RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Madrasah
Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II ( Dua ) / Genap
Tema :
Keagungan-Mu ya Allah
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
I. Kompetensi Inti
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.2 Meyakini bahwa
zikir akan men-dekatkan diri kepada Allah swt.
KD-2.2 Membiasakan
perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap zikir setelah
shalat fardu
KD-3.2 Memahami zikir
setelah shalat fardu
KD-4.2 Mempraktikkan
zikir setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan bacaan dzikir
setelah shalat fardhu
-
Menyebutkan hikmah
dzikir setelah shalat fardhu
-
Membiasakan berdzikir
setelah shalat fardhu
-
Mempraktikkan dzikir
setelah shalat fardhu
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
a. Dzikir artinya mengingat Allah
b. Setelah selaesai
shalat sebaiknya berdzikir dan berdoa
c. Bacaan dzikir
istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil
IV. Proses Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
|
10 Menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
4)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5)
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi
shalat
6)
Media/alat peraga/alat
bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang
besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya.
7)
Pembelajaran Fikih
dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat
lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
|
||
Kegiatan
Inti
|
Mengamati (observing)
1)
Mengamati gambar anak
yang sedang dzikir
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
1)
Menanyakan kepada guru
tentang Dzikir Setelah Shalat
Fardu
2)
Melontarkan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi yang terkait dengan Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)
Memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)
Membaca penjelasan
tentang dzikir
4)
Memberikan penjelasan
yang terkait tentang dzikir
Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait tentang Dzikir Setelah Shalat Fardu
2)
Memberikan tantangan
kepada siswa untuk melafalkan bacaan dzikir
Mengomunikasikan (communicating)
1)
Menjawab pertanyaan
seputar ketentuan dzikir
2)
Mengidentifikasikan
bacaan dzikir istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil denngan
menjodohkan pernyataan setelah selesai minta tanda tangan orang tua
3)
Memberikan penguatan
dan menyimpulkan materi tentang dzikir
4)
Menyalin kesimpulan
dalam buku catatan masing-masing
|
215 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Penutup
|
1)
Guru memberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang dzikir
2)
Melontarkan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
3)
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4)
Guru menutup pelajaran
dengan bacaan hamdalah
|
15 menit
|
V. Penilaian
Hasil Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Peserta didik diminta untuk
memberikan tanda (V) pada kolom ya atau tidak
No.
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1.
|
Saya bisa mengucapkan bacaan istighfar
|
||
2.
|
Saya bisa mengucapkan bacaan tasbih
|
||
3.
|
Saya bisa mengucapkan bacaan takbir
|
||
4.
|
Saya bisa mengucapkan bacaan tahlil
|
||
5.
|
Saya bisa mengucapkan bacaan tahmid
|
Skor :
Ya = 10
Tidak = 0
Nilai Akhir=
|
Perolehan nilai
|
X 100
|
Jumlah skor
|
b. Kolom Pilihan Ganda dan Uraian.
Kunci jawaban pilihan ganda
1. A 5. C
2. A 6. C
3. B 7. A
4. B 8. B
Nilai Akhir=
|
Jumlah nilai
|
X 100
|
Jumlah skor
|
Jawaban Singkat
1. Ingat
2. Tentram
3. Istighfar
4. Allah
maha besar
5. 33
x
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
X 100
|
Skor maksimum (5)
|
Pilihan
ganda : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 8 x1 = 8)
isian : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
Nilai untuk pilihan ganda dan isian =
|
Jumlah
jawaban benar PG dan isian
|
X 100
|
13
|
Pengayaan
Peserta didik
yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan
yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan dzikir
Remedial
Peserta didik
yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi
dzikir. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan,
misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
Interaksi Guru dan orang tua
Guru meminta
peserta didik untuk meperlihatkan kolom insya Allah aku bisa dan kolom ayo
berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan
paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru
dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati.
VI. Alat
dan Sumber Belajar
-
Multimedia interaktif dan Internet
-
Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag.
Hal. 37- 44
-
Buku lain yang menunjang
Mengetahui
|
Sleman,
02 Januari 2015
|
|
Kepala
Sekolah
|
Guru Kelas
II,
|
|
(Inayatul
Mardliyah, S.HI )
|
(Pratisna
Meitasari, S.Pd.)
|
|
NIP.
|
NIP.
|
Latihan
A. Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, atau c yang merupakan jawaban yang benar!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …..
a. ingat
b. dekat
c. jauh
2. Kita diperintahkan berdzikir supaya … Allah
a. mengingat
b. meninggalkan
c.
memusuhi
3. Dengan selalu berdzikir hidup kita akan
selalu…….
a. susah
b. tentram
c. bingung
4. Membaca dzikir sesudah selesaai shalat
hukumnya adalah ….
a. wajib
b. sunah
c. makruh
5. adalah
bacaan ….
a. tahlil
b. tasbih
c. istighfar
6. adalah bacaan …..
a. istighfar
b. tahmid
c. tasbih
7. Artinya
…
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c. Maha Suci Allah
8. Artinya : …
a. Segala puji bagi Allah
b. Allah Maha Besar
c.
Maha Suci Allah
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat
!
1. Dzikir menurut bahasa artinya …
2. Dengan berdzikir hidup kita akan menjadi …
3. Bacaan artinya …
4. Allahu akbar artinya …
5. Bacaan istighfar, takbir tahmid dibaca
sebanyak …
C. Tentukan Sikapmu
No.
|
Pernyataan
|
Sikapku
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
ST
|
||
1.
|
Setelah shalat
berdzikir akan menambah
pekerjaan
|
|||||
2.
|
Saya
berdzikir hanya memuji kepada Allah
|
|||||
3
|
Karena
masih kecil tidak perlu berdoa
|
|||||
4.
|
Saya hanya mendoakan
untuk diri kita
sendiri
|
|||||
5
|
Anak yang saleh anak
yang tidak mendoakan
orang
kedua orang tua
|
D. Ayo kita praktekkan
Bacaan
dzikir
Hari/Tanggal
|
Nilai
|
Komentar Guru
|
Tanda Tangan
|
|
Guru
|
Orang Tua
|
|||