Kelas
/ Semester : I / 2
Tema
/ Subtema /PB : Peristiwa Alam / Musim
Penghujan/5
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai
di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA
INDONESIA
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.1.1
Mengidentifikasi langkah-langkah membuat prakarya
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata.
4.1.1
Mendemonstrasikan membuat karya sesuai dengan instruksi.
MATEMATIKA
3.8 Mengenal panjang, luas, waktu dan suhu
3.8.1
Mengidentifikasi cara penulisan waktu dengan tepat
3.8.2
Mencocokkan jarum pendek dan jarum panjang dengan waktu yang ditentukan
SBDP
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat, serta fungsinya
dalam membuat prakarya
3.4.1
Mengidentifikasikan bahan media yang bisa digunakan untuk membuat prakarya.
4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan dengan
air.
4.16.1
Membuat karya dari bahan bekas yang dapat digerakkan oleh air.
C.
TUJUAN
1. Setelah membaca instruksi, siswa dapat
mengidentifikasi langkah membuat prakarya dengan runtut.
2. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat
mendemonstrasikan membuat prakarya sesuai dengan innstruksi
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi cara penulisan waktu dengan tepat.
4. Dengan aktivitas tebak waktu, siswa dapat
mencocokkan jarum pendek dan jarum panjang sesuai waktu yang ditenyukan
5. Setelah mendapat penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi bahan yang bisa digunakan untuk membuat prakarya dengan benar
6. Setelah mengamati contoh dari guru, siswa dapat
membuat karya dari bahan bekas yang dapat digerakkan oleh air
D. MATERI
MATEMATIKA
- Cara
menulis waktu yang benar:
1. tulis
angka yang menunjukkan jam
2.
dihubungkan dengan tanda titik
3.
tulis angka yang menunjukkan menit
Contoh
: Pukul 08.00
SBDP
- Membuat
perahu penyelamat dari botol air mineral dan kardus bekas
BAHASA
INDONESIA
- Mendemonstrasikan
cara membuat prakarya dari botol air mineral dan kardus bekas
D. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Picture and picture
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucap salam
· Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar ( untuk mengawali kegiatan pembelajaran )
· Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
bercerita tentang pengalaman pada saat musim penghujan, terjadi banjir
dimana-mana sehingga membuat susah banyak orang. Tetapi saat musim penghujan
adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh para petani karena mereka dapat mulai
menanam padi (mengamati, menanya)
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan
Pertama
1. Sampaikan bahwa air hujan yang turun ke
sungai, akan kembali mengalir ke laut (mengkomunikasikan, mengeksplorasi)
2. Guru menanyakan benda apa yang dapat mereka
temui di sungai, danau, dan laut, yang digunakan orang sebagai alat
transportasi (menanya)
3. Sampaikan bahwa siswa akan membuat perahu
sederhana dari botol plastik bekas
4. Guru menjelaskan dengan
memperlihatkan contoh (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
5. Langkah-langkah yang dijelaskan guru adalah
sebagai berikut:
a. Rekatkan dua botol bekas air mineral tersebut
dengan selotip
b. Guru membantu merekatkan botol dengan selotip
atau double tape
c. Buatlah layar dari kertas yang dibentuk
segitiga
d. Gunakan tusuk sate untuk merekatkan layar
pada perahu
Kegiatan
Kedua
1. Kelas dimulai dengan kegiatan siswa mengamati
kesibukan Siti pada pagi hari yang ada di buku siswa (mengamati)
2. Siswa diminta untuk membaca kegiatan Siti,
dan melengkapi jarum jam yang masih kosong (mencoba)
3. Siswa menjawab pertanyaan guru, jam berapa
mereka biasa bangun tidur, mandi pagi, dan pergi sekolah
4. Siswa diarahkan untuk menggunting cetakan jam
yang ada pada buku siswa hal. 91 ( mencoba )
5. Siswa menuliskan angka 1 sampai 12 diatas jam
tersebut
6. Arahkan siswa untuk membuat lubang, dan
menempelkan jarum jam dan menit dengan bantuan paku payung/push pin
7. Jam boleh diwarnai dan dihias sesuai kreasi
siswa.
8. Siswa berpasangan, secara bergantian mereka
bermain tebak jam dengan teman sekelompoknya. Misalnya, si A berkata,
“Tunjukkan pukul 08.00.” Nanti si B akan menunjukkan pukul 08.00 (jarum
panjang dan jarum pendek)
9. Ajak siswa melengkapi kegiatan Edo dan
teman-temannya dalam satu hari. Siswa membaca jam yang tertera dan menuliskan
waktu yang sesuai dengan jam yang ditunjuk.
|
100
menit
|
Penutup
|
· Secara
bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran pada hari ini
· Memberikan
reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
· Guru
berpesan kepada siswa supaya lebih rajin belajar dan senantiasa menyayangi
kedua orang tua.
· Mengajak
semua siswa berdo’a
|
F.
SUMBER DAN MEDIA
1. Buku siswa
2. Botol bekas
3. Gabus/sterofoam
4. Gunting
5. Double tape
G.
PENILAIAN
* Unjuk kerja membuat prakarya
* Unjuk kerja membuat jam
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
NIP NIP
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Membuat
Prakarya Perahu Penyelamat
Tema
Peristiwa Alam Subtema Musim Penghujan
Semester
2 Tahun Ajaran 2013-2014
No
|
Nama
|
Kelengkapan Perahu
|
Kualitas Hasil
|
Nilai
|
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Kelengkapan perahu
|
Badan perahu dan layar proporsional
|
Badan perahu dan layar tidak
proporsional
|
Badan perahu dan layar terpisah
|
Belum mampu membuat perahu
|
2.
|
Kualitas hasil
|
Memenuhi 3 aspek (Tempelan kuat, rapi
dan perahu mengapung
|
Memenuhi 2 dari 3 aspek
|
Memenuhi 1 dari 3 aspek
|
Belum memenuhi seluruh aspek
|
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Membuat
Jam
Tema
Peristiwa Alam Subtema Musim Penghujan
Semester
2 Tahun Ajaran 2013-2014
No
|
Nama
|
Kemampuan menggunting pola
|
Kemampuan berkreasi
|
Nilai
|
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Kemampuan menggunting pola
|
Seluruh pola digunting dengan rapi
|
Badan perahu dan layar tidak
proporsional
|
Badan perahu dan layar terpisah
|
Belum mampu membuat perahu
|
2.
|
Kualitas hasil
|
Memenuhi 3 aspek (menuliskan urutan
angka jam dengan tepat, rapi dan ada hiasan warna)
|
Memenuhi 2 dari 3 aspek
|
Memenuhi 1 dari 3 aspek
|
Belum memenuhi seluruh aspek
|