RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
A. Bidang Studi : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 1/2
Tema : Things in the classroom
Hari/Tanggal : Minggu 4
bulan Januari 2014
B. Standar Kompetensi
5. memahami kata bahasa inggris sedrhana yang diucapkan orang lain
7. memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
C. Kompetensi Dasar
5.1 merespon dengan melakukan tindakan
sesuai dengan instruksi dalam
berbagai permainan
7.1 membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima, yang
melibatkan kata, frasa dan
kalimat sangat sederhana
D. Indikator
5.1.1 mendengar kosakata benda-benda di
kelas yang diucapkan guru
7.1.1
membaca nyaring kosakata benda-benda di
kelas secara benar
E. Materi Pembelajaran
Things in the classroom :
pencil, pen, bag, book, sharpener, ruler, eraser, chair, table, pencil case,
map, picture, clock, lamp, chalk, calendar, broom, vase, cupboard, dictionary,
blackboard/whiteboard, globe.
F. Langkah Pembelajaran
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan yel-yel
kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan siapa yang
tiap malam sudah terbiasa menyiapkan keperluan sekolah sendiri. Memotivasi
siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua
·
Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan lagu things at school
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa dengan bermain tebak benda. Siswa
menebak benda apa yang dipegangnya dengan mata terpejam. (mencoba, melakukan, percaya diri)
· Tanya jawab tentang benda apa saja yang sudah tertebak (elaborasi, menanya)
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu tentang “Things in the classroom”
· Guru mengenalkan macam-macam kosakata tentang Things in the classroom atau benda-benda yang ada di kelas, melalui lagu dengan nada lagu
Naik-naik ke
puncak gunung. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa menirukan dan
menyanyikan teks lagu dengan intonasi
dan lafal yang tepat (santun, percaya diri)
·
Siswa mengamati gambar dan
membaca kosakata dengan benar (buku
Golden Ways halaman 70) (eksplorasi, elaborasi, menalar, mencoba) (disiplin, tanggung jawab, patuh)
·
Siswa menyalin pada buku catatan siswa
|
40
menit
|
Penutup
|
· Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari.
· Memotivasi siswa untuk selalu rajin
belajar
·
Bersama-sama membaca hamdalah.
|
5
menit
|
F. SUMBER DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan benda dan
kosakata tentang Things in the classroom
(buku Golden Ways hal 70).
•
Teks lagu “Naik-naik ke puncak gunung”
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
•
Ketrampilan Membaca dan Berbicara
Teks lagu Things
in the classroom dengan
nada lagu Naik-naik ke puncak gunung
I II
Pencil pensil,
pen bolpoin chalk kapur, calendar kalender
Bag tas, book itu
buku broom sapu, vase vas bunga
Sharpener peraut, ruler penggaris cupboard lemari, dictionary kamus
Eraser itu penghapus blackboard/whiteboard
papan tulis
Chair kursi,
table meja globe itu bola dunia
Pencil case itu kotak pensil la la la la la la la
la la
Map peta,
picture gambar itu nama benda
di kelas
Clock jam, lamp itu
lampu ayo
kita hafalkan
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah