Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 3rd week :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Activities
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.09 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
4.12
Mengeja ujaran Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca benar yang melibatkan
kata, frasa dan kalimat yang sangat sederhana.
Indikator:
4.9.1 Mendengarkan dan memilih kosakata tentang kegiatan
4.12.1 Menyusun
kata menjadi kalimat tentang kegiatan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengingat
kalimat tentang kegiatan dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang kegiatan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Apa
yang ... lakukan?
What are you
doing? I am ... Verb (ing).
What are they
doing? They are ... verb (ing).
What is he
doing? He is ... verb (ing).
What is she
doing? She is ... verb (ing)
Apakah
... suka ... ?
Do
you/they like verb (ing)?
Yes, I/They do. / No, I/They do not.
Does
he/she like verb (ing)?
Yes, he/she does. / No, he/she does not.
Apa
kegiatan yang ... suka?
What activity do
you/they like? I/They like verb (ing).
What activity does
he/she like? He/She likes verb (ing)
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
kegiatan
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan kepada
siswa kegiatan mereka di pagi hari. Memotivasi siswa yang masih sering
dibantu orang tuanya dalam melakukan berbagai macam hal, supaya mencoba untuk
berlatih mandiri.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guest the
activity game. Seorang siswa mempragakan suatu kegiatan, sisw yang lain
menebak kegiatan tersebut. Siswa yang bisa menebak kemudian menggantikan
menjadi peraga. Begitu seterusnya.
Guru
bertanya tentang kalimat Present Continuous yang sudah dikenalkan pada materi
sebelumnya. Guru menanyakan arti dari to be yang dipakai. Guru memberikan
beberapa soal secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. (menanyakan, mengkomunikasikan)
·
Siswa mengerjakan
soal latihan pada halaman 85 kemudian dibahas secara klasikal. (mencoba, percaya diri)
·
Menjelaskan
kalimat peertanyaan yang diawali dengan What is ... doing?berarti menanyakan
kegiatan apa yang sedang dilakukan. Sedangkan kalimat pertanyaan yang diawali
dengan tobe seperti Is/Are berarti menanyakan apakah seseorang tersebut
sedang melakukan suatu kegiatan tertentu. Setelah itu siswa mengerjakan soal
latihan pada halaman 86, 87, dan 90.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
(mencoba, percaya diri, santun)
·
Guru memberikan
kesempatan bertanya maupun memberikan soal-soal secara lisa untuk umpan balik
pemahaman siswa.
·
Guru memberitahukan
akan mengambil nilai evaluasi mendengarkan (Listening Test). Mekanismenya
adalah siswa hanya menuliskan kata tentang aktivitas yang ada pada kalimat
yang akan diucapkan oleh guru.
(mencoba, percaya diri, sopan)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu
dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara
mandiri.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
siswa untuk sebisa mungkin melakukan berbagai macam kegiatan secara mandiri.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
kalau pertemuan kali ini masih akan belajar tentang kalimat Present
Continuous.
·
Guru
merefresh lagi macam-macam kosakata kegiatan
(menanya, mencoba, percaya diri)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis. Mekanismenya adalah siswa mengubah
kalimat Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Inggris. Serta mengubah kalimat dari
bentuk posistif menjadi negative atau interogative. (mengkomunikasikan,
patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 1 : Listening Test
- Pertemuan 2 :
Writing Test.
Penilaian Keterampilan
Mendengarkan dan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Activities
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan
Diri
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Mendengarkan dan Menulis Bahasa
Inggris
Tema
: Activities
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Writing
Test:
1-5 Translate
into English!
1.
Dia laki-laki sedang belajar dikamar tidur.
2.
Mereka sedang membaca di perpustakaan.
3.
Siswa-siswa sedang menyapu dikelas.
4.
Dia perempuan sedang menulis dipapan tulis.
5.
Ayah dan Ibu sedang menonton TV di ruang keluarga.
6-10 Change into
negative or interrogative!
6.
My brother is cycling. (-)
7.
The farmer is watering the rice field. (?)
8.
They are eating bread. (-)
9.
The baby is drinking milk. (?)