-->
RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 1 Tema Indahnya Panggilan Allah

RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 1 Tema Indahnya Panggilan Allah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran :
F I K I H

KELAS II
SEMESTER GANJIL 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan   :      Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II ( Dua ) / Ganjil
Tema                       :      Indahnya Panggilan Allah
Alokasi Waktu           :      8 x 4 jp
    
,br/. ,br/. I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
       KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.1. Meyakini bahwa azan adalah panggilan untuk melaksanakan ibadah shalat
KD-1.2. Menyadari nilai-nilai yang ada pada syariat azan
KD-2.1   Memiliki sikap tertib dan teratur sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan azan
KD-2.2   Membiasakan perilaku tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan iqamah
KD-3.1   Memahami adzan
KD-3.2   Memahami iqamah
KD-4.1   Mempraktikkan azan
KD-4.2   Mempraktik-kan iqamah
                     Indikator
a.     Melafalkan bacan adzan dan iqamah dengan baik
b.     Menghafal bacan adzan dan iqamah dengan benar
c.     Mempraktikkan bacaan adzan iqamah dan dengan benar
d.     Menyebutkan manfaat dari panggilan adzan
e.     Menyebutkan hikmah berdoa setelah adzan
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
        a.     Adzan adalah seruan atau panggilan kepada kaum muslimin untuk mendirikan shalat.
        b.     Orang yang mengumandangkan adzan disebut mu`adzin
        c.     Orang yang mendengar adzan harus menghentikan kegiatanya sementara waktu
        d.     Ketika adzan dikumandangkan disunahkan untuk menjawab dan setelah selesai berdoa
        e.     Sedangkan iqamah adalah seruan bahwa shalat berjamaah akan segera dimulai
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi adzan
6)     Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/ dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)     Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
10 Menit
Kegiatan Inti

Pertemuan 1  : (adzan)
Mengamati (observing)
1)       Mengamati gambar anak yang sedang adzan
2)       Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)       Berdiskusi tentang syarat-syarat mengumandangkan adzan (muadzin),
2)       Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
135 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

3)       Membaca penjelasan tentang adzan
4)       Membaca penjelasan tentang adzan
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)       Memberikan penjelasan yang terkait tentang adzan
2)       Membaca lafal adzan secara klasikal
Mengomunikasikan (communicating)
1)      Membaca doa sesudah adzan
2)      Memberikan contoh adzan yang baik dan benar
3)      Memberikan tantangan kepada siswa untuk mempraktikan adzan dan teman-temannya menjawab bacaan adzan

Pertemuan ke-2 : (iqamah)
Mengamati (observing)
1)    Mengamati mengamati gambar anak yang sedang iqamah
2)    Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)    Berdiskusi yang terkait tentang iqamah
2)    Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)    Membaca penjelasan tentang iqamah
4)    Memberikan penjelasan yang terkait tentang iqamah
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)    Memberikan penjelasan yang terkait tentang iqamah
2)    Membaca lafal iqamah secara klasikal
Mengomunikasikan (communicating)
1)    Membaca doa sesudah iqamah
2)    Memberikan memberikan contoh iqamah yang baik dan benar
3)    Memberikan tantangan kepada siswa untuk mempraktikan iqamah dan teman-temannya menjawab bacaan iqamah
135 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Penutup
1)     Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang adzan dan iqamah
2)     Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi adzan dan iqamah menjawab bacaan adzan dan berdoa setelah adzan dan iqamah
3)     Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
15 menit
                   Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan ayo berlatih praktik adzan dan iqamah (rubrik ini bisa digunakan untuk menilai praktik adzan dan iqamah
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
1
2
T
TT
R
P
1










2










3










                   Aspek yang dinilai:
1)        Hafal           = 50
2)        Suara lantang          = 50
                            Skor maksimal = 100
                   Kunci Jawaban Ayo Menjawab
1.        Iqomah
2.        Adzan
3.        Shalat
4.        Sunnah
5.        Menjawab
                   Kunci Pilihan Ganda
               1.    C                            6.    B
                   2.    B                            7.   C
                   3.    C                            8.    C
                   4.    C                            9.    A
                   5.    C                            10.  A
               Kunci Jawaban Isian
1.
Adzan
6. Shalat
2.
Abu bakar ra
7. Merdu
3.
Bilal bin rabah
8. 4 x
4.
Doa
9. Iqamah
5.
Sunah
10. Seruan
          a.       Pilihan ganda      :      jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
                   b.       Isian                     :      jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
jumlah jawaban benar PG dan isian
= x 100

20
                    
                    
               Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (v) pada kolom insya Allah aku
No.
Pernyataan
Selalu
Kadang- kadang
Belum pernah
1.
Aku mengumandangkan adzan setiap akan melaksanakan shalat



2.
Aku mengumandandangkan iqamah ketika shalat akan dimulai



3.
Aku berani mengumandangkan adzan di mushala



4.
Aku bisa menjawab bacaan adzan dan iqamah



5.
Aku selalu membaca doa ketika adzan berakhir



                   Skor :          Selalu = 10
                                      Kadang-kadang                   = 5
                                      Belum pernah                      = 0
Nilai akhir      =
Perolehan nilai
= x 100
Jumlah skor

                   Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut:
a.        Jumlah nilai rata-rata pada kolom " praktik adzan dan iqamah"
b.        Jumlah nilai rata-rata pilihan ganda dan isian
c.        jumlah nilai pada kolom insya Allah aku bisa dalam penilaian diri
Nilai akhir      =
nilai a + nilai b + nilai c
3
          Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal-soal yang berkaitan dengan adzan dan iqamah dan juga bisa merupakan untuk melafalkan kembali bacaan lafal dan iqamah
          Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi adzan. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkan 30 menit setelah jam pulang.
        Guru meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua mengamati anaknya untuk mempraktikkan bacaan adzan dan iqamah baik di rumah, mushala atau masjid
VI.   Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal.1-12
-                 Buku lain yang menunjang




Mengetahui

Sleman, 17 Juli 2015
Kepala Sekolah

Guru Kelas II,





(Inayatul Mardliyah, S.H.I.)






(Pratisna Meitasari, S.Pd.)
NIP.

NIP.



LAMPIRAN
Ayo berlatih
A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c yang merupakan jawaban yang benar!
        1.     Orang yang mengumandangkan adzan disebut …
               a.     imam
               b.     makmum
               c.     muadzin
        2.     Mengumandangkan adzan disunahkan menghadap …
               a.     jamaah
               b.     kiblat
               c.     atas
        3.     Sahabat rasul yang pertama kali mengumandangkan adzan adalah …
               a.     Umar bin Khaththab, ra.
               b.     Abu bakar Ash-Shidiq, ra.
               c.     Bilal bin Rabah, ra.
          4.     َlafal tersebut dibaca dalam adzan sebanyak ...
               a.     Empat
               b.     Lima
               c.     Enam
          5 .     lafal, diatas artinya ...
               a.     Marilah berjamaah
               b.     Marilah ke masjid
               c.     Marilah shalat
        6.     Mengumandangkan adzan sebaiknya dengan suara ...
               a.     pelan
               b.     nyaring
               c.     merdu
        7.     Dalam iqamah bacaan syahadat dibaca sebanyak ... kali
               a.     satu
               b.     tiga
               c.     dua
        8.     Mengumandangkan adzan dalam shalat berjamaah hukumnya ...
               a.     wajib
               b.     makruh
               c.     sunnah
          9.    
               Lafal tersebut dibaca ketika adzan pada shalat ...
               a.     Subuh
               b.     Magrib
               c.     Isya
        10.   Di antara syarat muadzin adalah …
               a.     Islam
               b.     Suara bagus
               c.     Suci
B.    Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
        1.     Seruan untuk melaksanakan shalat disebut ...
2.     Bilal bin Rabah, ra. dimerdekakan oleh ...
        3.     Lafalz adzan yang pertama diucapkan adalah ...
        4.     Sesudah adzan disunahkan membaca ...
        5.     Menjawab adzan hukumnya ...
        6.     Iqamah dibaca sebagai tanda akan dimulainya ...
        7.     Bacaan iqamah dikumandangkan dengan suara ...
        8.     Dalam iqamah bacaan takbir dibaca sebanyak ...
        9.     dibaca pada waktu ...
        10.   Iqamah secara bahasa berarti ...
C.    Tentukan sikapmu
        Berilah tanda () pada kolom dibawah ini
No.
Pernyataan
Sikapku
SS
S
R
TS
STS
1.
Ketika adzan dukumandangan saya segera pergi ke masjid





2.
Karena masih asyik bermain terdengar suara adzan saya melanjutkan permainan





3
Saya tidak perlu menghafal bacaan adzan, hanya perlu menjawab bacaan adzan





4.
Saya mengumandangkan adzan dengan suara yang pelan





5
Ketik iqamah dikumandangkan, kita segera melaksanakan shalat






Keterangan :
SS
:
Sangat setuju

S
:
Setuju

R
:
Ragu - ragu

TS
:
Tidak setuju

STS
:
Sangat tidak setuju


D.    Ayo Praktikkan
1.        Praktikkan bacaan adzan dihadapan temanmu
2.        Praktikkan bacaan iqamah dihadapan temanmu
Hari/Tanggal
Nilai
Komentar Guru
Tanda Tangan
Guru
Orang Tua








Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar