A. Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 1/1
Waktu :
2 x 35 menit
Hari/Tanggal :
Minggu 3 bulan Januari 2014
B. Kompetensi Dasar :
6.1 menirukan pengucapan dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
7.1
membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata,
frasa dan kalimat sangat sederhana
C.
Indikator :
6.1.1
mendengarkan / menyimak lafal vocabulary things at
school / kosakata ruangan-ruangan yang
ada disekolah
7.1.1 membaca teks bacaan
tentang school dengan tepat
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas
sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang
baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa mengingat dan menyanyikan
lagi lagu Things at school
•
Mengajak siswa mengingat lagi kosakata beserta
artinya tentang materi yang sedang dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
•
Guru mengajak siswa mensyukuri karunia
Tuhan yang telah memberi anggota tubuh yang lengkap sehingga bisa berjalan,
melihat, berbicara dan lain-lain. Oleh karena itu semakin lama manusia
semakin banyak tahu.
•
Guru mengajak siswa untuk menyimak
pembacaan teks bacaan pada buku Golden
Ways hal. 64 (elaborasi,menyimak)
(disiplin, patuh)
•
Siswa mengulangi secara bersama-sama
membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat (santun,
percaya diri)
•
Guru membenarkan ucapan yang masih
kurang tepat dan mengartikan kata per kata
•
Siswa membaca teks bacaan satu per satu
untuk evaluasi kemampuan membaca siswa.
•
Siswa yang lain mengerjakan latihan menyusun
kata acak menjadi kalimat yang benar
|
100 menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar hari ini
•
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan teks bacaan tentang School (buku
Golden Ways halaman 64).
•
Teks lagu “Things at school” nada lagu
Naik Delman
•
PENILAIAN
•
Ketrampilan
Membaca ( pronounciation, intonation, fluency )
Unjuk
kerja (LKS)
Soal
latihan menyusun kata acak :
1. library – a – is – This
2. a – That – flower – is
3. school – This – my – is
4. red – My – white – is – flag – and
5. am – I – student – a
6. yellow – flower – My – is
7. is – She – teacher – my
8. go – school – to – I
9. is – a – This – basket
10. fence – is – My – black
Koordinator
jenjang kelas 1,2 Guru Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN MEMBACA SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
1A SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan
: membaca teks bacaan
no
|
nama
|
Things
at school
|
Total
|
Nilai
|
Classroom
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
Ade
|
||||||||||
2
|
Dodo
|
||||||||||
3
|
Putri
|
||||||||||
4
|
Rado
|
||||||||||
5
|
Zahra
|
||||||||||
6
|
Ian
|
||||||||||
7
|
Chalista
|
||||||||||
8
|
Mahen
|
||||||||||
9
|
Dimas
|
||||||||||
10
|
Esti
|
||||||||||
11
|
Azka
|
||||||||||
12
|
Felda
|
||||||||||
13
|
Akbar
|
||||||||||
14
|
Intan
|
||||||||||
15
|
Hanum
|
||||||||||
16
|
Iyyak
|
||||||||||
17
|
Fira
|
||||||||||
18
|
Lani
|
||||||||||
19
|
Farrel
|
||||||||||
20
|
Daffa
|
||||||||||
21
|
Hafizh
|
||||||||||
22
|
Nabila
|
||||||||||
23
|
Nadin
|
||||||||||
24
|
Nauval
|
||||||||||
25
|
Vala
|
||||||||||
26
|
Rafi
|
||||||||||
27
|
Azan
|
||||||||||
28
|
Nana
|
||||||||||
29
|
Talitha
|
||||||||||
30
|
Ata
|
||||||||||
31
|
Zaki
|
||||||||||
32
|
Zephy
|
||||||||||
33
|
Amel
|
||||||||||
34
|
Najwa
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 =
kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar