-->
RPP Bahasa Inggris Tema Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 2nd week

RPP Bahasa Inggris Tema Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 2nd week

Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Activities Kelas 3 SD MI Semester 2, 2nd week :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Activities
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 3
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

 4.09 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara  berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
      4.11 Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang sangat sederhana.
                                 
Indikator:
4.9.1   Mendengarkan dan memilih kosakata  tentang kegiatan
4.11.1 Membaca bacaan tentang kegiatan

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengingat kalimat tentang kegiatan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membaca bacaan tentang kegiatan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

 Pertemuan 1                                      

Apa yang ... lakukan?
What are you doing? I am ... Verb (ing).
What are they doing? They are ... verb (ing).
What is he doing? He is ... verb (ing).
What is she doing? She is ... verb (ing)

Apakah ... suka ... ?
Do you/they like verb (ing)? Yes, I/They do. / No, I/They do not.
Does he/she like verb (ing)? Yes, he/she does. / No, he/she does not.

Apa kegiatan yang ... suka?
What activity do you/they like? I/They like verb (ing).
What activity does he/she like? He/She likes verb (ing)



Pertemuan 2  
Rumus Kalimat Simple Present

Positif (+)        : I/You/They/We   + Verb
                          He/She                 + Verb(ditambah s/es)
Negatif (-)       : I/You/They/We  +        do       +     not         +          verb
                           He/She               +       does     +     not        +          verb
Interogative (?): Do                      +        I/You/They/We      + Verb?
                           Does                   +        He/She                    + Verb?





E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Gambar-gambar kegiatan                                   
        Kamus                

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan kepada siswa kegiatan mereka di pagi hari. Memotivasi siswa yang masih sering dibantu orang tuanya dalam melakukan berbagai macam hal, supaya mencoba untuk berlatih mandiri.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan kalau hari ini siswa akan dapat mengucapkan kalimat Present Continuous.
·        Guru bersama siswa menyanyikan lagu tentang kosakata kegiatan. Setelah itu bertanya jawab tentang macam-macam kegiatan.
Guru bertanya tentang kalimat Present Continuous yang sudah dikenalkan pada materi sebelumnya. Guru memberikan beberapa soal secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa.
(menanyakan, mengkomunikasikan)
·      Guru menjelaskan bagaimana cara menanyakan kegiatan apa yang sedang dilakukan maupun kegiatan apa yang seseorang sukai. Untuk menanyakan apa kegiatan yang sedang dilakukan adalah What are you/they doing? Tau What is he/she doing? Untuk menanyakan kegiatan yang disukai seseorang adalah What activity do you/they like? Atau What activity does he/she like? Guru menjelaskan pula bagaimana apabila subjectnya berubah. 
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)

·        Guru memberikan kesempatan bertanya maupun memberikan soal-soal secara lisa untuk umpan balik pemahaman siswa.
·      Siswa menyalin poin materi pada buku catatan mereka masing-masing.
·      Guru memberitahukan akan mengambil nilai evaluasi berbicara (Speaking Test). Mekanismenya adalah siswa hanya menirukan kalimat yang akan diucapkan oleh guru.
Siswa yang belum mendapat giliran, mengerjakan soal latihan tentang Present Continuous. (mencoba, percaya diri, sopan)
40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara mandiri.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru memotivasi siswa untuk sebisa mungkin melakukan berbagai macam kegiatan secara mandiri.
10 menit
Inti

·           Guru memberitahukan kalau pertemuan kali ini akan belajar tentang kalimat Simple Present.
·           Guru memberikan beberapa contoh kalimat dengan menggunakan Present Continuous dan Simple Present. Kemudian siswa diminta untuk mencermati kalimat-kalimat tersebut  (menanya, mencoba)
·           Siswa menyalinnya pada buku tulis mereka, kemudian menyanyikannya tentu saja dengan bimbingan guru baik secara klasikal maupun secara berkelompok.  (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca. Mekanismenya adalah siswa membaca bacaan dengan pengucapan yang benar.  (mengkomunikasikan, patuh, percaya diri)
·        Siswa yang belum mendapat giliran dipanggil, mengerjakan soal latihan dari guru yaitu mengubah kalimat bahasa Indonesia menjadi kalimat Bahasa Inggris Present Continuous bentuk positive (+), negative (-) dan introgative (?) Guru memberikan beberapa contoh kepada siswa dan memberikan kesempatan bertanya.
 (mencoba, patuh, percaya diri)
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

H. Penilaian
- Pertemuan 2  : Reading Test





Penilaian Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
                                                                                     Tema : Activities

No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi 
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10









Rubrik Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema : Activities

Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
6-7 kalimat dibaca dengan  lancar
4-5 kalimat dibaca dengan  lancar
Belum dapat mengucapkan 3 kalimat dengan  lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


Teks Bacaan:
My Uncle’s Activity
My uncle lives in the village.
He is a farmer.
He is preparing breakfast in the morning.
Then, he is going to the ricefield.
He is watering the plants in the evening.
He is also sweeping the yard of his house.
My uncle is a good farmer.







Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP





                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah





                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar