( RPP )
Satuan Pendidikan :
MI MA’ARIF
DARUSSHOLIHIN
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II ( Dua ) / Ganjil
Tema :
Tegakkan Shalat
Alokasi Waktu : 8
x 4 jp
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.3. Meyakini
bahwa shalat adalah perintah Allah swt
KD-2.3. Membiasakan
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman shalat fardu
KD-3.1 Memahami adzan
KD-3.3 Memahami
shalat fardu
KD-4.3 Mempraktikkan
bacaan dan gerakan shalat fardu
Indikator
-
Menyebutkan syarat wajib
shalat
-
Syarat sah shalat
-
Menyebutkan hikmah
shalat fardu
III. Deskripsi
Materi Pembelajaran
a. Syarat shalat ada
dua yaitu syarat wajib dan syarat sah.
b. Syarat wajib.
Shalat adalah beragama islam, baliq dan berakal sehat
c. Syarah sah shalat
adalah suci, menutup aurat, masuk waktu, dan menghadap kiblat
d. Rukun shalat
adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam shalat
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan
dengan materi shalat
6) Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah
dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau
media lainnya.
7) Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di
luar kelas, antara lain mushala, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan
yang ada di lingkungan madrasah
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pertemuan
ke-1 :
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati gambar anak yang sedang shalat
2)
Mengemukakan pendapatnya tentang gambar
tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan
kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau
diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi tentang syarat-syarat Shalat
2)
Memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
kajiannya
3)
Membaca
penjelasan tentang shalat
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan
penjelasan yang terkait tentang shalat
2)
Meyebutkan
syarah wajib dan syarat sah shalat
|
135 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
3)
Menyebutkan
rukun shalat
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk menyebutkan syarat wajib dan syarat sah shalat
2)
menjawab
guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan shalat
3)
Mengidentifikasi
mana yang merupakan syarat wajib dan mana yang merpakan syarah sah shalat
|
|
Pertemuan ke-2 :
Mengamati (observing)
1)
Mengamati gambar anak
yang sedang shalat
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru
tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1) Berdiskusi tentang Sunnah-Sunnah Shalat
2) Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3) Membaca penjelasan tentang rukun shalat
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan
penjelasan yang terkait tentang rukun shalat
2)
Meyebutkan
sunah – sunah shalat dan hal yang
membatalkan shalat
Mengomunikasikan (communicating)
1) Memberikan tantangan kepada siswa untuk
melaksanakan sunah shalat dan menyebutkan hal – hal yang membatalkan shalat
2) Menjawab pertanyaan seputar ketentuan rukun,
sunah dan hal yang membatalkan shalat
3) Mengidentifikasi mana yang merupakan syarat wajib
dan mana yang merupakan syarat sah shalat
|
135 menit
|
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Penutup
|
1) Guru memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang adzan dan iqamah
2) Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi Syarat shalat, Rukun Shalat
dan Sunnah-Sunnah
Shalat, hal-Hal
yang membatalkan shalat
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku
catatan masing-masing
4) Menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah
|
15 menit
|
a. Skala
Sikap
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam skala sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2.
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3.
|
Keaktifan melaksanakan shalat
|
|
|
|
|
4.
|
Ketertiban melaksanakan shalat
|
|
|
|
|
Catatan
:
4 =
sangat baik
3 =
baik
2 = sedang
1 =
kurang baik
Rentang
skor = skor maksimal - skor minimal
=
16 - 4
=
1 2/4
=
3
MK =
14 - 16
MB =
11 - 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Keterangan
:
BT = belum terlihat
(apabila peserta didik belum melihat tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator)
MT = Mulai terlihat
(apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal yang
perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
MB = Mulai berkembang
(apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang
dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MK = Membudaya (apabila
peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator
secara konsisten)
Guru
dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskoran sesuai dengan kebutuhan
peserta didik.
Kunci
jawaban pilihan ganda
1.
|
B
|
6. A
|
2.
|
A
|
7. A
|
3.
|
A
|
8. A
|
4.
|
C
|
9. C
|
5.
|
C
|
10. C
|
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
x 100
|
Skor maksimal (10)
|
1.
Islam
2.
Niat
3.
Duduk
4.
Rukun
5.
Salam
Pilihan ganda : jumlah jawaban
benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
isian : jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 5 x 1 = 5)
Nilai
untuk pilihan ganda dan isian =
|
jumlah
jawaban benar PG dan isian
|
= x 100
|
15
|
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik
dalam kegiatan ayo berlatih praktik shalat (rubric ini bisa digunakan untuk
menilai praktik adzan dan iqamah
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai :
1.
Gerakan = 50
2.
Bacaan = 50
Skor
maksimal = 100
Nilai
akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut :
a.
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10
x1 = 10)
b.
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
c. jumlah nilai pada kolom insyaallah aku
bisa dalm penilaian diri
Nilai
akhir =
|
nilai
a + nilai b + nilai c
|
3
|
Peserta didik yang sudah menguasai
materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
berupa soal-soal yang berkaitan dengan syarat wajib dan syarat sah shalat
Peserta didik yang belum menguasai
materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi syarat wajib, syarat sah
dan rukun shalat. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan
siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang
disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Guru meminta peserta didik untuk
meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dalam buku teks kepada orang tuanya
denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan
mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan
orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua mengamati anaknya
untuk mempraktikkan shalat baik gerakan maupun bacaanya baik dirumah, mushalah
atau masjid bacaan adzan dan iqamah baik di rumah, mushala atau
masjid
VI. Alat
dan Sumber Belajar
-
Multimedia interaktif
dan Internet
-
Buku Siswa Fikih MI
kelas II Kemenag. Hal.13-27
-
Buku lain yang
menunjang
Mengetahui
|
|
Mlati,
07 Juli 2017
|
Kepala
Sekolah
|
|
Guru
Bahasa Arab
|
(Inayatul
Mardliyah, S.HI)
|
|
(Istighfarin
Zuli Qudsiati, S.Pd.I)
|
NIP.
|
|
NIP.
|
LAMPIRAN
1. Melaksanakan
ibadah shalat hukumnya adalah.............................
a. sunnah
b. wajib
c. makruh
2. Bagi orang Islam yang mengerjakan shalat
akan mendapatkan...........................
a. pahala
b. dosa
c. pujian
3. Bagi orang Islam yang melakukan shalat,
maka shalatnya harus ....
a. khusyu'
b. terburu-buru
c. tidak tenang
4. Dalam
sehari semalam, umat Islam diwajibkan shalat sebanyak ... waktu
a. 3
b. 4
c. 5
5. Diantara
syarat sah shalat adalah ...
a. beragama Islam
b. dewasa
c. menutup aurat
6. Suci dari hadast kecil maupun dari hadast
besar merupakan........................... shalat
a. syarat sah
b. sunnah-sunnah
c. syarat wajib
7. Ciri-ciri anak yang sudah baligh adalah..................
a. pernah mimpi basah
b. ABG
c. punya teman banyak
8. Kiblat atau arah shalat yang digunakan
shalat adalah menuju ke...............................
a. Ka'bah
b. Madinah
c. Palestina
9.
Rukun shalat ada ....
a. 11
b. 12
c. 13
10. Di bawah ini merupakan hal-hal yang membatalkan shalat, kecuali
...
a. makan atau minum
b. banyak bergerak dengan sengaja
c. membaca doa pada tasyahhud akhir
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1.
Orang yang diwajibkan melakukan shalat adalah orang .
2.
Shalat di awali dengan ...
3.
Bagi orang yang tidak mampu berdiri, maka ia boleh mengerjakan shalat
dengan .
4.
Membaca surat al-Fatihah termasuk ... shalat
5.
Shalat diakhiri dengan bacaan ...
C. Tugas
kelompok
•
Carilah lima teman dalam satu kelompok
•
Diskusikan bersama, apa yang sebaiknya kamu lakukan apabila temanmu ada
yang tidak melaksanakan shalat
D. Ayo
kita praktekkan
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar Guru
|
Tanda Tangan
|
|
Guru
|
Orang Tua
|
|||
|
|
|
|
|