-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA 8 Subtema 3  tentang Peristiwa Alam / Musim Penghujan / 5  KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA 8 Subtema 3 tentang Peristiwa Alam / Musim Penghujan / 5 KELAS 1 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : SD Islam Sabilillah
Kelas / Semester        : I / 2
Tema / Subtema /PB  : Peristiwa Alam / Musim Penghujan/5
Alokasi Waktu            : 1 hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
        3.1.1 Mengidentifikasi langkah-langkah membuat prakarya
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata.
         4.1.1 Mendemonstrasikan membuat karya sesuai dengan instruksi.

MATEMATIKA
3.8 Mengenal panjang, luas, waktu dan suhu
       3.8.1 Mengidentifikasi cara penulisan waktu dengan tepat
       3.8.2 Mencocokkan jarum pendek dan jarum panjang dengan waktu yang ditentukan

SBDP
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsinya dalam membuat prakarya
       3.4.1 Mengidentifikasikan bahan media yang bisa digunakan untuk membuat prakarya.
4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan dengan air.
       4.16.1 Membuat karya dari bahan bekas yang dapat digerakkan oleh air.

C. TUJUAN
1. Setelah membaca instruksi, siswa dapat mengidentifikasi langkah membuat prakarya dengan runtut.
2. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat mendemonstrasikan membuat prakarya sesuai dengan innstruksi
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi cara penulisan waktu dengan tepat.
4. Dengan aktivitas tebak waktu, siswa dapat mencocokkan jarum pendek dan jarum panjang sesuai waktu yang ditenyukan
5. Setelah mendapat penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan yang bisa digunakan untuk membuat prakarya dengan benar
6. Setelah mengamati contoh dari guru, siswa dapat membuat karya dari bahan bekas yang dapat digerakkan oleh air

D. MATERI
MATEMATIKA
  • Cara menulis waktu yang benar:
1. tulis angka yang menunjukkan jam
2. dihubungkan dengan tanda titik
3. tulis angka yang menunjukkan menit
Contoh : Pukul 08.00
SBDP
  • Membuat perahu penyelamat dari botol air mineral dan kardus bekas
BAHASA INDONESIA
  • Mendemonstrasikan cara membuat prakarya dari botol air mineral dan kardus bekas

D. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik              : Picture and picture
Metode             : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan Penugasan

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Guru mengucap salam
·      Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar  ( untuk mengawali kegiatan pembelajaran )  
·      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru bercerita tentang pengalaman pada saat musim penghujan, terjadi banjir dimana-mana sehingga membuat susah banyak orang. Tetapi saat musim penghujan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh para petani karena mereka dapat mulai menanam padi (mengamati, menanya)
10 menit
Inti
Kegiatan Pertama
1. Sampaikan bahwa air hujan yang turun ke sungai, akan kembali mengalir ke laut (mengkomunikasikan, mengeksplorasi)
2. Guru menanyakan benda apa yang dapat mereka temui di sungai, danau, dan laut, yang digunakan orang sebagai alat transportasi (menanya)
3. Sampaikan bahwa siswa akan membuat perahu sederhana dari botol plastik bekas
4. Guru menjelaskan dengan memperlihatkan contoh (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
5. Langkah-langkah yang dijelaskan guru adalah sebagai berikut:
a. Rekatkan dua botol bekas air mineral tersebut dengan selotip
b. Guru membantu merekatkan botol dengan selotip atau double tape
c. Buatlah layar dari kertas yang dibentuk segitiga
d. Gunakan tusuk sate untuk merekatkan layar pada perahu
Kegiatan Kedua
1. Kelas dimulai dengan kegiatan siswa mengamati kesibukan Siti pada pagi hari yang ada di buku siswa (mengamati)
2. Siswa diminta untuk membaca kegiatan Siti, dan melengkapi jarum jam yang masih kosong (mencoba)
3. Siswa menjawab pertanyaan guru, jam berapa mereka biasa bangun tidur, mandi pagi, dan pergi sekolah
4. Siswa diarahkan untuk menggunting cetakan jam yang ada pada buku siswa hal. 91 ( mencoba )
5. Siswa menuliskan angka 1 sampai 12 diatas jam tersebut
6. Arahkan siswa untuk membuat lubang, dan menempelkan jarum jam dan menit dengan bantuan paku payung/push pin
7. Jam boleh diwarnai dan dihias sesuai kreasi siswa.
8. Siswa berpasangan, secara bergantian mereka bermain tebak jam dengan teman sekelompoknya. Misalnya, si A berkata, “Tunjukkan pukul 08.00.” Nanti si B akan menunjukkan pukul 08.00 (jarum panjang dan jarum pendek)
9. Ajak siswa melengkapi kegiatan Edo dan teman-temannya dalam satu hari. Siswa membaca jam yang tertera dan menuliskan waktu yang sesuai dengan jam yang ditunjuk.
100 menit
Penutup
·      Secara bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran pada hari ini
·      Memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
·      Guru berpesan kepada siswa supaya lebih rajin belajar dan senantiasa menyayangi kedua orang tua.
·      Mengajak semua siswa berdo’a


F. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku siswa
2. Botol bekas
3. Gabus/sterofoam
4. Gunting
5. Double tape

G. PENILAIAN
* Unjuk kerja membuat prakarya
* Unjuk kerja membuat jam

                               Mengetahui
                            Kepala Sekolah                                                                   Guru Kelas 1


                                                                   
                            NIP                                                                                     NIP
                                                                 




















Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Membuat Prakarya Perahu Penyelamat
Tema Peristiwa Alam Subtema Musim Penghujan
Semester 2 Tahun Ajaran 2013-2014
No
Nama
Kelengkapan Perahu
Kualitas Hasil
Nilai

























































































































No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Kelengkapan perahu
Badan perahu dan layar proporsional
Badan perahu dan layar tidak proporsional
Badan perahu dan layar terpisah
Belum mampu membuat perahu
2.
Kualitas hasil
Memenuhi 3 aspek (Tempelan kuat, rapi dan perahu mengapung
Memenuhi 2 dari 3 aspek
Memenuhi 1 dari 3 aspek
Belum memenuhi seluruh aspek


Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Membuat Jam
Tema Peristiwa Alam Subtema Musim Penghujan
Semester 2 Tahun Ajaran 2013-2014
No
Nama
Kemampuan menggunting pola
Kemampuan berkreasi
Nilai


























































































































No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Kemampuan menggunting pola
Seluruh pola digunting dengan rapi
Badan perahu dan layar tidak proporsional
Badan perahu dan layar terpisah
Belum mampu membuat perahu
2.
Kualitas hasil
Memenuhi 3 aspek (menuliskan urutan angka jam dengan tepat, rapi dan ada hiasan warna)
Memenuhi 2 dari 3 aspek
Memenuhi 1 dari 3 aspek
Belum memenuhi seluruh aspek



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar