-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA Review House, Livingroom, Bedroom 1st week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA Review House, Livingroom, Bedroom 1st week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Bidang Studi                   :  Bahasa Inggris
                               Kelas / semester              :  2 (dua) / 1 (satu)
                               Tema                                :  Review House, Livingroom, Bedroom
                               Petemuan ke / minggu    :  1-2 / 1
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )


A.    Standar Kompetensi (SK)

3. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  Kompetensi Dasar (KD)

3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Indikator:

3.2.3  Memahami dan menulis kembali kosakata ruangan-ruangan dirumah
4.2.2  Memahami dan menulis kembali kosakata benda-benda di ruang tamu
4.2.3  Memahami dan menyalin tulisan kosakata benda-benda di kamar tidur


C. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat memahami penggunaan penulisan kosakata ruangan-ruangan dirumah dan benda-benda di ruang tamu dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kosakata benda-benda di kamar tidur dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

 Review :

1. Ruangan-ruangan di rumah
2. Benda-benda di ruang tamu
3. Benda-benda di kamar tidur
4. Kata tanya : what, where, how, how many, is there..., are there...
5. There is a ... dan there are ...
6. Preposisi : in, on, under, behind, in front of
7. Frase warna seperti, black clock, red chair, green door, blue book, dll
8. Penggunaan kata sifat; big, small, clean, nice, beautiful, tidy, dll
9. Menjawab soal cerita dari teks bacaan


E.     Metode dan Pendekatan

Pendekatan          : Scientifik
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan


F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku siswa
LKS siswa                                                                                                                                                                      
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (review house, livingroom dan bedroom).
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan pengucapan dan penulisan kosakata benda-benda di ruang tamu dan kamar tidur untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu my house dan bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
     ( mengamati)
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi terkait secara acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab serta menuliskan ejaan kosakata benda-benda tersebut di papan tulis. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis dengan. (mengkomunikasikan)
5. Siswa dipersilakan mengambil buku LKS kemudian diminta mencoba  mengerjakan halaman 17-18, 23-24, 32, 44, 49, 58-59 .
6. Guru membahas semua soal bersama siswa serta memberikan umpan balik serta reward bagi siswa yang sudah benar-benar memahami soal serta memotivasi siswa yang masih kurang memahami soal. (mengkomunikasi).
7. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
40 menit

Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit




Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (review house, livingroom dan bedroom).
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan pengucapan dan penulisan kosakata benda-benda di ruang tamu dan kamar tidur untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu my house dan bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
     ( mengamati)
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi terkait secara acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab serta menuliskan ejaan kosakata benda-benda tersebut di papan tulis. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis dengan. (mengkomunikasikan)
5. Guru memberikan latihan soal di buku catatan siswa.
6. Guru membahas semua soal bersama siswa serta memberikan umpan balik serta reward bagi siswa yang sudah benar-benar memahami soal serta memotivasi siswa yang masih kurang memahami soal. (mengkomunikasi).
7. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
45 menit

Penutup
    Guru mengajak siswa untuk selalu rajin belajar serta tidak lupa rajin berdoa supaya mereka diberikan kemudahan dalam belajar dan mengerjakan soal-soal.
5 Menit


Latihan soal:
1. There ... a bed.
2. There ... two pillows.
3. ...  is the fan?
    The fan is in the livingroom.
4. s – a – t – r – y – a – h
    - arrange ...
    - translate ...
5. bedroom – the – in – bolsters – three – are – There
   - arrange …
   - translate …

Mengetahui
Kepala Sekolah

_____________________________
           NIP
Guru Kelas 1,


__________________________
               NIP










Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar