Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 2nd week :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Activities
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
6. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
7. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.09 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam
konteks kelas dan dalam berbagai permainan
4.11 Membaca nyaring dengan ungkapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang sangat
sederhana.
Indikator:
4.9.1 Mendengarkan dan memilih kosakata tentang kegiatan
4.11.1
Membaca bacaan tentang kegiatan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengingat kalimat tentang kegiatan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat membaca bacaan tentang kegiatan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Apa
yang ... lakukan?
What are you
doing? I am ... Verb (ing).
What are they
doing? They are ... verb (ing).
What is he
doing? He is ... verb (ing).
What is she
doing? She is ... verb (ing)
Apakah
... suka ... ?
Do
you/they like verb (ing)? Yes,
I/They do. / No, I/They do not.
Does
he/she like verb (ing)? Yes,
he/she does. / No, he/she does not.
Apa
kegiatan yang ... suka?
What activity do
you/they like? I/They like verb (ing).
What activity does
he/she like? He/She likes verb (ing)
Pertemuan
2
Rumus Kalimat
Simple Present
Positif (+) :
I/You/They/We + Verb
He/She + Verb(ditambah
s/es)
Negatif (-) : I/You/They/We
+
do + not + verb
He/She
+ does
+ not + verb
Interogative (?): Do +
I/You/They/We + Verb?
Does + He/She +
Verb?
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
kegiatan
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan kepada
siswa kegiatan mereka di pagi hari. Memotivasi siswa yang masih sering
dibantu orang tuanya dalam melakukan berbagai macam hal, supaya mencoba untuk
berlatih mandiri.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru
memberitahukan kalau hari ini siswa akan dapat mengucapkan kalimat Present
Continuous.
·
Guru bersama
siswa menyanyikan lagu tentang kosakata kegiatan. Setelah itu bertanya jawab
tentang macam-macam kegiatan.
Guru bertanya
tentang kalimat Present Continuous yang sudah dikenalkan pada materi
sebelumnya. Guru memberikan beberapa soal secara lisan untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa.
(menanyakan, mengkomunikasikan)
·
Guru menjelaskan
bagaimana cara menanyakan kegiatan apa yang sedang dilakukan maupun kegiatan
apa yang seseorang sukai. Untuk menanyakan apa kegiatan yang sedang dilakukan
adalah What are you/they doing? Tau What is he/she doing? Untuk menanyakan
kegiatan yang disukai seseorang adalah What activity do you/they like? Atau
What activity does he/she like? Guru menjelaskan pula bagaimana apabila
subjectnya berubah.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung
jawab, santun)
·
Guru memberikan
kesempatan bertanya maupun memberikan soal-soal secara lisa untuk umpan balik
pemahaman siswa.
·
Siswa menyalin poin
materi pada buku catatan mereka masing-masing.
·
Guru memberitahukan
akan mengambil nilai evaluasi berbicara (Speaking Test). Mekanismenya adalah
siswa hanya menirukan kalimat yang akan diucapkan oleh guru.
Siswa yang
belum mendapat giliran, mengerjakan soal latihan tentang Present Continuous. (mencoba, percaya diri, sopan)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu
dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara
mandiri.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
siswa untuk sebisa mungkin melakukan berbagai macam kegiatan secara mandiri.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
kalau pertemuan kali ini akan belajar tentang kalimat Simple Present.
·
Guru
memberikan beberapa contoh kalimat dengan menggunakan Present Continuous dan
Simple Present. Kemudian siswa diminta untuk mencermati kalimat-kalimat
tersebut (menanya, mencoba)
·
Siswa
menyalinnya pada buku tulis mereka, kemudian menyanyikannya tentu saja dengan
bimbingan guru baik secara klasikal maupun secara berkelompok. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca. Mekanismenya adalah siswa membaca
bacaan dengan pengucapan yang benar. (mengkomunikasikan, patuh, percaya diri)
·
Siswa
yang belum mendapat giliran dipanggil, mengerjakan soal latihan dari guru
yaitu mengubah kalimat bahasa Indonesia menjadi kalimat Bahasa Inggris
Present Continuous bentuk positive (+), negative (-) dan introgative (?) Guru
memberikan beberapa contoh kepada siswa dan memberikan kesempatan bertanya.
(mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 2 : Reading Test
Penilaian Keterampilan
Membaca Bahasa Inggris
Tema : Activities
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema
: Activities
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat
dibaca dengan lancar
|
4-5 kalimat
dibaca dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan 3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Teks
Bacaan:
My
Uncle’s Activity
My uncle lives in the village.
He is a farmer.
He is preparing breakfast in the
morning.
Then, he is going to the ricefield.
He is watering the plants in the
evening.
He is also sweeping the yard of his
house.
My
uncle is a good farmer.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE