RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester :
I/1
Tema :
GREETING AND INTRODUCTION
Materi pokok : Kinds Of Greeting and Introduction
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit (1x pertemuan)
Tanggal Pelaksanaan :
A.
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana
3.
KOMPETENSI DASAR
:
2.1 Bercakap-cakap meminta /
memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/ tidak suka,
menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat dan mengusulkan.
C. INDIKATOR
2.1.1
Memperkenalkan diri yang diawali dengan
salam pertemuan dan salam perpisahan
2.1.2 Memperkenalkan teman secara berpasangan
Nilai karakter:
a. Bekerjasama
b. Percaya Diri
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan berdiskusi siswa dapat:
·
Memperkenalkan diri yang diawali dengan salam pertemuan
dan salam perpisahan
·
Memperkenalkan teman secara berpasangan
E. MATERI BELAJAR
o
Let’s practice this dialogue(mari kita berlatih dialog
ini)
v
Potter :”Good bye, my
friends?”
Devira :”Good
bye”
Potter :”See
you later”
Devira :”See you later”
(Enjoy and Easy English page 7)
v
Mrs. Nita :”Hi, what is your
name?”
Almira :”My
name is Almira”
Mrs. Nita :”Are
you a singer?”
Almira :”No,
I am not”
(Enjoy and Easy English page 44)
o
Let’s make the dialogue and practice(mari kita membuat dialog
dan berlatihlah)
Morning - Hani -
Krisna
A :“Hello, good morning, I’m Hani”
What is your name?
B :“My name is Krisna”
( Enjoy and Easy English page 8-9)
Nindi :”Hello, Sarah ....?”
Sarah :”I’m fine”
(Enjoy
and Easy English page 45-47)
F.
METODE
PEMBELAJARAN
a. Explicit Instruction
b. Ceramah,
Tanya jawab, penugasan
c.
Model pembelajaran langsung
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Penilaian
|
|
Waktu
|
Siswa
|
||
·
Pembukaan
o
Mengajak semua
siswa untuk mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
o
Mengajak berdinamika dengan beryel- yel
o
Memberi
penjelasan apa yang akan dipelajari hari ini dengan menunjuk salah satu siswa
sebagai model perkenalan untuk memotivasi siswa
o
Bertanya jawab
tentang materi yang akan dipelajari hari ini dengan menyampaikan beberapa
pertanyaan
a) Apa yang dimaksud
dengan Introduction?
b) Sebutkan macam-macam Introduction yang kalian ketahui?
o Tanamkan
bahwa allah adalah dzat yang pengasih dan penyayang yang mana Alloh sangat
mencintai hambanya yang suka memperbanyak teman mau berosialisasi dengan
teman lain dan memperkanlakan teman kepada teman yang lainnya.
·
Kegiatan inti
o
Guru mengajak siswa memperkenalkan namanya kepada seluruh kelas
o Guru melemparkan bola kepada
seorang siswa dan siswa yang memperoleh bola
tersebut harus menyebukan namanya dengan mengatakan “my name is ....”
kemudian siswa tersebut melemparkan bola ke teman yang lain hingga semua teman
mendapat giliran
o Guru memberikan
penguatan tentang kalimat yang harus diucapkan ketika pertama kali bertemu
dengan teman baru
o Guru memberikan contoh
dialog tentang
perkenalan diri pada waktu pertama kali bertemu
· The example of the
introduction text in the first meeting
Jasmine :
Hello, Good
morning
Made : Hello, Good morning
Jasmine : My name is Jasmine,
What is your name?
Made : My name is Made
Jasmine : How do you do Made?
Made : How do you do
o Siswa maju ke depan kelas secara berpasangan
mempraktekkan dialog yang dicontohkan guru
o Guru meminta siswa
untuk mendengarkan text memperkenalkan temannya kemudian menjawab pertanyaan
berdasakan teks yang sudah didengarnya
o Guru menyajikan berbagai macam
gambar keadaan alam dimana siswa diharapkan mampu memahami kapan mereka
harus mengucapkan selamat pagi, siang, sore, malam, …Etc
o Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari
·
Penutup
o Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
o Guru memberikan
penekanan pada macam-macam greeting and introduction /memberikan tugas /PR
o Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari selanjutnya (make a dialogue abaout greeting and
introduction then practice it with your friend)
o Melakukan penilaian hasil belajar
o Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
v Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a
(sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
v Segera memberikan nasihat, apabila ada
siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau
berdoa lebih disempurnakan
|
5 mnt
55 mnt
10 mnt
|
Klasikal
Individu
klasikal
|
Skala
sikap
|
H.
PENILAIAN
1.
Tes tulis
2.
Tes Lisan
3.
Skala sikap
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2=
cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter :
12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala
tersendiri
I.
SUMBER / ALAT BELAJAR
·
Buku paket
·
Buku penunjang dari guru
·
Gambar keadaan alam:”pagi, siang, sore, malam”
Sidoarjo,
Mengetahui
Waka Kurikulum Guru Bidang studi
(Andhy
Sudarmono, ST) (Eka Dewi Mayasari, S.Pd)
Kepala SDI Sabilillah
(Siti Anisatun Nadziroh, SE)
LAMPIRAN:
Performance
|
Pronunciation
|
50
|
50
|
Total
|
50
50 = 100
|
1.
Skoring Speaking