RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas / semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema : Review House, Livingroom, Bedroom
Petemuan ke / minggu : 1-2 / 1
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi (SK)
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B. Kompetensi
Dasar (KD)
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana.
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima.
Indikator:
3.2.3 Memahami dan menulis kembali kosakata ruangan-ruangan
dirumah
4.2.2 Memahami dan menulis
kembali kosakata benda-benda di ruang tamu
4.2.3 Memahami dan
menyalin tulisan kosakata benda-benda di kamar tidur
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak
penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat memahami penggunaan penulisan kosakata ruangan-ruangan
dirumah dan benda-benda di ruang tamu
dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kosakata benda-benda di kamar tidur dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Review :
1. Ruangan-ruangan di rumah
2. Benda-benda di ruang tamu
3. Benda-benda di kamar tidur
4. Kata tanya : what, where,
how, how many, is there..., are there...
5. There is a ... dan there are ...
6. Preposisi : in, on, under,
behind, in front of
7. Frase warna seperti, black clock, red chair, green
door, blue book, dll
8. Penggunaan kata sifat; big,
small, clean, nice, beautiful, tidy, dll
9. Menjawab soal cerita dari
teks bacaan
E.
Metode dan
Pendekatan
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
LKS siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (review
house, livingroom dan bedroom).
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan pengucapan dan
penulisan kosakata benda-benda di ruang tamu dan kamar tidur untuk
memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu my house dan bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
(
mengamati)
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi terkait secara acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab serta menuliskan ejaan kosakata benda-benda tersebut di papan tulis. (mengumpulkan
informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis
dengan. (mengkomunikasikan)
5. Siswa dipersilakan mengambil buku LKS kemudian diminta
mencoba mengerjakan halaman 17-18,
23-24, 32, 44, 49, 58-59 .
6. Guru membahas semua soal bersama siswa serta memberikan umpan balik serta
reward bagi siswa yang sudah benar-benar memahami soal serta memotivasi siswa
yang masih kurang memahami soal.
(mengkomunikasi).
7. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk
berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi
kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur
karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
|
40 menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (review
house, livingroom dan bedroom).
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan pengucapan dan
penulisan kosakata benda-benda di ruang tamu dan kamar tidur untuk
memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu my house dan bedroom yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
(
mengamati)
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi terkait secara acak. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab serta menuliskan ejaan kosakata benda-benda tersebut di papan tulis. (mengumpulkan
informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis
dengan. (mengkomunikasikan)
5. Guru
memberikan latihan soal di buku catatan siswa.
6. Guru membahas semua soal bersama siswa serta memberikan umpan balik serta
reward bagi siswa yang sudah benar-benar memahami soal serta memotivasi siswa
yang masih kurang memahami soal.
(mengkomunikasi).
7. Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk
berpikir sehingga bisa menciptakan berbagai macam benda yang bermanfaat bagi
kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur
karena telah diberikan kelebihan otak untuk berpikir.
|
45
menit
|
Penutup
|
• Guru mengajak
siswa untuk selalu rajin belajar serta tidak lupa rajin
berdoa supaya mereka diberikan kemudahan dalam belajar dan mengerjakan
soal-soal.
|
5 Menit
|
Latihan soal:
1. There ... a bed.
2. There ... two pillows.
3. ... is the fan?
The fan is in the livingroom.
4. s – a – t – r – y – a – h
- arrange ...
- translate ...
5. bedroom
– the – in – bolsters – three – are – There
- arrange …
- translate …
Mengetahui
Kepala Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|