Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Tentang Activities Kelas 3 SD MI Semester 2 1st week :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Activities
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.9 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam
konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
4.10 Menirukan ujaran dalam ungkapan
sangat sederhana secara berterima
Indikator:
4.9.1 Mendengarkan
kosakata tentang kegiatan
4.10.1
Mengucapkan kembali kalimat yang berisi kata-kata tentang kegiatan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui
kosakata kegiatan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa
dapat mengucapkan kosakata kegiatan dengan percaya
diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1 Activities
/ Kegiatan
Sleep : tidur Sweep :
menyapu
Take a bath :
mandi Water :
menyirami
Brush teeth :
menggosok
gigi Cook : memasak
Eat : makan Iron : menyetrika
Drink :
minum Do :
melakukan / mengerjakan
Study :
belajar Watch : menonton
Read :
membaca Sing : menyanyi
Write : menulis Dance : menari
Listen :
mendengarkan Swim : berenang
Play :
bermain Go : pergi
Cycle :
bersepada
Pertemuan
2
Lagu Activities
Nada Lagu Potong Bebek Angsa
I. Sleeping
itu tidur II.
Sweeping itu menyapu
Taking a bath mandi
Watering menyirami
Brushing teeth gosok gigi Cooking itu memasak
Eating itu makan
Ironing menyetrika
Drinking itu minum
Doing melakukan
Studying belajar
Dancing menari
Playing bermain dan
Singing menyanyi dan
Reading membaca
Swimming berenang
Writing menulis
Listening mendengarkan
Watching menonton dan
Cycling bersepeda
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
kegiatan
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
apa siswa sudah terbiasa melakukan apapun secara mandiri. Memotivasi siswa
supaya selalu berusaha melakukan apapun yang mampu mereka lakukan sendiri
tanpa batuan orang lain terutama orang tua. Hal ini sebagai satu cara untuk
membantu meringankan beban orang tua dirumah.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru meminta
setiap siswa untuk menyebutkan sebuah nama kegiatan yang mereka ketahui dalam Bahasa Indonesia. (menanya, mencoba)
·
Guru memberikan
umpan balik mana yang termasuk kegiatan atau yang bukan. Guru juga menuliskan
beberapa kata kerja tentang kegiatan dalam Bahasa Indonesia dipapan tulis. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·
Siswa secara acak
dan bergantian menuliskan kata kerja dalam Bahasa Inggris sesuai kemampuan
mereka. Kemudian guru melengkapi kata-kata yang belum terisi.
·
Guru membacakan
setelah itu siswa secara klasikal menirukannya. Guru memberikan penjelasan
cara membaca dengan pelafalan yang benar. (elaborasi,
mengkomunikasikan)
·
Siswa menyalinnya
pada buku catatan mereka masing-masing.
·
Guru meminta
siswa membuka buku paket hal. 79.
Sebelum memulai membaca, guru meminta siswa untuk mengingat kembali rumus
kalimat yang menggunakan kata kerja yang ditambahi –ing.
Guru mengingatkan kembali sedikit tentang kalimat
Present Continuous yaitu yang memiliki arti sesuatu yang berlangsung secara
lama. (elaborasi, konfirmasi,
menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab,
santun)
·
Siswa secara acak
membaca dan mengartikan kalimat-kalimat yang tertera pada hal. 79.
·
Setelah mengerjakan
soal pada hal. 80, kemudian hal 86 yang B (complete the word) serta hal. 88
yang C (menyusun huruf menjadi kata).
(mencoba, percaya diri, sopan)
·
Guru dan siswa
membahas soal latihan secara klasikal lalu guru bertanya secara lisan kepada
siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ini.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu
dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin untuk dilakukan secara
mandiri.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang sudah mengetahui lagu Brother John. Kemudian guru mengajak siswa
untuk menyanyikannya bersama-sama. Setelah itu guru menanyakan isi lagu
tersebut fokus pada kegiatan apa.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menjelaskan
kalau pertemuan kali ini masih akan
membahas tentang kegiatan atau activities. Guru menunjukkan beberapa gambar
tentang kegiatan sehari-hari. Siswa secara bergantian mengucapkannya dalam
Bahasa Inggris.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Potong Bebek Angsa. Kemudian guru
memberitahukan kalau lagu tersebut akan dipakai untuk lagu kosakata tentang
kegiatan. Guru menyanyikannya, kemudian menuliskannya dipapan tulis. (konfirmasi, elaborasi)
·
Siswa
menyalinnya pada buku tulis mereka, kemudian menyanyikannya tentu saja dengan
bimbingan guru baik secara klasikal maupun secara berkelompok. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Berbicara. Mekanismenya adalah siswa
hanya menirukan kalimat yang diucapkan oleh guru. (mengkomunikasikan,
patuh, percaya diri)
·
Siswa
yang belum mendapat giliran dipanggil, mengerjakan soal latihan dari guru
yaitu mengubah kalimat bahasa Indonesia menjadi kalimat Bahasa Inggris
Present Continuous bentuk positive (+), negative (-) dan introgative (?) Guru
memberikan beberapa contoh kepada siswa dan memberikan kesempatan bertanya.
(mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
- Pertemuan 2 : Speaking Test
Kriteria Penilaian Keterampilan Berbicara
Tema : Activities
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Activities
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat
dibaca dengan lancar
|
4-5 kalimat
dibaca dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan 3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak dan
tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Soal Speaking
Test:
1.
I am studying in the classroom.
2.
She is brushing teeth in the bathroom.
3.
My aunt is ironing this afternoon.
4.
He is watching television in the livingroom.
5.They
are eating meatball.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Lampiran soal latihan pada pertemuan
ke2:
Ubahlah
kedalam bentuk positive (+), negative (-), dan interogative (?)!
1.
Ibu sedang memasak didapur.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
(?)
...........................................................
2.
Dia (perempuan) sedang minum teh.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
(?)
...........................................................
3.
Dia (laki-laki) sedang mendengarkan musik.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
(?)
...........................................................
4.
Mereka sedang bermain dihalaman.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
(?)
...........................................................
5.
Kakekku sedang tidur di kamar tidur.
(+)
..........................................................
(-)
..........................................................
(?)
...........................................................