RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran :
F I K I H
KELAS II
SEMESTER GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II ( Dua ) / Genap
Tema : Indahnya
Kebersamaan
Alokasi Waktu : 8 x 4 jp
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.1. Meyakini bahwa shalat berjamaah
memiliki banyak keutamaan
KD-2.1 Membiasakan sikap kebersamaan dan
kekeluargaan sebagai imple-mentasi dari pemahaman terhadap ketentuan shalat
berjamaah
KD-3.1 Memahami ketentuan shalat berjamaah
KD-3.2 Memahami iqamah
KD-4.1 Mensimulasikan tata cara shalat
berjamaah
Indikator
-
Menyebutkan ketentuan shalat berjamaah
-
Menyebutkan tata cara shalat berjamah
-
Mempraktikkan shalat berjamaah
-
Membiasakan shalat
berjamaah
III. Deskripsi Materi Pembelajaran
a. Shalat berjamaah adalah shalat yang
dikerjakan secara bersama-sama dan dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang
satu jadi imam dan yang lain menjadi makmum.
b. Shalat berjamaah lebih utama dari pada
shalat sendiri, pahala shalat berjamaah 27 derajat.
c. Jika imam lupa dalam shalat, maka makmum
wajib untuk mengingatkannya.
d. Makmum masbuk adalah makmum yang ketinggalan
shalat berjamaah.
e. Hukum shalat berjamaah adalah sunah muakad
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi adzan
5)
Media/alat peraga/alat
bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang
besar dan mudah dilihat/ dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya.
6)
Pembelajaran Fikih
dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat
lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati gambar anak
shalat berjamaah yang ada di buku teks
2)
Mengamati dan
membandingkan gambar anak yang sedang shalat sendiri dan shalat berjamah mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
1)
Memberikan pertanyan
yang sifatnya memancing pengetahuan siswa terkait gambar shalat berjamaah.
2)
Mennaya apa bedanya
shalat sendiri dan shalat berjamaah dan manakah yang sering mereka kerjakan
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi/mengkaji tentang Pengertian Shalat Berjamaah, Syarat Sah Menjadi Imam dan
Makmum, Cara Memberitahu Imam yang Lupa, dan Keutamaan Shalat Berjamaah
|
295 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
2)
Memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
Menjelaskan kepada
siswa tentang shalat berjamaah, syarat menjadi imam dan makmum serta cara
mengingatkan imam yang lupa, keutamaan
shalat berjamah
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Memberikan tantangan
kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)
Menjawab guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)
Menjawab guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
4)
Mengidentifikasi mana
yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shala
5)
Memberikan penguatan
dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
6)
Memberikan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam dan
makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
7)
Menyalin kesimpulan
dalam buku catatan masing-masing
|
||
Penutup
|
1) Guru memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang shalat berjamaah
2) Guru memberikan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang shalat berjamaah syarat menjadi imam
dan makmum serta cara mengingatkan imam yang lupa
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
|
15 menit
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Penguasaan materi
|
||||
2.
|
Penguasaan nilai - nilai
|
||||
3.
|
Keaktifan melaksanakan shalat
|
||||
4.
|
Ketertiban melaksanakan shalat
|
Catatan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = sedang
1 = kurang baik
Rentang skor = skor maksimal - skor minimal
= 16 - 4
= 12/4
= 3
MK =
14 - 16
MB =
11 - 13
MT =
7 - 10
BT = 4 - 6
BT = 4 - 6
Keterangan :
BT = belum terlihat (apabila peserta didik
belum melihat tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)
MT = Mulai terlihat (apabila peserta didik
sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal yang perilaku yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
MB = Mulai berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten)
MK = Membudaya (bila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskoran
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
1. Berjamaah 4.
27 Derajat
2. Imam 5. Syariat Islam
3. Masbuk
Kunci jawaban pilihan ganda (Ayo
Berlatih)
1.
A 6. A
2.
A 7. A
3.
B 8. B
4.
B 9. C
5.
C 10. B
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
X 100
|
Skor maksimum (10)
|
Jawaban Singkat
1. imam
2. shaf
3. laki-laki
4. sendirian
5. hikmah
Pilihan ganda : jumlah
jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
Isian : Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5 )
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
|
Jumlah
jawaban benar PG dan isian
|
X 100
|
15
|
Praktik shalat
berjamaah
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan Ayo Berlatih praktik
Shalat berjamaah
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
||||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai :
Kekompakan = 20
Bacaan = 40
Gerakan = 40
Skor maksimal = 100
Nilai akhir yang diperoleh oleh
peserta didik adalah sebagai berikut :
a.
Jumlah nilai rata-rata pada kolom " Praktik Adzan Dan Iqamah"
b.
Jumlah nilai rata-rata pilihan ganda dan isian
c.
jumlah nilai pada kolom insyaallah aku bisa dalm penilaian
diri
Nilai Akhir=
|
nilai
a + nilai b + nilai c
|
3
|
Peserta didik
yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan
yang sudah disiapkan berupa soal-soal yang berkaitan dengan shalat berjamaah
dan praktik shalat berjamaah.
Peserta didik
yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi shalat
berjamaah. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjaan dan tugas
siswa berkaitan dengan shalat berjamaah
Guru meminta
peserta didik untuk meperlihatkan kolom ayo menjawab dalam buku teks kepada
orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat
dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi
langsung dengan orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua
mengamati anaknya untuk melaksanakan shalat berjamaah baik di rumah, musholla
atau masjid.
VI. Alat dan Sumber Belajar
-
Multimedia interaktif dan Internet
-
Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag.
Hal. 28-36
-
Buku lain yang menunjang
Mengetahui
|
Sleman,
02 Januari 2015
|
|
Kepala
Sekolah
|
Guru Kelas
II,
|
|
(Inayatul
Mardliyah, S.HI )
|
(Pratisna
Meitasari, S.Pd.)
|
|
NIP.
|
NIP.
|
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Shalat jamaah itu terdiri atas …..
a. imam dan makmum
b. anak-anak dan orang tua
c. ayah dan ibu
2. Orang yang melakukan shalat di belakang imam
dan mengikutinya disebut
a. makmum
b. amil
c. muadzin
3. Shalat berjamaah paling sedikit dilakukan
oleh …..
a. satu orang
b. dua orang
c. tiga orang
4. Seorang perempuan boleh menjadi imam jika
makmumnya …..
a. laki-laki
b. perempuan
c. anak-anak
5. Dibawah ini termasuk syarat menjadi imam,
kecuali adalah ….
a. sehat akalnya
b. fasih bacaan al-Qurannya
c. tidak mengetahui cara shalat
6. Syarat menjadi makmum adalah niat mengikuti
……
a. imam
b. dirinya sendiri
c. temannya
7. Sebutan makmum yang terlambat adalah makmum
…..
a. masbuq
b. shalat
c. jamaah
8. Cara makmum mengingatkan imam ketika lupa
dengan membaca …..
a. Allahu Akbar
b. Subhanallah
c. Innalillah
9. Keutamaan shalat berjamaah akan mendapat
pahala ……. dari Allah dari pada shalat sendiri.
a. 7 derajat
b. 17 derajat
c. 27 derajat
10. Shalat jamaah lebih utama dikerjakan di …...
a. rumah
b. masjid
c. lapangan
B. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan tepat !
1. Pemimpin dalam shalat berjamaah disebut …
2. Barisan dalam shalat berjamaah disebut …
3. Perempuan tidak boleh menjadi imam, jika
makmumnya …
4. Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat
…
5. Melatih kedisiplinan adalah salah satu …
jamaah
C.
Tentukan Sikapmu
No.
|
Pernyataan
|
Sikapku
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
ST
|
||
1.
|
Karena malas ke masjid saya
shalat di rumah
|
|||||
2.
|
Karena tidak ada ayah Ali
shalat jamaah di rumah dan yang menjadi imam ibunya
|
|||||
3
|
Barisan terdepan dalam shalat
jamaah adalah anak-anak
|
|||||
4.
|
Saya hanya shalat jamaah pada
waktu shalat maghrib
|
|||||
5
|
Saya lebih senang shalat
sendirian di rumah
|
D. Ayo
kita praktikkan
Praktekkan
shalat berjamaah bersama dengan temanmu
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar Guru
|
Tanda Tangan
|
|
Guru
|
Orang Tua
|
|||