-->
RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 5 Kepada-Mu Aku Memohon

RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 5 Kepada-Mu Aku Memohon


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan   :      MI MA’ARIF DARUSSHOLIHIN
Mata Pelajaran         :      Fikih
Kelas/Semester       :      II ( Dua ) / Genap
Tema                       :      Kepada-Mu Aku Memohon
Alokasi Waktu           :      6 x 4 jp
    




I.      Kompetensi Inti
       KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       KI-2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
       KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD-1.3   Meyakini bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya
KD-2.3   Membiasakan sikap husnudzan dan tidak sombong sebagai implementasi dari pemahaman terhadap doa setelah shalat fardu
KD-3.3   Memahami lafal doa setelah shalat fardu
KD-44.3 Mempraktikkan doa setelah shalat fardu
                     Indikator
-            Melafalkan doa setelah shalat
-            Melakukan doa setelah shalat
-            Menyebutkan hikmah doa
-            Mempraktikkan doa setelah shalat
III.   Deskripsi Materi Pembelajaran
        Menurut bahasa "ad-du'a" artinya memanggil, meminta tolong, atau memohon sesuatu. Sedangkan doa menurut pengertian syariat adalah memohon sesuatu atau memohon perlindungan kepada Allah Swt. dengan merendahkan diri dan tunduk kepada-Nya. setiap waktu dan setiap tempat,
        Adapun doa yang kita baca setelah selesai shalat antara lain :
        1.     Doa untuk kedua orang tua adapun bacaan doa kepada orang tua adalah sebagai berikut :
Rabbighfirlī waliwālidayya warhamhumā kamā rabbayānī saghīra.
Artinya : “Ya Allah ampunilah aku dan kedua aorang tuaku dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil”.
        2.     Doa untuk kebahagian dunia dan akhirat adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:
        Rabbanā atinā fiddunyā khasanah wa fil akhiroti khasanah wa qinā adzābnnār
               Artinya: “ Ya Tuhan kami berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan periharalah kami dari siksa api neraka”.
IV.   Proses Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi shalat
6)      Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
7)      Pembelajaran Fikih dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla, masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
10 Menit
Kegiatan Inti

Mengamati (observing)
1)       Mengamati gambar anak yang sedang berdoa
2)       Mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut
Menanya (questioning)
Menanyakan kepada guru tentang hal-hal yang akan dipelajari dalam tanya jawab atau diskusi
Mengumpulkan informasi /mencoba (experimenting)
1)      Berdiskusi tentang Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa dan Waktu yang Baik untuk Berdoa
2)      Memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil kajiannya
3)      Memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang doa
215 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Menalar/Mengasosiasi (associating)
1)      Memberikan penjelasan yang terkait dengan materi yang dipelajari
2)      Menyebutkan hikmah doa
Mengomunikasikan (communicating)
1)      Memberikan tantangan kepada siswa untuk melafalkan bacaan doa untuk orang tua dan doa kebahagian akhirat
2)      Menjawab guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan seputar ketentuan doa
3)      Menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

Penutup
1)      Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi tentang doa
2)      Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang doa
3)      Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
4)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan basmalah
15 menit
V.    Penilaian Hasil Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

        a.     Guru melakukan penilaian pada rubric insya Allah aku bisa
                   Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (√) pada kolom ya atau tidak
No.
Pernyataan
ya
tidak
1.
Saya bisa mengucapkan doa untuk orang tua


2.
Saya bisa mengucapkan doa untuk kebahagiaan dunia dan akhirat


                   Skor :
                   Ya               = 10
                   Tidak = 0
Nilai Akhir=
Perolehan nilai
X 100
Jumlah skor

        b.     Praktik do’a
                   Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan ayo berlatih praktik doa
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Skor Maks
Tindak Lanjut
1
2
T
TT
R
P
1










2










3










               Aspek yang dinilai :
               1.     Hafal                 = 20
               2.     Fasih                 = 40
             Skor maksimal       = 100
          c.     Kolom Pilihan Ganda dan Uraian.
                   Kunci jawaban pilihan ganda
Jawaban Singkat
1.     Memohon
2.     basmalah
3.     Setelah shalat
4.     Kedua orang tua
5.     lembut
Nilai =
Jumlah jawaban benar
X 100
Skor maksimum (5)

                    isian            :         jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 5 x 1 = 5)
          Pengayaan
          Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa soal - soal yang berkaitan dengan doa
        Remedial
          Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali materi doa. Guru melakukan penilaian kembali terhadap hasil pekerjan siswa. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalkanya 30 menit setelah jam pulang.
        Interaksi Guru dan orang tua
          Guru meminta peserta didik untuk meperlihatkan kolom insyaallah aku bisa dan ayo berlatih dalam buku teks kepada orang tuanya denga memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan mengunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati kegiatan anak berdoa selama di rumah.
VI.   Alat dan  Sumber Belajar
-                 Multimedia interaktif dan Internet
-                 Buku Siswa Fikih MI kelas II Kemenag. Hal. 45-48
-                 Buku lain yang menunjang


Mengetahui

Sleman, 02 Januari 2015
Kepala Sekolah

Guru Kelas II,






(Inayatul Mardliyah, S.H.I. )







(Pratisna Meitasari, S.Pd.)
NIP.

NIP.




 

Baca juga : RPP Fikih Kelas 2 MI Semester 2 Tema 4 Keagungan-Mu Ya Allah

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar