaah
KD-3.2   Memahami iqamah
KD-4.1   Mensimulasikan tata cara shalat berjamaah
                     Indikator
-            Menyebutkan ketentuan shalat berjamaah
-            Menyebutkan tata cara shalat berjamah
-            Mempraktikkan shalat berjamaah
-            Membiasakan shalat berjamaah
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
        a.     Shalat berjamaah adalah shalat yang dikerjakan secara bersama-sama dan dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang satu jadi imam dan yang lain menjadi makmum.
        b.     Shalat berjamaah lebih utama dari pada shalat sendiri, pahala shalat berjamaah 27 derajat.
        c.     Jika imam lupa dalam shalat, maka makmum wajib untuk mengingatkannya.
        d.     Makmum masbuk adalah makmum yang ketinggalan shalat berjamaah.
        e.     Hukum shalat berjamaah adalah sunah muakad
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)       Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi adzan
5)       Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/ dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
6)       Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
10 Menit
Kegiatan Inti

Mengamati (observing)
1)    Mengamati gambar anak shalat berjamaah yang ada di buku teks
2)    Mengamati dan membandingkan gambar anak yang sedang shalat sendiri dan shalat berjamah mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)    Memberikan pertanyan yang sifatnya memancing pengetahuan siswa terkait gambar shalat berjamaah.
2)    Mennaya apa bedanya shalat sendiri dan shalat berjamaah dan manakah yang sering mereka kerjakan
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)    Berdiskusi/mengkaji tentang Pengertian Shalat Berjamaah, Syarat Sah Menjadi Imam dan Makmum, Cara Memberitahu Imam yang Lupa, dan Keutamaan Shalat Berjamaah

295 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

2)    Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
Menalar/Mengasosiasi (associating)
Menjelaskan kepada siswa tentang shalat berjamaah, syarat menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa, keutamaan shalat berjamah
Mengomunikasikan (communicating)
1)    Memberikan tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)    Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)    Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
4)    Mengidentifikasi mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shala
5)    Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
6)    Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
7)    Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

Penutup
1)   Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
2)   Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
15 menit

          Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam skala sikap
No
Aspek yang dinilai
1
2
3
4
1.
Penguasaan materi




2.
Penguasaan nilai - nilai




3.
Keaktifan melaksanakan shalat




4.
Ketertiban melaksanakan shalat




          Catatan :
          4 = sangat baik
          3 = baik
          2 = sedang
          1 = kurang baik
          Rentang skor     = skor maksimal - skor minimal
                                    = 16 - 4
                                    = 12/4
                                    = 3
          MK    = 14 - 16
          MB    = 11 - 13
          MT    = 7 - 10
BT     = 4 - 6
          Keterangan :
          BT     =       belum terlihat (apabila peserta didik belum melihat tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)
          MT    =       Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal yang perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
          MB    =       Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
          MK    =       Membudaya (bila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
          Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskoran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

1.       Berjamaah                              4.      27 Derajat
2.    Imam           5.                            Syariat Islam
3.       Masbuk
          Kunci jawaban pilihan ganda (Ayo Berlatih)
1.             A              6.         A
2.             A              7.         A
3.             B               8.         B
4.             B               9.         C
5.             C               10.       B
Nilai =
Jumlah jawaban benar
X 100
Skor maksimum (10)

Jawaban Singkat
        1.     imam
        2.     shaf
        3.     laki-laki
        4.     sendirian
        5.     hikmah
        Pilihan ganda   :     jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
        Isian                       : Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5 )

Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
Jumlah jawaban benar PG dan isian
X 100
15
       




        Praktik shalat berjamaah
          Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan Ayo Berlatih praktik Shalat berjamaah

Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
1
2
T
TT
R
P
1




















2




















3






















        Aspek yang dinilai :
        Kekompakan    = 20
        Bacaan             = 40
        Gerakan           = 40
Skor maksimal = 100
          Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut :
a.        Jumlah nilai rata-rata pada kolom " Praktik Adzan Dan Iqamah"
b.        Jumlah nilai rata-rata pilihan ganda dan isian
c.         jumlah nilai pada kolom insyaallah aku bisa dalm penilaian diri

Nilai Akhir=
nilai a + nilai b + nilai c
3

Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal-soal yang berkaitan dengan shalat berjamaah dan praktik shalat berjamaah.
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi shalat berjamaah. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjaan dan tugas siswa berkaitan dengan shalat berjamaah
Guru meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom ayo menjawab dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua mengamati anaknya untuk melaksanakan shalat berjamaah baik di rumah, musholla atau masjid.
VI.   Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 28-36
-                 Buku lain yang menunjang



Mengetahui

Sleman, 02 Januari 2015
Kepala Sekolah

Guru Kelas II,





(Inayatul Mardliyah, S.HI )






(Pratisna Meitasari, S.Pd.)
NIP.

NIP.







A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c yang merupakan jawaban yang benar!
        1.     Shalat jamaah itu terdiri atas …..
               a.     imam dan makmum
               b.     anak-anak dan orang tua
               c.     ayah dan ibu
        2.     Orang yang melakukan shalat di belakang imam dan mengikutinya disebut
               a.     makmum
               b.     amil
               c.     muadzin
        3.     Shalat berjamaah paling sedikit dilakukan oleh …..
               a.     satu orang
               b.     dua orang
               c.     tiga orang
        4.     Seorang perempuan boleh menjadi imam jika makmumnya …..
               a.     laki-laki
b.     perempuan
               c.     anak-anak
        5.     Dibawah ini termasuk syarat menjadi imam, kecuali adalah ….
               a.     sehat akalnya
               b.     fasih bacaan al-Qurannya
               c.     tidak mengetahui cara shalat
        6.     Syarat menjadi makmum adalah niat mengikuti ……
               a.     imam
               b.     dirinya sendiri
               c.     temannya
        7.     Sebutan makmum yang terlambat adalah makmum …..
               a.     masbuq
               b.     shalat
               c.     jamaah
        8.     Cara makmum mengingatkan imam ketika lupa dengan membaca …..
               a.     Allahu Akbar
               b.     Subhanallah
               c.     Innalillah
        9.     Keutamaan shalat berjamaah akan mendapat pahala ……. dari Allah dari pada shalat sendiri.
               a.     7 derajat
               b.     17 derajat
               c.     27 derajat
        10.   Shalat jamaah lebih utama dikerjakan di …...
               a.     rumah
               b.     masjid
               c.     lapangan
B.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat !
        1.     Pemimpin dalam shalat berjamaah disebut …
        2.     Barisan dalam shalat berjamaah disebut …
        3.     Perempuan tidak boleh menjadi imam, jika makmumnya …
        4.     Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat …
        5.     Melatih kedisiplinan adalah salah satu … jamaah
C.    Tentukan Sikapmu
No.
Pernyataan
Sikapku
SS
S
R
TS
ST
1.
Karena malas ke masjid saya shalat di rumah





2.
Karena tidak ada ayah Ali shalat jamaah di rumah dan yang menjadi imam ibunya





3
Barisan terdepan dalam shalat jamaah adalah anak-anak





4.
Saya hanya shalat jamaah pada waktu shalat maghrib





5
Saya lebih senang shalat sendirian di rumah






D.    Ayo kita praktikkan
        Praktekkan shalat berjamaah bersama dengan temanmu
Hari/Tanggal
Nilai
Komentar Guru
Tanda Tangan
Guru
Orang Tua






Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar