( RPP )
Satuan Pendidikan :
MI MA’ARIF
DARUSSHOLIHIN
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semester : II ( Dua ) / Genap
Tema :
Kepada-Mu Aku Memohon
Alokasi Waktu : 6
x 4 jp
I. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.3 Meyakini bahwa
Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya
KD-2.3 Membiasakan
sikap husnudzan dan tidak sombong sebagai implementasi dari pemahaman terhadap
doa setelah shalat fardu
KD-3.3 Memahami lafal
doa setelah shalat fardu
KD-44.3 Mempraktikkan
doa setelah shalat fardu
Indikator
-
Melafalkan doa setelah shalat
-
Melakukan doa setelah shalat
-
Menyebutkan hikmah doa
-
Mempraktikkan doa
setelah shalat
III. Deskripsi Materi
Pembelajaran
Menurut bahasa "ad-du'a" artinya memanggil, meminta
tolong, atau memohon sesuatu. Sedangkan doa menurut pengertian syariat adalah memohon
sesuatu atau memohon perlindungan kepada Allah Swt. dengan merendahkan diri dan
tunduk kepada-Nya. setiap waktu dan setiap tempat,
Adapun doa yang kita baca setelah selesai shalat antara lain
:
1. Doa untuk kedua
orang tua adapun bacaan doa kepada orang tua adalah sebagai berikut :
Rabbighfirlī
waliwālidayya warhamhumā kamā rabbayānī saghīra.
Artinya : “Ya Allah ampunilah aku dan kedua aorang tuaku dan
sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil”.
2. Doa
untuk kebahagian dunia dan akhirat adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:
Rabbanā atinā fiddunyā khasanah wa fil akhiroti
khasanah wa qinā adzābnnār
Artinya: “ Ya Tuhan kami berilah
kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan periharalah kami dari
siksa api neraka”.
IV. Proses Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5)
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi
shalat
6)
Media/alat peraga/alat
bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang
besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya.
7)
Pembelajaran Fikih
dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat
lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
(observing)
1)
Mengamati gambar anak
yang sedang berdoa
2)
Mengemukakan
pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya
(questioning)
Menanyakan kepada guru
tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan
informasi /mencoba (experimenting)
1)
Berdiskusi tentang Hal
yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa dan Waktu yang Baik untuk Berdoa
2)
Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta
didik tentang hasil kajiannya
3)
Memberikan penguatan
dan menyimpulkan materi tentang doa
|
215 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Menalar/Mengasosiasi
(associating)
1)
Memberikan penjelasan yang terkait dengan materi yang
dipelajari
2)
Menyebutkan hikmah doa
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
Memberikan tantangan
kepada siswa untuk melafalkan bacaan doa untuk orang tua dan doa kebahagian
akhirat
2)
Menjawab guru meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan doa
3)
Menyalin kesimpulan
dalam buku catatan masing-masing
|
||
Penutup
|
1)
Guru
memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang doa
2)
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang doa
3)
Siswa
menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4)
Guru menutup pelajaran dengan bacaan basmalah
|
15 menit
|
V. Penilaian
Hasil Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Peserta
didik diminta untuk memberikan tanda (√) pada kolom ya
atau tidak
No.
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1.
|
Saya
bisa mengucapkan doa untuk orang tua
|
||
2.
|
Saya
bisa mengucapkan doa untuk kebahagiaan dunia dan akhirat
|
Skor :
Ya = 10
Tidak = 0
Nilai Akhir=
|
Perolehan nilai
|
X 100
|
Jumlah skor
|
b. Praktik do’a
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan ayo berlatih praktik
doa
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor Maks
|
Tindak Lanjut
|
|||
1
|
2
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Aspek yang
dinilai :
1. Hafal =
20
2. Fasih =
40
Skor maksimal =
100
c. Kolom Pilihan Ganda dan Uraian.
Kunci jawaban pilihan ganda
Jawaban Singkat
1. Memohon
2. basmalah
3. Setelah shalat
4. Kedua orang tua
5. lembut
Nilai =
|
Jumlah jawaban benar
|
X 100
|
Skor maksimum (5)
|
isian : jumlah
jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai
materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan
berupa soal - soal yang berkaitan dengan doa
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai
materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi doa. Guru melakukan
penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam
pulang.
Interaksi
Guru dan orang tua
Guru meminta peserta didik untuk
meperlihatkan kolom insyaallah aku bisa dan ayo berlatih dalam buku teks kepada
orang tuanya denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat
dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi
langsung dengan orang tua untuk mengamati kegiatan anak berdoa selama di rumah.
VI. Alat
dan Sumber Belajar
-
Multimedia interaktif dan Internet
-
Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag.
Hal. 45-48
-
Buku lain yang menunjang
Mengetahui
|
Sleman,
02 Januari 2015
|
|
Kepala
Sekolah
|
Guru Kelas
II,
|
|
(Inayatul
Mardliyah, S.H.I. )
|
(Pratisna
Meitasari, S.Pd.)
|
|
NIP.
|
NIP.
|
Baca juga : RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 4 Keagungan-Mu Ya Allah