RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran :
F I K I H
KELAS II
SEMESTER GANJIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II ( Dua ) / Ganjil
Tema : Indahnya Panggilan
Allah
Alokasi Waktu : 8 x 4 jp
,br/.
,br/.
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD-1.1. Meyakini bahwa azan adalah panggilan
untuk melaksanakan ibadah shalat
KD-1.2. Menyadari nilai-nilai yang ada pada
syariat azan
KD-2.1 Memiliki sikap tertib dan teratur
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan azan
KD-2.2 Membiasakan perilaku
tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan iqamah
KD-3.1 Memahami adzan
KD-3.2 Memahami iqamah
KD-4.1 Mempraktikkan azan
KD-4.2 Mempraktik-kan iqamah
Indikator
a. Melafalkan bacan
adzan dan iqamah dengan baik
b. Menghafal bacan
adzan dan iqamah dengan benar
c. Mempraktikkan bacaan
adzan iqamah dan dengan benar
d. Menyebutkan manfaat
dari panggilan adzan
e. Menyebutkan hikmah berdoa setelah adzan
III. Deskripsi Materi Pembelajaran
a. Adzan adalah seruan atau panggilan kepada
kaum muslimin untuk mendirikan shalat.
b. Orang yang mengumandangkan adzan disebut
mu`adzin
c. Orang yang mendengar adzan harus
menghentikan kegiatanya sementara waktu
d. Ketika adzan dikumandangkan disunahkan untuk
menjawab dan setelah selesai berdoa
e.
Sedangkan iqamah adalah seruan bahwa
shalat berjamaah akan segera dimulai
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan
dengan materi adzan
6) Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah
dilihat/ dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau
media lainnya.
7) Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di
luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan
yang ada di lingkungan madrasah.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pertemuan
1 : (adzan)
Mengamati (observing)
1)
Mengamati
gambar anak yang sedang adzan
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru
tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi
tentang syarat-syarat mengumandangkan adzan
(muadzin),
2)
Memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
|
135 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
3)
Membaca penjelasan tentang adzan
4)
Membaca penjelasan tentang adzan
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang
adzan
2)
Membaca lafal adzan secara klasikal
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Membaca
doa sesudah adzan
2)
Memberikan
contoh adzan yang baik dan benar
3)
Memberikan
tantangan kepada siswa untuk mempraktikan adzan dan teman-temannya menjawab
bacaan adzan
|
|
Pertemuan
ke-2 : (iqamah)
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati mengamati
gambar anak yang sedang iqamah
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari
dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi yang terkait tentang
iqamah
2)
Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan
peserta didik tentang hasil kajiannya
3)
Membaca penjelasan tentang iqamah
4)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang iqamah
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang iqamah
2)
Membaca lafal iqamah secara klasikal
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Membaca doa sesudah iqamah
2)
Memberikan memberikan contoh iqamah yang baik dan benar
3)
Memberikan tantangan kepada siswa untuk mempraktikan iqamah
dan teman-temannya menjawab bacaan iqamah
|
135 menit
|
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Penutup
|
1) Guru memberikan penguatan dan
menyimpulkan materi tentang adzan dan iqamah
2) Melontarkan beberapa pertanyaan kepada
siswa tentang materi adzan dan iqamah menjawab bacaan adzan dan berdoa
setelah adzan dan iqamah
3) Siswa menyalin kesimpulan dalam buku
catatan masing-masing
|
15 menit
|
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik
dalam kegiatan ayo berlatih praktik adzan dan iqamah (rubrik ini bisa digunakan
untuk menilai praktik adzan dan iqamah
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor
Maks
|
Tindak
Lanjut
|
|||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1)
Hafal = 50
2)
Suara lantang = 50
Skor maksimal = 100
Kunci Jawaban Ayo Menjawab
1.
Iqomah
2.
Adzan
3.
Shalat
4.
Sunnah
5.
Menjawab
Kunci Pilihan Ganda
1. C 6. B
2. B 7. C
3. C 8. C
4. C 9. A
5. C 10. A
Kunci
Jawaban Isian
1.
|
Adzan
|
6.
Shalat
|
2.
|
Abu
bakar ra
|
7.
Merdu
|
3.
|
Bilal
bin rabah
|
8.
4 x
|
4.
|
Doa
|
9.
Iqamah
|
5.
|
Sunah
|
10.
Seruan
|
a. Pilihan
ganda : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10)
b. Isian :
jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10
x 1 = 10)
Nilai
untuk pilihan ganda dan isian =
|
jumlah
jawaban benar PG dan isian
|
= x 100
|
20
|
No.
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Kadang-
kadang
|
Belum pernah
|
1.
|
Aku mengumandangkan adzan setiap akan melaksanakan
shalat
|
|
|
|
2.
|
Aku mengumandandangkan iqamah ketika shalat akan
dimulai
|
|
|
|
3.
|
Aku berani mengumandangkan adzan di mushala
|
|
|
|
4.
|
Aku bisa menjawab bacaan adzan dan iqamah
|
|
|
|
5.
|
Aku selalu membaca doa ketika adzan berakhir
|
|
|
|
Skor : Selalu =
10
Kadang-kadang
= 5
Belum
pernah = 0
Nilai
akhir =
|
Perolehan
nilai
|
=
x 100
|
Jumlah
skor
|
Nilai akhir yang diperoleh oleh
peserta didik adalah sebagai berikut:
a.
Jumlah nilai rata-rata pada kolom " praktik adzan dan iqamah"
b.
Jumlah nilai rata-rata pilihan ganda dan isian
c.
jumlah nilai pada kolom insya Allah aku bisa dalam
penilaian diri
Nilai
akhir =
|
nilai
a + nilai b + nilai c
|
3
|
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran
diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal-soal yang
berkaitan dengan adzan dan iqamah dan juga bisa merupakan untuk melafalkan
kembali bacaan lafal dan iqamah
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran,
akan dijelaskan kembali materi adzan. Guru melakukan penilaian kembali terhadap
hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu
tertentu yang disesuaikan, misalkan 30 menit setelah jam pulang.
Guru meminta peserta didik untuk
meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dalam buku teks kepada orang tuanya
denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan
mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan
orang tua untuk bertukar informasi. Selanjutnya orang tua mengamati anaknya
untuk mempraktikkan bacaan adzan dan iqamah baik di rumah, mushala atau masjid
VI. Alat
dan Sumber Belajar
-
Multimedia interaktif dan Internet
-
Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag.
Hal.1-12
-
Buku lain yang menunjang
Mengetahui
|
|
Sleman,
17 Juli 2015
|
Kepala
Sekolah
|
|
Guru
Kelas II,
|
(Inayatul
Mardliyah, S.H.I.)
|
|
(Pratisna
Meitasari, S.Pd.)
|
NIP.
|
|
NIP.
|
LAMPIRAN
Ayo berlatih
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, dan c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Orang yang
mengumandangkan adzan disebut …
a. imam
b. makmum
c. muadzin
2. Mengumandangkan
adzan disunahkan menghadap …
a. jamaah
b. kiblat
c. atas
3. Sahabat rasul
yang pertama kali mengumandangkan adzan adalah …
a. Umar bin
Khaththab, ra.
b. Abu bakar
Ash-Shidiq, ra.
c. Bilal bin
Rabah, ra.
4. َlafal tersebut dibaca dalam adzan sebanyak ...
a. Empat
b. Lima
c. Enam
5 . lafal,
diatas artinya ...
a. Marilah
berjamaah
b. Marilah ke
masjid
c. Marilah
shalat
6. Mengumandangkan
adzan sebaiknya dengan suara ...
a. pelan
b. nyaring
c. merdu
7. Dalam iqamah
bacaan syahadat dibaca sebanyak ... kali
a. satu
b. tiga
c. dua
8. Mengumandangkan
adzan dalam shalat berjamaah hukumnya ...
a. wajib
b. makruh
c. sunnah
9.
Lafal tersebut dibaca ketika adzan pada shalat ...
a. Subuh
b. Magrib
c. Isya
10. Di antara syarat
muadzin adalah …
a. Islam
b. Suara
bagus
c. Suci
B. Isilah titik – titik
dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Seruan untuk
melaksanakan shalat disebut ...
2. Bilal bin Rabah, ra. dimerdekakan oleh ...
3. Lafalz adzan yang
pertama diucapkan adalah ...
4. Sesudah adzan
disunahkan membaca ...
5. Menjawab adzan
hukumnya ...
6. Iqamah dibaca
sebagai tanda akan dimulainya ...
7. Bacaan iqamah
dikumandangkan dengan suara ...
8. Dalam iqamah
bacaan takbir dibaca sebanyak ...
9. dibaca pada waktu ...
10. Iqamah secara
bahasa berarti ...
C. Tentukan sikapmu
Berilah tanda (√)
pada kolom dibawah ini
No.
|
Pernyataan
|
Sikapku
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Ketika adzan
dukumandangan saya segera pergi ke masjid
|
|
|
|
|
|
2.
|
Karena masih
asyik bermain terdengar suara adzan saya melanjutkan permainan
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak
perlu menghafal bacaan adzan, hanya perlu menjawab bacaan adzan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
mengumandangkan adzan dengan suara yang pelan
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketik iqamah
dikumandangkan, kita segera melaksanakan shalat
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
|
|||
SS
|
:
|
Sangat
setuju
|
|
S
|
:
|
Setuju
|
|
R
|
:
|
Ragu - ragu
|
|
TS
|
:
|
Tidak setuju
|
|
STS
|
:
|
Sangat tidak
setuju
|
D. Ayo
Praktikkan
1.
Praktikkan bacaan adzan dihadapan temanmu
2.
Praktikkan bacaan iqamah dihadapan temanmu
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar Guru
|
Tanda Tangan
|
|
Guru
|
Orang Tua
|
|||
|
|
|
|
|