Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 3rd week :
                                   
 
 
 
 
 
                                
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                Satuan
pendidikan                :  SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Activities
                                                Pertemuan ke / minggu         : 
5-6 / ke 4
                                                Alokasi
waktu                        :  1 hari (2x35 menit)
A.   
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.    
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
 4.09  Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara  berterima dalam konteks kelas   dan dalam berbagai permainan
      4.12
 Mengeja ujaran Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca benar yang melibatkan
kata, frasa dan kalimat yang sangat sederhana.
Indikator:
4.9.1   Mendengarkan dan memilih kosakata  tentang kegiatan
4.12.1 Menyusun
kata menjadi kalimat tentang kegiatan
C.   
Tujuan
Pembelajaran
1.  Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengingat
kalimat tentang kegiatan dengan percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang kegiatan dengan percaya diri 
D.   
Materi
Pembelajaran
 Pertemuan
1                                      
Apa
yang ... lakukan?
What are you
doing? I am ... Verb (ing).
What are they
doing? They are ... verb (ing).
What is he
doing? He is ... verb (ing).
What is she
doing? She is ... verb (ing)
Apakah
... suka ... ?
Do
you/they like verb (ing)?
Yes, I/They do. / No, I/They do not.
Does
he/she like verb (ing)?
Yes, he/she does. / No, he/she does not.
Apa
kegiatan yang ... suka?
What activity do
you/they like? I/They like verb (ing).
What activity does
he/she like? He/She likes verb (ing)
E.   Pendekatan & Metode
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  :
Picture and Picture
F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
kegiatan                                    
        Kamus                 
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·     
  Salam pembuka dan
  yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·     
  Guru menanyakan kepada
  siswa kegiatan mereka di pagi hari. Memotivasi siswa yang masih sering
  dibantu orang tuanya dalam melakukan berbagai macam hal, supaya mencoba untuk
  berlatih mandiri. 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·       
  Guest the
  activity game. Seorang siswa mempragakan suatu kegiatan, sisw yang lain
  menebak kegiatan tersebut. Siswa yang bisa menebak kemudian menggantikan
  menjadi peraga. Begitu seterusnya. 
Guru
  bertanya tentang kalimat Present Continuous yang sudah dikenalkan pada materi
  sebelumnya. Guru menanyakan arti dari to be yang dipakai. Guru memberikan
  beberapa soal secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. (menanyakan, mengkomunikasikan)  
·       
  Siswa mengerjakan
  soal latihan pada halaman 85 kemudian dibahas secara klasikal. (mencoba, percaya diri) 
·       
  Menjelaskan
  kalimat peertanyaan yang diawali dengan What is ... doing?berarti menanyakan
  kegiatan apa yang sedang dilakukan. Sedangkan kalimat pertanyaan yang diawali
  dengan tobe seperti Is/Are berarti menanyakan apakah seseorang tersebut
  sedang melakukan suatu kegiatan tertentu. Setelah itu siswa mengerjakan soal
  latihan pada halaman 86, 87, dan 90.  
     (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
  mengkomunikasikan)  
(mencoba, percaya diri, santun) 
·       
  Guru memberikan
  kesempatan bertanya maupun memberikan soal-soal secara lisa untuk umpan balik
  pemahaman siswa. 
·     
  Guru memberitahukan
  akan mengambil nilai evaluasi mendengarkan (Listening Test). Mekanismenya
  adalah siswa hanya menuliskan kata tentang aktivitas yang ada pada kalimat
  yang akan diucapkan oleh guru.  
(mencoba, percaya diri, sopan) 
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·          
  Membangun
  motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
  maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu
  dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara
  mandiri. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Pertemuan
ke 2
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·     
  Salam pembuka dan
  yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 
·     
  Guru memotivasi
  siswa untuk sebisa mungkin melakukan berbagai macam kegiatan secara mandiri.  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
·          
  Guru memberitahukan
  kalau pertemuan kali ini masih akan belajar tentang kalimat Present
  Continuous. 
·          
  Guru
  merefresh lagi macam-macam kosakata kegiatan 
  (menanya, mencoba, percaya diri) 
·          
  Guru
  memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis. Mekanismenya adalah siswa mengubah
  kalimat Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Inggris. Serta mengubah kalimat dari
  bentuk posistif menjadi negative atau interogative.  (mengkomunikasikan,
  patuh, percaya diri) 
 | 
  
40 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·       
  Membangun
  motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
  untuk membahagiakan orang tua. 
·       
  Guru
  memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya. 
·          
  Mengajak
  siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah  
 | 
  
10 menit 
 | 
 
H. Penilaian
- Pertemuan 1  : Listening Test
- Pertemuan 2 :
Writing Test. 
Penilaian Keterampilan
Mendengarkan dan Menulis Bahasa Inggris
                                                                        
            Tema : Activities
No 
 | 
  
Nama  
 | 
  
Ketepatan
  jawaban  
 | 
  
Kemandirian
   
 | 
  
Kepercayaan
  Diri  
 | 
  
Waktu  
 | 
  
Jumlah
  skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 
1 
 | 
  |||||||
2 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  |||||||
4 
 | 
  |||||||
5 
 | 
  |||||||
6 
 | 
  |||||||
7 
 | 
  |||||||
8 
 | 
  |||||||
9 
 | 
  |||||||
10 
 | 
  
Rubrik Keterampilan Mendengarkan dan Menulis Bahasa
Inggris
Tema
: Activities
Kriteria   
 | 
  
4 
 | 
  
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
 
Ketepatan
  jawaban 
 | 
  
Semua
  jawaban benar 
 | 
  
Jawaban
  salah 1-3 nomor 
 | 
  
Jawaban
  salah 3-6 nomor  
 | 
  
Lebih
  dari 6 soal salah  
 | 
 
Kemandirian 
 | 
  
Semua
  soal dikerjakan secara mandiri 
 | 
  
1-3
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
  
3-6
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
  
Semua
  soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang 
 | 
 
Kepercayaan
  diri 
 | 
  
Semua
  jawaban tanpa bekas hapusan 
 | 
  
1-3
  soal ada bekas hapusan 
 | 
  
3-6
  soal ada bekas hapusan 
 | 
  
Lebih
  dari 6 soal ada bekas hapusan 
 | 
 
Waktu  
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 15 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 30 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu 45 menit 
 | 
  
Menyelesaikan
  dalam waktu lebih dari 45 menit 
 | 
 
Mengetahui 
Waka
  Kurikulum 
Umul
  Latifa, S.Pd 
                      NIP  
 | 
  
Guru
  Kelas 3, 
Meinar
  Arika Prihanani, SS 
             NIP 
 | 
 
                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah
                                                                  Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Writing
Test:
1-5 Translate
into English!
1.
Dia laki-laki sedang belajar dikamar tidur.
2.
Mereka sedang membaca di perpustakaan.
3.
Siswa-siswa sedang menyapu dikelas.
4.
Dia perempuan sedang menulis dipapan tulis.
5.
Ayah dan Ibu sedang menonton TV di ruang keluarga.
6-10 Change into
negative or interrogative!
6.
My brother is cycling.                                 (-)
7.
The farmer is watering the rice field.          (?)
8.
They are eating bread.                                 (-)
9.
The baby is drinking milk.                          (?)